Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola

oleh Gurunakal

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Namun, tahukah kamu negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola?

Banyak literatur yang menyebutkan kalau negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola adalah Inggris. Hal itu karena bentuk olahraga sepak bola modern yang kita kenal sekarang berasal dari negara tersebut.

Ada juga sumber yang mengatakan kalau permainan sepak bola berasal dari negara Tiongkok, tepatnya dari masa-masa awal peradaban dan pemerintahan Huang Di atau yang terkenal dengan sebutan Kaisar Kuning atau Yellow Emperor.

Sepatu Olahraga

Nah, di bawah ini adalah bahasan singkat mengenai asal-usul atau sejarah permainan sepak bola yang dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lampau.

Sejarah Sepak Bola


Sepak Bola

Sumber: Pixabay

Sepak bola diketahui memiliki sejarah yang cukup panjang. Meskipun bentuk sepak bola modern yang kita mainkan saat ini muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-19, namun sejarah awal olahraga ini dapat dilacak hingga ribuan tahun yang lampau di beberapa negara.

1. Amerika Tengah

Lebih dari 3000 tahun yang lalu, masyarakat di sejumlah kawasan di Amerika Tengah disebutkan telah mengenal olahraga tim yang melibatkan bola. Namun bola tersebut bukan terbuat dari bahan yang mudah memantul, melainkan dari batu yang keras.

Permainan tersebut terjadi dalam budaya Mesoamerika kuno. Menurut sebuah artikel di Wikipedia, Mesoamerika adalah suatu istilah yang merujuk pada wilayah geografis yang membentang dari Tropik Cancer di tengah Meksiko ke bawah hingga Guatemala, Belize, Honduras, El Savador, dan Nikaragua, sampai barat laut Kosta Rika.

Menurut sebuah sumber, bola yang dimainkan dalam permainan tim dalam budaya Mesoamerika kuno ini melambangkan matahari dan kapten tim yang kalah akan dikorbankan untuk para dewa.

2. Tiongkok

Pada abad ke-3 dan ke-2 SM, di Tiongkok dikenal sebuah permainan yang bernama “cuju” atau “tsu’ chu” Permainan ini merupakan sebuah permainan kompetitif yang melibatkan penendangan sebuah bola pada saat pembukaan ke dalam gawang tanpa ada penggunaan tangan.

Seperti halnya olahraga sepak bola modern, cuju juga dimainkan dengan bola bundar di area persegi. Selanjutnya permainan ini menyebar ke luar Tiongkok, seperti ke Jepang yang dikenal dengan sebutan “kemari” dan dipraktikkan di bawah bentuk upacara.

FIFA sebagai pemangku olahraga sepak bola dunia memandang cuju sebagai bentuk terawal dari sepak bola. Namun sejumlah pakar berkata lain. Mereka memandang sepak bola modern merupakan hasil perkembangan dari “sepak bola mob” yang tidak ada hubungannya dengan cuju.

Dilansir dari situs Topend Sports, sepak bola mob adalah jenis sepak bola Abad Pertengahan yang awalnya dimainkan pada zaman kuno, dan diyakini sebagai leluhur sepak bola modern. Pada masanya sepak bola mob dipertandingkan antara dua kota yang bertetangga dengan sebanyak mungkin peserta di kedua sisi.

Seperti halnya sepak bola modern, pemain atau peserta sepak bola mob dituntut untuk membawa bola kulit babi yang menggembung ke ujung kota lawan. Uniknya, olahraga ini hanya memiliki satu aturan, yakni sangat dilarang untuk melakukan pembunuhan. Di luar aturan itu, segala cara yang memungkinkan dapat digunakan untuk menggerakkan bola ke arah tujuan.

3. Yunani Kuno

Peradaban Yunani Kuno yang terkenal juga mengenal permainan yang melibatkan bola yang dibuat dengan potongan-potongan kulit yang dipenuhi rambut. Sementara itu, dokumen pertama yang di dalamnya tertulis bola yang berisi udara berasal dari abad ke-7.

4. Roma Kuno

Masyarakat di negeri Roma pada zaman dahulu juga mengenal permainan dengan bola. Namun permainan tersebut tidak masuk ke dalam hiburan yang diadakan di arena besar, melainkan sebagai latihan dalam dunia militer.

Kemudian permainan yang dianggap sebagai budaya Romawi tersebut menjadi cikal bakal masuknya sepak bola ke Kepulauan Inggris. Namun, tidak pasti pada tingkat mana orang Inggris dipengaruhi oleh varietas ini dan pada tingkat mana mereka telah mengembangkan varian mereka sendiri.

5. Inggris

Seperti yang telah disebutkan di atas, bentuk olahraga sepak bola modern yang kita kenal sekarang berasal dari Inggris pada pertengahan abad ke-19. Namun, sejarah perkembangan sepak bola di Inggris disebutkan telah dimulai sejak abad ke-12 di mana pada saat itu permainan tim yang menyerupai sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan di Inggris.

Karena bentuk awal sepak bola di Inggris ini jauh lebih kasar dan kejam daripada cara bermain sepak bola modern (seperti melibatkan pukulan bola dengan tinju, dan lain-lain), maka permainan ini sempat dilarang selama berabad-abad lamanya.

Selanjutnya pada tahun 1848, sebuah pertemuan dihelat di Cambridge untuk merumuskan aturan yang tepat untuk permainan sepak bola (kemungkinan agar sepak bola aman dimainkan). Akan tetapi, disebutkan kalau solusi akhir untuk semua pertanyaan tentang peraturan tidak tercapai.

15 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1863 di London, asosiasi sepak bola pertama dibentuk di Inggris. Pada waktu itu diputuskan bahwa membawa bola dengan tangan tidak lagi diizinkan. Selain itu, dihasilkan pula standarisasi ukuran dan berat bola yang digunakan.

Seiring berkembangnya olahraga sepak bola yang semakin populer di berbagai belahan dunia, semakin banyak pula peraturan yang diterapkan. Berikut adalah linimasa beberapa peraturan sepak bola yang kita kenal sekarang.

  • 1891: Tendangan penalti diperkenalkan.
  • 1913: FIFA menjadi anggota Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional Inggris.
  • 1970: Kartu merah dan kuning diperkenalkan pada putaran final Piala Dunia waktu itu.
  • 1992: Kiper dilarang melakukan operan kembali yang disengaja.
  • 1998: Tekel dari belakang menjadi penalti kartu merah

Hingga saat ini olahraga sepak bola terus mengalami perkembangan dari berbagai segi, khususnya yang berkaitan dengan teknologi.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai sejarah olahraga sepak bola dan negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola. Jadi, bisa disimpulkan kalau permainan sepak bola modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Sedangkan bentuk awal permainan sepak bola berasal dari Tiongkok, seperti yang FIFA pandang.

Dari berbagai sumber…

Baca juga yang ini

4 unek-unek

Fikri 6 Juni 2020 - 10:20 PM

Makasih infonya

Balas
Gurunakal 7 Juni 2020 - 6:03 AM

Sama-sama semoga membantu.

Balas
mebel jepara 10 September 2020 - 3:13 PM

hallo apakah artikel ini boleh saya jadikan ebook ? dan share secara gratis?

Balas
Gurunakal 11 September 2020 - 8:30 AM

Bahasan ini boleh dibagikan dan dijadikan sebagai rujukan dengan menyertakan sumber.

Balas

Tulis unek-unek