5 Negara Tanpa Visa Paling Lama Untuk Warga Indonesia

oleh Gurunakal

Artikel ini membahas daftar negara tanpa visa terlama untuk WNI atau Warga Negara Indonesia. Negara-negara di bawah ini dapat dikunjungi tanpa visa hingga berbulan-bulan loh. Jika kamu seorang petualang, baca artikel ini sampai habis ya.


Jika dulu orang-orang dapat mengelana ke seluruh dunia tanpa banyak batasan, beda lagi dengan sekarang. Saat ini jika kita ingin jalan-jalan ke luar negeri maka kita perlu yang namanya paspor dan visa. Jika paspor bagaikan KTP internasional, maka visa itu semacam akses masuk ke sebuah negara.

Setiap negara punya aturan masing-masing. Ada yang memberikan akses masuk gratis bagi pemegang paspor Indonesia ada juga yang tidak (kita harus bayar). Nah saat ini cukup banyak negara (selain negara-negara ASEAN) yang memberikan akses masuk gratis alias free visa bagi pemegang paspor Indonesia.

Nah, jika rata-rata negara tersebut memberikan free visa hanya 30 hari atau kurang, maka negara-negara di bawah ini membolehkan kita untuk berkunjung atau tinggal hingga berbulan-bulan lamanya tanpa visa! Negara mana saja kah? Ini dia daftarnya:

1. Maroko

Desa Tua di Maroko

Pemandangan sebuah kota tua di Maroko
Sumber: Pixabay

Maroko adalah sebuah negara di kawasan Afrika Utara. Negara ini berjarak sangat dekat ke Eropa, tepatnya ke Spanyol. Bahkan ada sebidang tanah di Maroko yang masuk teritori Spanyol loh! Kita bisa berkunjung ke negara ini tanpa visa hingga 3 bulan atau 90 hari! Cukup lama, bukan?

Lalu apa saja yang dapat kita kunjungi di Maroko? Banyak! Maroko ini salah satu tujuan wisata populer bagi negara-negara Eropa tetangganya.

Di sana kita bisa mengunjungi salah satu masjid terbesar di dunia yang bernama Masjid Al Hasan II di Kota Casablanca. Masjid ini punya menara tertinggi di dunia dan kerennya masjid ini terletak tepat di bibir pantai Samudera Atlantik yang dingin.

Ada lagi kota bersejarah yang bernama Marakesh. Kota dengan tembok-tembok tua ini sangat populer! Dan masih banyak lagi yang dapat kita kunjungi di sana!

2. Peru

Manchu Picchu

Manchu Picchu di Peru
Sumber: Wikimedia Commons

Peru adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Ini adalah salah negara indah yang bisa kita kunjungi di Amerika.

Tahu Manchu Picchu? Nah situs warisan dunia tersebut terletak di Peru! Jika kita berencana ke Peru, kita gak perlu visa sama sekali dan kita bisa stay di sana hingga 183 hari atau 6 bulan!

Selain ke Manchu Picchu kita juga bisa mengunjungi banyak tempat menarik lainnya, salah satunya adalah Taman Nasional Huascar√°n yang bergunung-gunung dengan lanskap yang keren! Peru juga punya banyak situs warisan dunia yang bisa dijelajahi.

Jika kita bisa berbahasa Spanyol, itu akan menjadi nilai tambah saat ke Peru, karena bahasa resmi negara itu adalah Bahasa Spanyol.

3. Kolombia

Sama dengan Peru, Kolombia juga terletak di Amerika Selatan. Negara yang beribukota Bogota ini memberikan akses visa gratis bagi pemegang paspor Republik Indonesia yang ingin berkunjung ke negaranya. Kamu bisa tinggal di negara Kolombia selama setengah tahun atau 180 hari.

Kolombia menyimpan beberapa situs warisan dunia baik dalam bentuk budaya atau alam. Seperti halnya Peru, bahasa resmi negara ini adalah Spanyol. Jika kamu penikmat kopi, tidak salahnya jika mengunjungi salah satu warisan dunia di Kolombia yang bernama Coffee Cultural Landscape of Colombia.

4. Chile

Easter Island

Easter Island di Chile
Sumber: Flickr

Masih di Amerika Selatan, Chile adalah sebuah negara yang memiliki wilayah yang unik di mana bentuknya memanjang dari utara ke selatan sejauh 4.300 km. Akan tetapi, jarak paling lebar dari barat ke timur yaitu hanya 350 km.

Meskipun demikian, Chile memiliki bentang alam yang sangat indah, mulai dari gunung-gunung bersalju hingga tentu saja yang terkenal adalah Easter Island di Samudera Pasifik.

Tahu Easter Island? Itu loh yang ada banyak patung-patung dari batu. Nah tempat tersebut masuk warisan dunia dan berada di kawasan Taman Nasional Rapa Nui. Berapa lama kita bisa tinggal di Chile tanpa visa? Jawabannya yaitu 90 hari atau 3 bulan! Siap ke sana?

5. Fiji

Tidak terlalu jauh dari Indonesia, Fiji adalah sebuah negara kepulauan tropis yang terletak di Samudera Pasifik. Negara ini memberikan akses visa gratis bagi WNI hingga 120 hari atau 4 bulan. Karena berpulau-pulau jadi kamu bisa membayangkan bagaimana keadaan di Fiji karena kita juga tinggal di negara kepulauan terbesar di dunia.

Nah, itulah lima negara tanpa visa terlama bagi WNI yang bisa dikunjungi gratis selama berbulan-bulan. Masih ada beberapa lagi negara yang memberikan akses visa gratis berbulan-bulan bagi WNI. Daftar lengkap negara bebas visa bagi WNI bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek