20 Negara Terkaya di Dunia

oleh Gurunakal

Ada beberapa cara yang bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat daftar negara terkaya di dunia. Contohnya adalah kekayaan alam yang dimiliki oleh setiap negara. Namun, ini cukup sulit dilakukan mengingat kekayaan alam bisa dibilang tidak bisa dihitung dengan angka yang akurat.

Negara Terkaya di dunia 2021

Pemandangan kota Doha, Qatar di malam hari.
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Cara yang paling sering digunakan untuk menentukan sebuah negara kaya atau miskin adalah dengan pendapatan domestrik bruto (PDB) dengan perhitungan keseimbangan kemampuan berbelanja (KKB) per kapita. Lalu apa yang dimaksud dengan PDB dan KKB?

Menurut Investopedia, PDB adalah adalah nilai moneter dari semua barang jadi dan jasa yang dibuat di suatu negara selama periode tertentu (katakan satu kuartal atau satu tahun). PDB memberikan gambaran ekonomi suatu negara, yang digunakan untuk memperkirakan ukuran ekonomi dan tingkat pertumbuhan.

Sementara itu, KKB atau juga disebut paritas daya beli (PPP) adalah tingkat konversi mata uang yang menghilangkan perbedaan tingkat harga antar negara. Dengan demikian, perbandingan antar negara hanya mencerminkan perbedaan dalam volume barang dan jasa yang dibeli. Ini memungkinkan para ekonom membandingkan produktivitas ekonomi dan standar hidup antar negara.

Jadi, PDB berdasarkan KKB per kapita bisa disimpulkan sebagai nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan di sebuah negara dalam suatu tahun, dibagi dengan rata-rata jumlah penduduk dalam tahun yang sama.

Di bawah ini adalah daftar 20 negara dengan PDB perkapita (KKB) tertinggi di dunia (dalam dolar internasional) menurut data Dana Moneter Internasional (IMF) per April 2021. Data ini dapat digunakan sebagai ukuran untuk menentukan negara terkaya di dunia. Berikut adalah daftarnya.

1. Luksembourg ($122.740)

Luksembourg adalah sebuah negara kecil di kawasan Eropa Barat. Dengan PDB per kapita mencapai $122.740 pada tahun 2021, rakyat negara berbentuk kerajaan konstitusional ini menikmati pendapatan tahunan yang paling tinggi di dunia. Penggerak utama perekonomiannya adalah perbankan dan layanan finansial.

2. Singapura ($102.742)

Singapura adalah tetangga Indonesia yang juga merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Meskipun demikian, Singapura termasuk negara kaya dengan pendapatan tahunan rakyatnya mencapai angka $102.742. Roda perekonomian negara ini utamanya digerakkan oleh layanan finansial, industri manufaktur, minyak dan gas.

3. Irlandia ($99.239)

Irlandia adalah negara dari Eropa Barat lain yang menikmati pendapatan tahunan yang tinggi. Pada tahun 2021, PDB per kapita negara beribu kota Dublin ini mencapai angak $99.239. Ekonomi utama negara ini utamanya ditunjang oleh sumber daya alam termasuk pertanian, perikanan, kehutanan, dan pertambangan serta industri farmasi.

4. Qatar ($97.262)

Qatar sempat menjadi negara terkaya di dunia dengan PDB perkapita melebih angka $120.000. Namun kini turun peringkat karena beberapa alasan. Pada tahun 2021, GDP per kapita Qatar mencapai angka $97.262 dan berada di urutan ke-4 di dunia.

Sama seperti Luksembourg dan Singapura, Qatar juga termasuk negara kecil. Namun, berkat kekayaan alam berupa minyak bumi dan gas, warga Qatar menikmati pendapatan yang sangat tinggi setiap tahunnya. Dengan perekonomian yang kuat, tingkat pengangguran di negara tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 ini menjadi salah satu yang paling rendah di dunia.

5. Makau ($90.606)

Makau adalah sebuah wilayah administratif Tiongkok yang menganut satu negara dua sistem. Meski bukan negara merdeka seutuhnya, kami juga memasukkan bekas koloni Portugis ini ke daftar ini.

Pada tahun 2021, pendapatan per kapita rakyat Makau mencapai $90.606, sangat jauh berbeda dari negara induknya yang hanya mencapai $18.931 di tahun yang sama.

Sejak mengizinkan persaingan asing di industri kasino lokalnya mulai tahun 2001, Makau telah menjadi salah satu tujuan permainan teratas dunia, dan sektor tersebut telah memompa miliaran dolar ke dalam perekonomian di wilayah yang relatif kecil ini.

6. Swiss ($75.880)

Lalu ada Swiss. Meskipun merupakan negara yang relatif kecil dengan kurang dari 10 juta orang, Swiss adalah salah satu negara yang menguasai sebagian besar emas dunia, yang merupakan bagian terbesar dari ekspornya. Pada tahun 2021, rakyat Swiss menikmati pendapatan tahunan mencapai $75.880.

7. Norwegia ($69.171)

Norwegia adalah sebuah negara Nordik di kawasan Eropa Utara yang beribu kota Oslo. Negara ini memiliki wilayah yang cukup luas, namun penduduknya terbilang sedikit. Pada tahun 2021, pendapatan per kapita rakyat negara ini mencapai angka $69.171, tertinggi di kawasan.

Salah sumber kekayaan negara ini adalah minyak dan gas bumi. Sejak ditemukannya minyak dan gas lepas pantai pada tahun 1960-an, Norwegia telah menjadi salah satu penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Pada 2017, minyak bumi merupakan lebih dari setengah ekspor negara Skandinavia itu.

8. Amerika Serikat ($68.309)

Amerika Serikat menempati urutan selanjutnya sebagai negara terkaya di dunia dengan pendapatan tahunan rakyatnya mencapai $68.309, yang paling tinggi di seluruh Amerika. Real estat, perawatan kesehatan, dan teknologi adalah beberapa industri unggulan yang menjadi roda perekonomian Amerika Serikat.

9. Brunei ($64.405)

Selain Singapura, negara Asia Tenggara lain yang masuk daftar ini adalah Brunei. Negara kecil di Pulau Kalimantan dengan penduduk hanya ratusan ribu jiwa ini memiliki kekayaan yang luar biasa dari industri minyak bumi. Pada tahun 2021, PDB per kapita Brunei mencapai angka $64.405.

10.  Hong Kong ($62.839)

Hong Kong sama dengan Makau, yakni sebagai daerah administratif Tiongkok. Bekas koloni Inggris ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita 2021 mencapai $62.839. Hong Kong memiliki ekonomi yang beragam, mengekspor mesin seperti peralatan siaran serta logam mulia dan mineral seperti emas, perak, dan berlian.

11. San Marino ($61.508)

San Marino adalah negera terkecil kelima di dunia dengan luas kira-kira 1/10 luas kota Jakarta. Industri utama di negara ini bergerak dalam bidang perbankan, elektronik dan keramik. Pada tahun 2021, negara berpenduduk sekitar 33.000 jiwa ini memiliki PDB per kapita $61.508, tertinggi di kawasan Eropa Selatan.

12. Denmark ($61.478)

Denmark adalah negara Nordik lain yang memiliki PDB per kapita tinggi, yakni $61.478. Negara ini memiliki ekonomi yang beragam, mengekspor mesin, produk kimia, produk hewani, dan bahan makanan lainnya senilai miliaran dolar. Obat-obatan kemasan merupakan segmen terbesar dari ekspor Denmark.

13. Belanda ($60.461)

PDB per kapita Belanda pada tahun 2021 mencapai $60.461. Perekonomian negara beribu kota Amsterdam ini sangat bergantung pada ekspor. Pada 2017, ekspor negara itu menghasilkan setara dengan hampir 83% dari PDB negara. Ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan tingkat rata-rata negara di seluruh dunia.

14. Uni Emirat Arab ($59.844)

Uni Emirat Arab adalah negara Timur Tengah lain yang berhasil masuk daftar ini. Kekayaan utama negara ini berasal dari minyak bumi. Hasil penjualan minyak bumi digunakan untuk membangun negara. Salah satu yang fenomenal adalah kota Dubai yang kini menjadi salah satu kota paling kaya di dunia. PDB per kapita negara ini mencapai $59.844.

15. Taiwan ($59.398)

Taiwan adalah sebuah negara di Asia Timur yang beribu kota Taipei. Negara ini terkenal dengan industri barang-barang elektronik, utamanya laptop yang dipimpin oleh ASUS. Pada tahun 2021, PDB negara ini mencapai $59.398, tertinggi ketiga di kawasan setelah Makau dan Hong Kong.

16. Islandia ($58.151)

Negara pulau di Eropa Utara ini juga mempunyai PDB per kapita yang tinggi, yakni $58.151. Pilar ekonomi negara beribu kota Reykjavic ini adalah pariwisata, peleburan aluminium, dan perikanan. Selama beberapa dekade, ekonomi Islandia sangat bergantung pada perikanan, tetapi pariwisata kini telah melampaui penangkapan ikan dan aluminium sebagai industri ekspor utama Islandia. Baca fakta menarik Islandia di sini.

17. Austria ($57.891)

PDB Austria mencapai $57.891 pada tahun 2021. Austria adalah eksportir terbesar ke-30 di dunia pada tahun 2017. Mesin dan kendaraan transportasi menyumbang sebagian besar nilai ekspor negara beribu kota Wina ini.

18. Jerman ($56.956)

Jerman adalah salah satu negara ekspor terbesar di dunia. Industri utama negara ini mobil, yang menyumbang 12% dari semua ekspor Jerman pada tahun 2017. Jerman terkenal dengan kehebatan otomotifnya. BMW, Mercedes-Benz, Audi, dan Volkwagen adalah beberapa merek mobil paling terkenal di dunia yang berasal dari Jerman. PDB per kapita Jerman pada tahun 2021 mencapai $56.956.

19. Swedia ($55.566)

Negara-negara Nordik dikenal makmur, termasuk Swedia. Pada tahun 2021, PDB per kapita negara ini mencapai $55.566. Sebagian besar PDB negara ini diinvestasikan di bidang pendidikan. Investasi dalam pendidikan ini tampaknya membuahkan hasil karena Swedia termasuk di antara tingkat pendaftaran sekolah dasar dan tingkat kelulusan sekolah dasar tertinggi, menetapkan penduduk mudanya menjadi anggota ekonomi yang berpendidikan dan produktif di masa depan.

20. Australia ($54.891)

Negara tetangga kita lain yang masuk daftar ini adalah Australia, dengan PDB per kapita mencapai $54.891. Australia adalah negara yang sangat bergantung pada ekspor sumber daya alam – terutama bijih besi. Negara beribu kota Canberra ini adalah pengekspor mineral terkemuka di dunia, menyumbang 52% dari total pasokan dunia.


96. Indonesia ($12.882)

Bagaimana dengan negara kita? Indonesia masih termasuk negara berkembang. Negara kita ada di urutan 96 dengan PDB per kapita mencapai $12.882, yang merupakan terbesar kelima di Asia Tenggara, setelah Singapura, Brunei, Malaysia (#56, $29.340), dan Thailand (#69, $19.004).

Menariknya, Vietnam terus memepet Indonesia dengan PDB per kapita $11.677 (#103). Jika negara kita tidak melakukan perubahan, di masa depan bisa saja Vietnam mengejar Indonesia. Ini bisa terjadi karena pertumbuhan ekonomi negara ini selalu di atas Indonesia beberapa tahun ke belakang. Mau kita dikalahkan sama Vietnam?

Referensi


  1. Daftar negara menurut PDB (KKB) per kapita.” Wikipedia. Diakses 28 April 2021.
  2. Gross Domestic Product (GDP)” (dalam bahasa Inggris). Investopedia. Diakses 28 April 2021.
  3. Iceland” (dalam bahasa Inggris). Forbes. Diakses 29 April 2021.
  4. Koop, Avery. (22 April, 2021). “Mapped: The 25 Richest Countries in the World” (dalam bahasa Inggris). Visual Capitalist. Diakses 28 April 2021.
  5. List of countries by GDP (PPP) per capita” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 28 April 2021.
  6. Purchasing power parity (PPP)” (dalam bahasa Inggris). UNESCO Institute of Statistics. Diakses 28 April 2021.
  7. San Marino.” Wikipedia. Diakses 28 April 2021.
  8. Suneson, Grant. (7 Juli, 2019). “These are the 25 richest countries in the world” (dalam bahasa Inggris). USA Today. Diakses 28 April 2021.
  9. What Is Purchasing Power Parity (PPP)?” (dalam bahasa Inggris). Investopedia. Diakses 28 April 2021.
  10. World Economic Outlook – GDP per capita” (dalam bahasa Inggris). International Monetary Fund. Diakses 28 April 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek