10 Negara yang Berbatasan dengan Lautan Indonesia

oleh Gurunakal

Kali ini Gurunakal.com akan membahas negara-negara yang berbatasan dengan lautan Indonesia yang sangat luas. Semoga bahasan ini bisa membantu kamu ya.


Indonesia dan Lautan

Indonesia dan lautan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Itu karena seluruh tanah yang ditinggali bangsa Indonesia dikelilingi oleh lautan.

Lautan tidak hanya mengelilingi wilayah Indonesia yang berpulau-pulau, tetapi lautan juga dikelilingi oleh pulau-pulau Indonesia yang banyak jumlahnya. Maksudnya?

Selain mengenal istilah laut teritorial, kita juga mengenal istilah laut pedalaman. Laut teritorial Indonesia berarti perairan yang ada di luar gugus kepulauan Indonesia.

Secara hukum, laut teritorial diukur sepanjang 12 mil laut dari garis pangkal kepulauan di mana Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas seluruh wilayah tersebut, termasuk udara, dasar laut, hingga segala sumber daya yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, Indonesia juga berhak atas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE yang diukur sepanjang 200 mil laut dari garis pangkal laut wilayah Indonesia. Contoh perairan yang ada di zona ini adalah Laut Natuna Utara, Laut Sulawesi, dan Laut Arafura. Wilayah laut ini juga kadang disebut dengan laut tepi.

Sedangkan lautan dalam atau pedalaman berarti perairan yang berada di dalam gugus kepulauan Indonesia. Contoh laut pedalaman adalah Laut Jawa, Laut Flores, dan Laut Banda. Tentu saja kita berdaulat penuh atas apa pun di perairan tersebut.

Negara yang Berbatasan dengan Lautan Indonesia

Sekurang-kurangnya terdapat sepuluh negara yang berbatasan dengan lautan Indonesia. Berikut adalag daftarnya (dari barat ke timur).

1. India

Batas Laut Indonesia 1

Daratan India memang cukup jauh dari Indonesia. Namun negara Bollywood tersebut mengontrol Kepulauan Nicobar yang berdekatan dengan Provinsi Aceh. Jarak di antara kedua wilayah beda negara tersebut sekitar 150 km atau 2-3 jam perjalanan dengan kapal nelayan.

Mengapa bisa-bisanya India memiliki kepulauan yang jauh dari daratan utamanya? Padahal secara teritorial Kepulauan Andaman dan Nicobar harusnya masuk wilayah Indonesia?

Itu tak lain karena sejarah kepulauan tersebut yang dulunya dikontrol Inggris, negara yang juga menjajah India. Jadi, ketika India merdeka, kontrol atas kepualaun tersebut pindah ke tangan India. Hal yang serupa juga terjadi dengan Pulau Natal dan Kepulauan Cocos yang kini milik Australia.

2. Thailand

Batas Laut Indonesia 2

Indonesia juga punya batas lautan dengan Thailand, tepatnya di Selat Malaka. Wilayah Thailand selatan berjarak cukup dekat dengan provinsi paling utara di Pulau Sumatera, yaitu Aceh.

3. Malaysia

Batas Laut Indonesia 3

Indonesia dan Malaysia memiliki batas darat dan laut. Kita berbagi perairan Selat Malaka, Laut Natuna Utara, Laut Sulawesi, dan sedikit Selat Singapura di Pulau Bintan. Sementara itu, kita juga berbagi batas darat di Pulau Kalimantan atau Borneo (sebutan internasional).

4. Singapura

Batas Laut Indonesia 4

Singapura adalah negara kota yang terletak di utara Kepulauan Batam. Selat Singapura menjadi pemisah antara Indonesia dan negeri Singa.

5. Vietnam

Batas Laut Indonesia 5

Indonesia dan Vietnam juga memiliki batas laut di Laut Natuna Utara. Hal ini bisa terjadi karena Vietnam juga berhak atas Zona Eksklusif Ekonomi atau ZEE mereka yang tumpang tindih dengan ZEE Indonesia.

6. Filipina

Batas Laut Indonesia 6

Indonesia berbagi perairan dengan Filipina di Laut Sulawesi. Bahkan beberapa pulau kita berjarak cukup dekat ke Pulau Mindanao di Filipina selatan. Selain itu, warga di kedua wilayah juga memiliki hubungan perdagangan yang baik.

7. Timor Leste

Batas Laut Indonesia 7

Batas laut antara Indonesia dan Timor Leste cukup unik. Itu karena negara ini memiliki area terpisah dari daratan utamanya, meski masih terletak di pulau yang sama. Wilayah itu dikenal dengan sebutan enklave Oe-Cusse Ambeno yang berada di kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

8. Australia

Batas Laut Indonesia 8

Indonesia dan Australia memiliki batas laut di tiga kawasan perairan, yaitu Samudra Hindia (dengan Pulau Natal), Laut Timor (dengan Wilayah Barat dan Wilayah Utara Australia), dan Laut Arafura dengan Wilayah Utara dan Queensland.

9. Palau

Batas Laut Indonesia 9

Palau atau Republik Palau adalah adalah sebuah negara kepulauan kecil yang terletak di Samudra Pasifik. Negara ini berjarak sekitar 200 km sebelah utara wilayah Provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah Provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

10. Papua Nugini

Batas Laut Indonesia 10

Selain berbagi batas darat, Indonesia dan Papua Nugini juga sudah pasti memiliki batas laut, yaitu di kawasan Samudra Pasifik di batas utara dan Laut Arafura di batas selatan.

Nah, itulah beberapa negara yang berbatasan dengan lautan Indonesia yang sangat luas dan kaya. Semoga segala kekayaan lautan negeri kita dapat dirasakan oleh seluruh generasi bangsa.

Sumber peta: Google Maps

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek