Negara Berbahasa Inggris dan Jenis-Jenis Bahasa Inggris

oleh gurunakal.com

Kita telah mengetahui kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak sedikit negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Selain itu, miliaran orang lainnya juga mempelajari bahasa ini agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Bahasa Inggris yang digunakan orang-orang di berbagai negara umumnya dapat dibedakan dari aksen atau dialek. Selain itu, terdapat kecenderungan bagi sebagian orang-orang untuk mencampur bahasa Inggris dengan bahasa lokal mereka sehingga membentuk bahasa Inggris yang berwarna seperti halnya budaya di negara tersebut.

Hampir negara di setiap benua memiliki ciri bahasa Inggris sendiri. Mereka berbicara dalam bahasa Inggris tapi terdengar seakan bicara dalam logat lokal mereka. Sebagai contoh, kita bisa menebak seseorang berasal dari India saat mendengar mereka bicara dalam bahasa Inggris dengan logat khas mereka.

Jenis-Jenis Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Sumber: Pixabay

Sebelum ke bahasan mengenai negara berbahasa Inggris terbanyak dan terbaik di dunia, berikut adalah beberapa jenis bahasa Inggris yang paling populer di dunia.

1. British English

British English adalah bahasa Inggris yang dipergunakan orang-orang di Britania Raya (British Isles). Sebagian dari kita mungkin berpikir kalau bahasa Inggris berasal dari tanah Kerajaan Inggris, namun hal itu ternyata keliru.

Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke Inggris oleh para pemukim Jerman dari berbagai bagian wilayah yang sekarang merupakan barat laut Jerman dan Belanda utara.

Dalam perjalanan sejarahnya bahasa Inggris mendapat banyak pengaruh dari bahasa lainnya, seperti bahasa Perancis Norman dan bahasa Latin Romawi.

Karena perpaduan tersebut saat ini bahasa Inggris memiliki kosa kata yang sangat banyak. Dan kamus bahasa Inggris yang sering kita gunakan saja, yaitu Oxford English Dictionary memiliki lebih dari 250.000 kosa kata. Sangat banyak, bukan?

2. American English

American English adalah bahasa Inggris yang umum digunakan di negara Amerika Serikat dan diadopsi secara luas di Kanada. Bahasa Inggris Amerika mungkin saja adalah bahasa Inggris yang umum kita dengar sehari-hari. Hal itu dikarenakan pengaruh budaya Amerika yang sangat besar di seluruh dunia.

American English terdengar simpel dibanding dengan British English. Beberapa kosa kata-nya juga ditulis sedikit berbeda, semisal kata ‘color‘ (AE) dan ‘colour‘ (BE).

Karena kesimpelannya ini banyak orang lebih memilih mempelajari AE daripada BE. Tapi, tidak sedikit juga yang menyukai British English karena terdengar keren saat diucapkan.

3. Australian English

Australian English adalah bahasa Inggris yang digunakan secara luas di benua Australia. Meskipun bahasa Inggris tidak memiliki status resmi dalam konstitusi, namun secara de facto Australian English adalah bahasa resmi negara karena merupakan bahasa pertama dari mayoritas penduduk.

Mayoritas penduduk Australia saat ini adalah keturunan orang-orang Eropa, terutama Inggris. Australian English diakui berbeda dari Britih English. Hal itu dikarenakan adanya pembaruan dari para pemukin awal yang berasal dari berbagai daerah dialektal yang saling dipahami dari Kepulauan Inggris.

Contoh perbedaan Australian English dengan bahasa Inggris lainnya adalah pada kosa kata. Misal, orang Australia menyebut sarapan dengan kata ‘brekkie‘ sementara yang kita gunakan untuk menyebut sarapan dalam bahasa Inggris adalah ‘breakfast‘. Dan masih banyak lagi perbedaan lainnya.

Catatan: Penduduk asli benua Australia adalah suku Aborigin.

4. Canadian English

Canadian English adalah variasi bahasa Inggris yang digunakan di Kanada. Lebih dari 50% penduduk Kanada menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama di mana sisanya berbicara dalam bahasa Perancis Kanada dan bahasa-bahasa lainnya. Canadian English adalah produk dari lima gelombang imigrasi dan pemukiman selama lebih dari dua abad.

Gelombang besar pertama dari pemukiman berbahasa Inggris permanen di Kanada (dan yang paling penting secara linguistik) adalah gelombang loyalis yang melarikan diri dari Revolusi Amerika, terutama dari negara-negara bagian Mid-Atlantik seperti New York, New Jersey, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Washington, DC, Virginia, dan West Virginia.

5. Indian English

Indian English adalah bahasa Inggris yang dipergunakan di negara Bollywood India. India adalah satu negara yang pernah berada di bawah kekuasaan Inggris. Pada tahun 1835, bahasa Inggris menggantikan bahasa Persia sebagai bahasa resmi East India Company.

Lord Macaulay memainkan peran utama dalam memperkenalkan konsep bahasa Inggris dan barat untuk pendidikan di India. Dia mendukung penggantian bahasa Persia oleh bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, penggunaan bahasa Inggris sebagai media pengajaran di semua sekolah, dan pelatihan orang India yang berbahasa Inggris sebagai guru.

Pandangan buruk terhadap bahasa Inggris di antara banyak orang India telah sirna. Mereka tidak lagi menghubungkan bahasa Inggris dengan kolonialisme, namun menghubungkannya dengan kemajuan ekonomi. Bahasa Inggris terus menjadi bahasa resmi di India dengan sentuhan Indianya yang khas dan sering kita dengar.

6. Philippine English

Philippine English adalah bahasa Inggris (mirip dan terkait dengan American English) asli dari Filipina tetangga kita, termasuk yang digunakan oleh media dan sebagian besar orang Filipina berpendidikan. Bahasa Inggris diajarkan di sekolah-sekolah sebagai salah satu dari dua bahasa resmi negara tersebut.

Beberapa dekade sebelum bahasa Inggris secara resmi diperkenalkan, Filipina adalah negara yang berada di bawah kekuasaan Spanyol dan dengan demikian bahasa Spanyol adalah bahasa yang berpengaruh.

Namun, pada tahun 1898 Spanyol memberikan kontrol negeri itu pada Amerika Serikat. Pada saat itu bahasa Inggris, meskipun awalnya tidak disukai, menjadi banyak digunakan dalam hitungan tahun, yang dikatalisis oleh kedatangan para guru Amerika.

Kini bahasa Inggris ternyata berdampak baik bagi warga Filipina. Mereka jadi lebih mudah berkomunikasi dengan dunia luar. Selain itu mereka jadi mudah berkompetesi dengan bangsa-bangsa Asia lainnya termasuk Indonesia.

Orang-orang Filipina mempunyai kesempatan besar untuk bisa bekerja di luar negeri karena kelebihan mereka yang mampu berbicara dalam bahasa Inggris.

7. Ugandan English

Uganda merupakan sebuah negara yang terletak di benua Afrika yang pada abad ke-19 pernah dikuasai oleh Inggris (dan Mesir). Orang-orang Uganda memiliki versi (dialek) bahasa Inggris sendiri, yaitu Ugandan English atau Uglish (diucapkan you-glish).

Seperti halnya dialek yang sama yang diucapkan di tempat lain, bahasa Inggris Uganda telah mengembangkan cita rasa lokal yang kuat. Pola bicara bahasa Uganda sangat mempengaruhi bahasa Inggris lisan. Penutur bahasa Uganda akan mengubah kata-kata asing agar terdengar lebih asyik.

Mungkin kita belum pernah mendengar bahasa Inggris orang Uganda. Namun gambaran umum dari Ugandan English dapat kita temukan di film Black Panther. Mengapa? Kita tahu kalau film tersebut memiliki setting di Afrika. Di sana kita bisa mendengar bagaimana bahasa Inggris diucapkan dengan logat Afrika.

Nah, itulah beberapa variasi bahasa Inggris yang ada berbagai negara di seluruh dunia. Masih banyak lagi variasi lainnya dari bahasa Inggris. Kita mungkin mengenal Singlish atau Singaporean English, Malaysian English, atau kita mungkin punya versi bahasa Inggris sendiri yang disebut Indonesian English?

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek