Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Negara yang berbatasan dengan daratan Indonesia adalah?”. Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Meskipun terdiri dari belasan ribu pulau bukan berarti negara kita tidak memiliki batas darat dengan negara lain. Memang sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan. Namun, beberapa pulau yang kita tempati harus rela berbagi lahan dengan negara lain.

negara yang berbatasan langsung dengan daratan indonesia adalah

Atlas Indonesia yang menunjukkan wilayah Indonesia dan batas darat dengan tiga negara: Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste
Sumber: Wikimedia Commons

Negara yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia adalah Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Berikut adalah bahasan singkatnya.

1. Malaysia

Malaysia adalah negara serumpun Indonesia yang terletak di utara Indonesia bagian barat. Negara ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Malaysia Barat yang menempati Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang menempati sebagian Pulau Kalimantan di wilayah utara.

Indonesia, tepatnya Pulau Sumatera dan Malaysia bagian barat dipisahkan oleh Selat Malaka yang legendaris dan sangat penting bagi dunia pelayaran. Sedangkan sisi timur Semenanjung Malaysia dipisahkan oleh perairan Laut Natuna Utara dengan wilayah Indonesia Kepulauan Natuna.

Sementara itu, batas darat antara Indonesia dan Malaysia di Pulau Kalimantan membentang sepanjang 2.019 km dari Tanjung Batu di Provinsi Kalimantan Barat, melewati dataran tinggi pedalaman Kalimantan, hingga ke Teluk Sebatik dan Laut Sulawesi di Provinsi Kalimantan Utara.

2. Papua Nugini

Di bagian timur, tepatnya di Pulau Papua, Indonesia juga berbatasan darat dengan negara Papua Nugini sejauh 760 km. Nah, ada yang unik dengan garis batas kedua negara. Garis batas Indonesia-Papua Nugini yang membelah Pulau Papua menjadi dua bagian yang hampir sama terlihat tegak lurus dengan sedikit ‘benjolan’ di wilayah Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke.

Jika kita memperbesar peta, bagian perbatasan yang menonjol ke sisi Papua bagian Indonesia itu terlihat bergerigi karena mengikuti aliran Sungai Fly, yang sebagian besar mengarah ke timur perbatasan, di sisi Papua Nugini.

Pertanyaannya, mengapa hal itu bisa terjadi? Singkatnya, itu adalah kesepakatan perbatasan yang telah dilakukan oleh Inggris yang pada masa lalu menguasai wilayah tenggara Pulau Papua (dalam arti keseluruhan) dan Belanda yang menguasai wilayah barat Papua yang kini menjadi bagian dari Indonesia.

Jika kamu mengetahui detail sejarah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di masa pra kemerdekaan, silahkan berbagi dengan pembaca lainnya di kolom komentar.

3. Timor Leste

Setelah tahun 2002, daftar negara yang berbatasan dengan daratan Indonesia bertambah satu, yaitu Timor Leste. Sebelumnya negara yang kita kenal sebagai Timor Timur merupakan bagian dari Indonesia, namun lebih memilih memisahkan diri.

Indonesia dan Timor Leste berbagi Pulau Timor dengan jarak perbatasan sepanjang 268,8 km. Sama halnya seperti perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di Pulau Papua, perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste juga didasari kolonialisme di masa lampau, di mana bagian barat Pulau Timor dikontrol Belanda dan bagian timurnya dikuasai oleh Portugis.

Yang unik dari perbatasan Indonesia-Timor Leste adalah adanya eksklave (KBBI: bagian atau daerah suatu negara yang terpisah dan berbentuk suatu enklave) Timor Leste di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Eksklave itu bernama Oe-Cusse Ambeno yang memiliki luas sekitar 814 km persegi.

Referensi


  1. Arti kata eksklave”. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diakses 6 Agustus 2020.
  2. Indonesia – Papua New Guinea” (dalam bahasa Inggris). Country Studies. Diakses 6 Agustus 2020.
  3. Jacobs, Frank (13 Maret 2012). “Who Bit My Border?” (dalam bahasa Inggris). The New York Times. Diakses 6 Agustus 2020.
  4. Oecusse” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 6 Agustus 2020.
  5. Perbatasan Indonesia–Malaysia”. Wikipedia. Diakses 6 Agustus 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek