Negara yang Terletak di Bagian Selatan Malaysia

oleh Gurunakal

Kali ini Gurunakal.com akan membahas negara yang terletak di bagian selatan Malaysia dan kondisi singkat geografis Malaysia. Semoga bahasan ini bisa membantu kamu ya.


Profil Singkat Malaysia

Perbatasan Malaysia

Peta: Google

  • Ibu kota: Kuala Lumpur
  • Kemerdekaan: 31 Agustus 1957
  • Area: 330.803 km²
  • Penduduk: 32.772.100 (2019, estimasi)
  • Mata Uang: Ringgit (RM) (MYR)

Malaysia merupakan satu dari tiga negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan. Di pulau yang sama juga Malaysia dan Indonesia berbagi tanah dengan negara lainnya, yaitu Brunei Darussalam.

Negara ini terbagi menjadi dua kawasan, yaitu Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaya atau Malaysia dan Malaysia Timur yang terletak di Pulau Borneo (sebutan internasional) atau Kalimantan. Kedua wilayah Malaysia itu dipisahkan oleh perairan milik Indonesia, yaitu Laut Natuna Utara.

Selain dengan Indonesia dan Brunei, Malaysia juga berbagi perbatasan tanah dengan Thailand di Semenanjung Malaya. Sementara negara yang berbatasan laut dengan Malaysia adalah Singapura, Indonesia, Thailand, Brunei, Vietnam, dan Filipina.

Sebagai informasi, Malaysia merupakan negara paling selatan di area benua Eurasia (kawasan benua gabungan Eropa dan Asia). Adalah Tanjung Piai, sebuah tanjung di Distrik Pontian, Johor, Malaysia yang merupakan titik paling selatan dari Semenanjung Malaysia dan dengan demikian merupakan titik paling selatan dari daratan Eurasia.

Negara yang Terletak di Bagian Selatan Malaysia

Seperti yang telah disebutkan di atas, Malaysia berbagi perbatasan tanah maupun laut dengan beberapa negara. Sementara itu, terdapat dua negara yang terletak di bagian selatan Malaysia, yaitu Singapura dan Indonesia.

Singapura tepat berada di ujung Semenanjung Malaya. Selat Johor merupakan pemisah di antara kedua negara. Namun Malaysia terhubung ke Singapura oleh jalan lintas sempit dan jembatan.

Kawasan Malaysia Barat juga berbatasan dengan kawasan Indonesia bagian barat, tepatnya Pulau Sumatera dan kepulauan yang ada di sekitarnya. Selat Malaka merupakan pemisah antara Malaysia Barat dan Indonesia bagian barat.

Sementara itu, sebelah selatan Malaysia Timur juga berbatasan dengan wilayah Indonesia lainnya, yaitu Pulau Kalimantan bagian Indonesia. Tiga provinsi Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur adalah Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Kalimantan Utara.

Malaysia tidak bisa berlayar lurus dari barat ke timur karena kedua wilayahnya tersebut dipisahkan oleh perairan Indonesia, tepatnya Laut Natuna Utara.

Ada kabar kalau Pulau Dumai (Indonesia) dan Malaysia Barat akan terhubung dengan jembatan, yang disebut dengan Jembatan Selat Malaka sepanjang kurang lebih 42 km.

Namun, Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono disebutkan telah menolak permintaan dari Malaysia untuk mendukung pembangunan Jembatan Selat Malaka, karena hal itu akan memudahkan menipisnya sumber daya di Sumatera oleh Asia.

Keputusan tersebut memang dirasa tepat, karena kekayaan Pulau Sumatera dan sekitarnya bisa cepat habis terkuras untuk menyuplai kebutuhan-kebutuhan di dataran Asia! Bayangkan itu. Semoga kekayaan tanah Indonesia bisa mensejahterakan semua rakyatnya.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek