Negara yang Memiliki Kepulauan Galapagos

oleh Gurunakal

Negara yang memiliki Kepulauan Galapagos adalah Ekuador. Kepulauan ini terletak di Samudra Pasifik, sekitar 1.000 km dari benua Amerika Selatan.

Negara yang memiliki Kepulauan Galapagos - negara yang memiliki Pulau Galapagos

Pemandangan Kepulauan Galápagos
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Profil Singkat Kepulauan Galapagos


  • Lokasi: Samudra Pasifik
  • Total pulau: 127 (data UNESCO)
  • Pulau utama: 19
  • Area: 7.880 km²
  • Titik tertinggi: 1.707 mdpl
  • Negara: Eduador
  • Provinsi: Galápagos
  • Ibu kota: Puerto Baquerizo Moreno
  • Populasi: ∼30.000 (data UNESCO, 2021)
  • Kepadatan penduduk: 4/km²

Sekilas Tentang Kepulauan Galapagos


Kepulauan Galapagos terdiri 19 pulau, dan cagar laut di sekitarnya telah disebut sebagai ‘museum hidup dan pameran evolusi’ yang unik. Karena hal ini, Kepulauan Galapagos mesuk daftar warisan dunia UNESCO.

Terletak di pertemuan tiga arus laut, Galápagos adalah ‘wadah peleburan’ spesies laut. Aktivitas seismik dan vulkanik yang sedang berlangsung mencerminkan proses yang membentuk pulau-pulau tersebut.

Proses ini, bersama dengan isolasi pulau yang ekstrim, mengarah pada perkembangan kehidupan hewan yang tidak biasa – seperti iguana darat, kura-kura raksasa dan banyak jenis burung finch.

Sebenarnya di Kepulauan Galapagos ada 127 pulau, namun sebagian besar terdiri dari islet atau pulau kecil dan bebatuan. Sedangkan pulau besarnya berjumlah 19 pulau dan 4 di antaranya berpenghuni.

Kepulauan Galapagos adalah kawasan yang sangat diproteksi. Itu bisa dilihat dari 97% dari total permukaan yang muncul (7.665.100 ha) dinyatakan sebagai Taman Nasional pada tahun 1959.

Sementara itu, pemukian manusia di Kepulauan Galapagos dibatasi hingga 3%. Penduduk kepulauan ini tinggal di daerah pedesaan dan perkotaan yang dikategorikan khusus di empat pulau (pulau kelima hanya memiliki bandara, dermaga pariwisata, bahan bakar penahanan, dan fasilitas militer).

Pulau-pulau tersebut dikelilingi oleh Galapagos Marine Reserve yang dibuat pada tahun 1986 (70.000 km persegi) dan diperluas ke wilayahnya saat ini (133.000 km persegi) pada tahun 1998, menjadikannya salah satu cagar laut terbesar di dunia.

Semua pulau berpenghuni memiliki pelabuhan untuk menerima barang dagangan. Pulau-pulau tak berpenghuni lainnya diawasi secara ketat dengan rencana perjalanan wisata yang direncanakan dengan cermat yang membatasi kunjungan. Sekitar 30.000 orang tinggal di pulau-pulau itu, dan sekitar 170.000 wisatawan mengunjungi pulau-pulau itu setiap tahun.

Referensi


  1. Galápagos Islands” (dalam bahasa Inggris). UNESCO World Heritage Centre. Diakses 28 Januari 2021.
  2. Galápagos Islands” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 28 Januari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek