Negara Tetangga yang Merupakan Negara Kepulauan Seperti Indonesia Adalah?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Negara tetangga yang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia adalah?”. Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar wawasanmu bertambah.


Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, baik yang berpenghuni maupun belum berpenghuni.

Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara kepulauan di dunia. Masih ada lagi negara-negara lain di beberapa sudut dunia yang wilayahnya terdiri dari gugusan pulau, salah satunya bahkan tetanggan dengan kita.

Negara Tetangga yang Merupakan Negara Kepulauan Seperti Indonesia Adalah

Peta Filipina
Sumber: Wikipedia

Negara tetangga yang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia adalah Filipina, yang terletak di utara Pulau Sulawesi. Indonesia dan Filipina sendiri termasuk salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Filipina memiliki 7.641 pulau yang membentuk wilayah seluas lebih dari 300.000 kilometer persegi. Kepulauan negara ini dibagi menjadi tiga kelompok pulau: Luzon, Visayas, dan Mindanao.

Memiliki banyak pulau indah seperti halnya Indonesia, Filipina juga merupakan salah satu tujuan wisata populer di dunia. Pada tahun 2019, negara ini dilaporkan menerima sekitar 8,2 juta wisatawan asing.

Beberapa tujuan wisata populer di negara beribu kota Manila ini adalah Pulau Boracay di Aklan, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa di Palawan, Bukit Cokelat di Bohol, Gunung Berapi Mayon di Albay, Pulau Siargao di Surigao del Norte, dan Banaue Rice Terraces di Ifugao, serta kota-kota Manila, Baguio, Vigan, Cebu , dan Davao.

Profil Singkat Filipina


  • Ibu kota: Manila
  • Kota terbesar: Quezon City
  • Bahasa resmi: Filipino, Inggris
  • Luas area: 300.000 km²
  • Jumlah penduduk: 107.948.000 (estimasi 2019)
  • Mata uang: Peso Filipina (PHP)

Fakta-fakta Tentang Filipina


Pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asal nama negara Filipina? Mari ketahui beberapa fakta tentang negeri ini.

  • Filipina dinamai berdasarkan nama Pangeran Philip (kemudian Raja Philip II) dari Spanyol oleh penjelajah Spanyol Ruy Lopez de Villalobos selama ekspedisinya tahun 1542-1546 ke pulau-pulau tersebut.
  • Filipina adalah republik konstitusional presidensial kesatuan, dengan Presiden Filipina bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.
  • Filipina memproklamasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Spanyol pada 12 Juni 1898, setelah puncak Revolusi Filipina.
  • Filipina adalah anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Referensi


  1. About The Philippines” (dalam bahasa Inggris). GOV.PH. Diakses 30 Juli 2020.
  2. Indonesia Facts and Figures” (dalam bahasa Inggris). Embassy of the Republic of Indonesia Washington DC. Diakses 30 Juli 2020.
  3. Philippines” (dalam bahasa Inggris). Encyclopædia Britannica. Diakses 30 Juli 2020.
  4. Philippines” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 30 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek