Negara di Asia Tenggara yang Mendapat Sebutan Sebagai Tanah Emas Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Negara di Asia Tenggara yang mendapat sebutan sebagai Tanah Emas adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Asia Tenggara adalah sebuah regional benua Asia yang terdiri dari 11 negara, salah satunya adalah Indonesia. Kecuali Timor Leste, seluruh negara Asia Tenggara berkumpul dalam sebuah organisasi bernama ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Karena menawarkan banyak keindahan dan keunikan, baik dari segi alam maupun budaya, Asia Tenggara adalah salah satu wilayah yang paling banyak dikunjungi di dunia. Pada tahun 2018, kunjungan turis internasional ke Asia Tenggara mencapai angka 128,7 juta jiwa, yang dipimpin oleh Thailand dengan 38 juta kunjungan (peringkat ke-9 di dunia).

Berkaitan dengan pariwisata di Asia Tenggara, setiap negara di wilayah ini menawarkan keunikannya masing-masing, hingga mendapatkan julukan unik. Sebagai contoh, Indonesia mendapatkan julukan Zamrud Khatulistiwa karena memiliki kekayaan alam yang melimpah sehingga terlihat hijau seperti batu zamrud yang berada di garis khatulistiwa.

Negara dengan Sebutan Tanah Emas


Negara di Asia Tenggara yang mendapat sebutan sebagai Tanah Emas adalah Myanmar. Disebut demikian karena banyaknya penggunaan daun emas di kuil dan tempat pemujaan di Myanmar.

Negara di Asia Tenggara yang mendapat sebutan sebagai Tanah Emas adalah

Sebuah kuil emas di Yangon, Myanmar.
Sumber: Pixy.org (Lisensi Creative Commons)

Myanmar sendiri merupakan sebuah negara dengan keragaman budaya, agama, dan bahasa yang kaya – rumah bagi lebih dari 100 kelompok etnis – dan sejarah yang membentang lebih dari tiga ribu tahun. Di negara ini kamu bisa menemukan banyak kuil yang dihiasi dengan mewah.

Pada tahun 2017, negara ini mendapatkan 3,4 juta kunjungan turis internasional, mayoritas dari Thailand dan Tiongkok. Salah satu destinasi wisata paling populer di Myanmar adalah Bagan yang menawarkan ribuan kuil dan pagoda kuno.

Referensi


  1. International Tourism Highlights 2019 Edition” (dalam bahasa Inggris). World Tourism Organization (UNWTO). Diakses 19 Oktober 2020. File PDF.
  2. Merisa, Cirana (24 September 2020). “Zamrud Khatulistiwa Sampai Negeri Naga Biru, Ini Julukan Negara-Negara di Asia Tenggara”. bobo.grid.id. Diakses 19 Oktober 2020.
  3. Myanmar – the Golden Land” (dalam bahasa Inggris). Travel Counsellors. Diakses 19 Oktober 2020.
  4. Prasetyawati, Yuliana Riana dkk (eds). “ASEAN Travel Infographics: Facts & Recommendation ”. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat London School of Public Relations Jakarta. Diakses 19 Oktober 2020. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek