Negara di kawasan ASEAN yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Negara di kawasan ASEAN yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah?” Ayo baca bahasannya sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Pendidikan di Asia Tenggara


Asia Tenggara adalah salah satu kawasan yang terikat dengan sebuah organisasi regional bernama ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau PERBARA (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara).

ASEAN beranggotakan seluruh negara Asia Tenggara kecuali Timor Leste yang masih bertidak sebagai pengamat atau observer.

Negara-negara ASEAN melakukan kerja sama di banyak bidang, salah satunya pendidikan. Nah, berbicara mengenai pendidikan di antara negara-negara ASEAN, manakah yang lebih baik?

Kualitas pendidikan di suatu negara salah satunya bisa ditentukan oleh kualitas hidup dan kemajuan ekonominya. Tahukah kamu negara paling maju di Asia Tenggara?

Jawabannya tak lain adalah Singapura. Negara kecil yang ukurannya kira-kira sama dengan kota Jakarta ini merupakan negara yang ekonominya paling maju di Singapura.

Penduduk Singapura yang jumlahnya sekitar 5,7 juta orang pada tahun 2019 menikmati pendapatan yang paling tinggi di kawasan dan bahkan salah satu yang paling tinggi di dunia (masuk top 10).

Salah satu penyebab majunya ekonomi Singapura adalah karena letaknya yang sangat strategis di jalur perdagangan dunia. Ini ditunjang oleh sumber daya manusia yang kompeten dan pemerintahan yang stabil.

Majunya ekonomi Singapura sudah pasti sejalan dengan majunya pendidikan di sana. Ini dibuktikan dengan sejumlah universitas di Singapura yang masuk jajaran terbaik di dunia, salah satunya adalah National University of Singapore (NUS).

Secara global, NUS merupakan universitas terbaik ke-11 di dunia pada tahun 2021 menurut QS World University Ranking. Sedangkan di Asia NUS menjadi nomor 1.

Selain NUS, universitas Singapura lainnya yang masuk jajaran terbaik dunia (top 20) adalah Nanyang Technological University atau NTU yang ada di urutan 12 dunia.

Ini membuktikan kalau kualitas pendidikan Singapura adalah salah satu yang terbaik di dunia dan terbaik di Asia Tenggara.

Kesimpulan


Dari bahasan singkat di atas, kita sudah bisa mendapatkan jawaban bahwa negara di kawasan ASEAN yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah Singapura.

Lihat juga


Referensi


  1. Kai, Ng Wei (9 Juni 2021). “NUS and NTU named best universities in Asia; NTU moves up to 12th place globally behind NUS’ 11th.” The Strait Times (dalam bahasa Inggris). Diakses 28 Agustus 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek