Negara Asia Tenggara yang Wilayahnya Tidak Memiliki Laut Adalah?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Negara Asia Tenggara yang wilayahnya tidak memiliki laut adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Tidak seperti negara kita yang dikelilingi oleh lautan, di dunia ini juga ada negara yang tidak memiliki laut atau dikenal dengan istilah negara terkurung daratan atau landlocked country.

Ini berarti, negara tersebut dikelilingi oleh daratan negara lain, sehingga penduduknya tidak memiliki akses langsung ke lautan lepas. Dengan demikian mereka harus meminta izin kepada negara tetangganya untuk bisa melihat laut. Kira-kira kamu akan betah tinggal di negara tanpa laut?

Negara Asia Tenggara yang Wilayahnya Tidak Memiliki Laut Adalah

Lokasi Laos di Globe
Sumber: Wikipedia

Nah, negara Asia Tenggara yang wilayahnya tidak memiliki laut adalah Laos. Jika kamu membuka peta Asia Tenggara atau ASEAN, kamu akan melihat kalau daratan negara Laos dikelilingi oleh lima negara, yaitu Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Myanmar (searah jarum jam).

Dengan demikian, Laos juga adalah negara di Asia Tenggara yang tidak memanfaatkan hasil laut karena tidak memiliki batas laut dan garis pantai. Namun, itu bukan berarti Laos tidak memiliki perairan.

Sebagai informasi, salah satu sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Mekong yang memiliki panjang 4.763 km juga mengaliri negara Laos. Hasilnya penduduk Laos yang tinggal di sekitar sungai tersebut bisa memanfaatkannya sebagai sumber air untuk pertanian, wisata, dan lain sebagainya. Dan masih banyak lagi sungai-sungai lainnya di Laos.

Sungai Mekong di Laos

Sungai Mekong di Laos
Sumber: Pixabay

Laos juga memiliki sejumlah badan air yang bermanfaat untuk kehidupan warganya. Badan air terbesar di negara Laos adalah Waduk Nam Ngum yang terletak tidak jauh dari ibu kota Vientiane (sekitar 1,5 jam perjalanan).

Meliputi area seluas 370 kilometer persegi, badan air berupa danau ini terletak di Provinsi Vientiane. Meskipun sering disebut sebagai Laut Laos, fitur air ini sebenarnya adalah waduk buatan manusia, dibuat sebagai hasil dari pembendungan Sungai Nam Ngum pada tahun 1971.

Profil Singkat Negara Laos


  • Nama: Lao People’s Democratic Republic (disingkat Lao PDR) atau Republik Demokratik Rakyat Laos
  • Ibu kota (dan kota terbesar): Vientiane
  • Populasi: 6,7 juta
  • Area: 236.800 km²
  • Bahasa utama: Prancis, Lao
  • Mata uang: Kip

Karena tidak memiliki laut, maka tak heran jika sekitar 80% penduduk Laos bekerja di sektor pertanian, umumnya menanam padi. Namun, negara ini mulai berbenah untuk meningkatkan perekonomian dari sektor lain. Salah satunya adalah memanfaatkan Sungai Mekong untuk menghasilkan tenaga air atau hydropower.

Pemerintah Laos dilaporkan telah mengantisipasi bahwa pada tahun 2025 tenaga air akan menjadi sumber pendapatan terbesar negara itu. Akan tetapi, ambisi Laos yang besar tersebut mendapatkan keprihatinan dari tetangga Vietnam, Thailand dan Kamboja mengenai dampak lingkungan dari proyek pembangunan bendungan di sepanjang Sungai Mekong.

Laos dan Indonesia


Laos dan Indonesia tergabung dalam satu wadah organisasi ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara). Laos bergabung dengan ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Referensi bahasan lebih lanjut: Sebutkan Negara-negara Anggota ASEAN!

Referensi


  1. Laos country profile” (dalam bahasa Inggris). BBC News. Diakses 28 Juli 2020.
  2. MRC Secretariat affirms Mekong basin size, length” (dalam bahasa Inggris). Mekong River Commission. Diakses 28 Juli 2020.
  3. Nam Ngum Reservoir: the largest lake in Laos” (dalam bahasa Inggris). alifewithoutborders.org. Diakses 28 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek