7 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

oleh Gurunakal

Menurutmu negara mana yang memiliki pulau terbanyak? Apakah negara dengan pulau terbanyak di dunia itu Indonesia? Ayo temukan jawabannya di sini.

Ketika kita mencari informasi mengenai negara mana dengan pulau terbanyak di dunia, seringkali setiap sumber memberikan informasi yang berbeda. Hal itu tentunya membuat kita jadi bingung mengenai jawaban mana yang paling tepat.

Dunia ini sangat luas dan memiliki pulau yang sangat banyak. Bahkan pulau-pulau baru banyak yang muncul karena aktifitas vulkanik sehingga jumlah mereka bertambah.

Di bawah ini kita akan membahas 7 negara dengan pulau terbanyak di dunia. Negara mana saja dengan predikat tersebut? Berikut jawabannya.

1. Swedia – 221.800 Pulau

Kepulauan di Swedia

Peta Kepulauan Ekerö di sekitar ibu kota Swedia
Sumber: Wikimedia Commons

Swedia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Utara. Jika kita melihat wilayah negara ini di sebuah globe, kita bisa menilai kalau Swedia bukanlah sebuah negara kepulauan.

Tapi fakta berkata sebaliknya. Swedia adalah negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Tidak tanggung-tanggung, jumlah pulau di Swedia mencapai angka 221.800!

Hal di atas tentu saja membuat banyak orang heran. Swedia tidak terlihat seperti Indonesia atau Jepang yang jelas dikelilingi lautan dan berpulau-pulau. Namun itulah yang terjadi.

Mungkin saja pulau-pulau di Swedia ukurannya lebih kecil dari yang kita kira. Sehingga mereka tidak termuat di peta-peta yang umum kita gunakan.

2. Finlandia – 188.000 Pulau

Kepulauan di Finlandia

Tampak banyak sekali gugus kepulauan di Finlandia
Sumber: Wikimedia Commons

Finlandia adalah tetangga Swedia di sebelah timur laut. Negara ini juga hampir mirip dengan Swedia, tidak terlihat sebagai negara kepulauan tapi memiliki pulau yang sangat banyak.

Jumlah pulau yang ada di Finlandia adalah sekitar 188.000. Finlandia dan Swedia memiliki kawasan laut yang sama sehingga bisa dibayangkan betapa banyaknya pulau yang ada di wilayah tersebut.

3. Kanada – 52.455 Pulau

Peta Kanada

Peta Kanada yang terlihat memiliki banyak pulau di kawasan Arktik
Sumber: Wikipedia

Di urutan ketiga ada Kanada dengan sekitar 50rb-an pulau. Hal ini terlihat masuk akal karena dalam peta pun wilayah Kanada memang berpulau-pulau.

Pulau-pulau di sana tentu berbeda dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Karena wilayahnya yang sangat dekat dengan Kutub Utara, jadi bisa dibayangkan bagaimana keadaan di sana.

4. Indonesia – 17.508 Pulau

Peta Indonesia

Peta Indonesia
Sumber: Wikipedia

Dari kecil kita diajari kalau Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia. Dulu mungkin kita beranggapan kalau kata ‘terbesar’ sama artinya dengan kata ‘terbanyak’. Namun ternyata hal itu keliru.

Jumlah pulau di Indonesia tidak sebanyak jumlah pulau di ketiga negara di atas. Angka pasti yang telah lama kita ketahui mengenai jumlah pulau di Indonesia adalah sekitar 17.508. Pulau-pulau tersebut ada yang sudah berpenghuni dan ada yang belum.

Saat kita melihat peta Indonesia, maka rasa bangga akan terbesit dalam hati kita. Benarkan? Pulau-pulau kita yang banyak itu menyimpan kekayaan yang tidak ternilai. Itu adalah hal yang wajib kita jaga dan pertahankan!

5. Australia – 8.222 Pulau

Peta Pulau Tasmania

Peta Pulau Tasmania di selatan daratan utama Australia
Sumber: Wikipedia

Negara benua di selatan Indonesia ini juga memiliki banyak pulau. Jumlahnya hampir setengah jumlah pulau di Indonesia. Kita mungkin tidak mengira kalau di sana ada ribuan pulau di mana yang paling kita kenal hanyalah Pulau Tasmania.

Hal itu bukan tidak mungkin mengingat Australia dikelilingi dua samudera yang sangat luas. Negara-negara di sekeliling Benua Australia juga merupakan negara-negara kepulauan, seperti Indonesia, Papua Nugini, dan Selandia Baru.

6. Filipina – 7.107 Pulau

Peta Filipina

Peta Filipina
Sumber: Wikipedia

Ini adalah negara tetangga kita di utara dan masuk dalam satu kawasan yang sama, yaitu Asia Tenggara. Filipina adalah negara kepulauan dengan sekitar 7.107 pulau. Wilayahnya memanjang dari utara ke selatan (kalau Indonesia memanjang dari barat ke timur).

Karena wilayah Filipina dan Indonesia sama-sama terletak di garis khatulistiwa, maka kedua negara ini memiliki banyak kesamaan. Batas terdekat antara Filipina dan Indonesia ada di wilayah Laut Sulawesi.

7. Jepang – 6.853 Pulau

Peta Jepang

Peta Jepang
Sumber: Wikipedia

Yang terakhir dalam daftar ini adalah Jepang. Negara ini terletak di Asia Timur dan merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau sekitar 6.853.

Walau pun lebih dekat ke wilayah kutub, tapi pulau-pulau di Jepang tidak jauh berbeda dengan pulau-pulau di Indonesia dan Filipina. Hanya saja Jepang terdiri dari empat musim, yaitu musim dingin, musim gugur, musim panas, dan musim semi.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek