Tanya Jawab Seputar Negara Filipina

oleh Gurunakal

Filipina adalah sebuah negara di Asia Tenggara dan merupakan tetangga Indonesia. Yuk, berkenalan dengan negara Filipina melalui beberapa pertanyaan beserta jawaban dan bahasan singkat di bawah ini.

Negara Tetangga yang Merupakan Negara Kepulauan Seperti Indonesia Adalah - negara filipina

Peta Filipina
Sumber: Wikipedia


1. Persamaan kondisi geografis negara Indonesia dan negara Filipina adalah?

Jawab: Sama-sama negara kepulauan, memiliki banyak gunung berapi, terletak di zona tropis, dll

Bahasan

Seperti Indonesia, Filipina merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 7.640 pulau. Negara ini terletak di utara Indonesia, tepatnya Pulau Sulawesi.

Filipina juga memiliki banyak gunung berapi. Ada sekitar 300 gunung berapi di Filipina. Dua puluh dua (22) di antaranya aktif sementara sebagian besar lainnya tercatat tidak aktif atau dormant.

Banyaknya gunung berapi di Filipina menyebabkan lahan suburnya juga luas. Ini membuat pertanian menjadi salah satu tulang punggung perekonomian negara, seperti halnya di negara kita.

Filipina dan Indonesia sama-sama terletak di zona tropis dengan iklim hutan hujan tropis, di mana matahari bersinar sepanjang tahun. Hal ini membuat Filipina kaya dengan keanekaragaman hayati.


2. Mata uang Filipina adalah?

Jawab: Peso Filipina

Bahasan

Mata uang Filipina adalah Peso Filipina, dengan kode ISO 4217 PHP dan memiliki simbol PhP atau $. Mata uang ini diterbitkan oleh Bank Sentral Filipina (CBF). Peso dikenal dalam bahasa Filipina dan Tagalog sebagai “piso” dan dibagi menjadi 100 sen (“sentimo” dalam bahasa sebelumnya).

Peso Filipina berasal dari Real Spanyol 8 dan di peso Meksiko, yang beredar luas di seluruh Amerika dan Asia Tenggara selama abad ketujuh belas dan kedelapan belas.


3. Ibu kota negara Filipina adalah?

Jawab: Manila

Bahasan

Manila adalah ibu kota Filipina. Kota yang terletak di pulau Luzon ini memiliki luas area 38,55 km persegi. Manila merupakan bagian dari Metro Manila atau Wilayah Ibu Kota Nasional yang terdiri dari 16 kota dan 1 munisipalitas.


4. Sebagian besar penduduk Filipina tinggal di pulau?

Jawab: Luzon

Bahasan

Luzon adalah pulau terbesar dan terpenting di Filipina. Di pulau ini pusat pemerintahan Filipina terletak, tepatnya di Manila. Lebih dari 50 juta orang atau lebih dari setengah dari jumlah total penduduk Filipina tinggal di pulau ini.


5. Bahasa resmi Filipina adalah?

Jawab: Filipino dan bahasa Inggris

Bahasan

Filipina memiliki dua bahasa resmi, yaitu Filipino dan bahasa Inggris. Filipina, yang didasarkan pada Tagalog, adalah bahasa nasional. Bahasa Inggris juga banyak digunakan dan merupakan bahasa pengantar di pendidikan tinggi.

Sementara itu, terdapat delapan (8) dialek utama yang digunakan oleh mayoritas orang Filipina: Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicolano, Waray, Pampango, dan Pangasinense.


6. Bentuk pemerintahan Filipina adalah?

Jawab: Presidensial

Bahasan

Filipina adalah sebuah negara republik dengan bentuk pemerintahan presidensial di mana kekuasaan dibagi secara merata di antara tiga cabangnya: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Saat ini yang menjabat sebagai presiden Filipina adalah Rodrigo Duterte.


7. Mata pencaharian utama masyarakat Filipina adalah?

Jawab: Pertanian

Bahasan

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), pertanian yang terdiri dari empat subsektor (tanaman, peternakan, unggas dan perikanan), merupakan sumber mata pencaharian utama bagi 25-30 persen angkatan kerja Filipina. Ini berkontribusi sekitar 10 persen terhadap produk nasional bruto negara Filipina.


8. Gunung tertinggi di Filipina adalah?

Jawab: Mount Apo / Gunung Apo

Bahasan

Gunung Apo, dengan ketinggian 2.956 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi di Filipina dan dianggap sebagai ‘Kakek Pegunungan Filipina’. Gunug ini terletak di provinsi Davao del Sur atau Davao Selatan di Pulau Mindanau.

Salah satu yang menarik dari Gunung Apo adalah ia dianggap sebagai pusat endemisme karena berfungsi sebagai rumah bagi ratusan spesies hewan dan tumbuhan yang hanya dapat ditemukan di Filipina.


9. Pulau terbesar di Filipina adalah?

Jawab: Luzon

Bahasan

Luzon adalah pulau terbesar di Filipina dengan luas 109.965 km persegi. Luzon juga menjadi pulau terpadat penduduknya di Filipina. Lebih dari setengah dari total penduduk Filipina tinggal di pulau ini.


10. Pemrakarsa berdirinya ASEAN dari negara Filipina adalah?

Jawab: Narciso R. Ramos

Bahasan

ASEAN adalah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara Asia Tenggara. ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima Menteri Luar Negei, yaitu Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.


Referensi


  1. 10 Highest Philippines Mountains to Challenge the Thrill-Seeker in You.” Zenrooms. Diakses 4 Juli 2021.
  2. 10 Largest Islands in the Philippines.” Touropia.com. Diakses 4 Juli 2021.
  3. About the Philippines.” SEIPI. Diakses 4 Juli 2021.
  4. City Profile.” manila.gov.ph. Diakses 4 Juli 2021.
  5. Philippines at a glance.” FAO. Diakses 4 Juli 2021.
  6. General Information.” thehaguepe.dfa.gov.ph. Diakses 4 Juli 2021.
  7. Know before you go: the Philippines.” National Geographic. Diakses 4 Juli 2021.
  8. Philippine Government.” officialgazette.gov.ph. Diakses 4 Juli 2021.
  9. The Founding of ASEAN.” asean.org. Diakses 4 Juli 2021.
  10. The Philippine Peso.” Global Exchange. Diakses 4 Juli 2021.
  11. “Volcanic Eruptions.” eda.admin.ch. Diakses 4 Juli 2021. File PDF.

Tulis unek-unek