Negara-Negara yang Tidak Memiliki Sungai di Dunia

oleh Gurunakal

Sungai merupakan tempat mengalirnya air yang bersumber dari dataran tinggi yang kemudian berakhir di lautan lepas. Sumber air di dataran tinggi atau pegunungan tersebut bisa berasal dari air hujan atau es/salju/gletser yang mencair.

Karena mengalirkan air yang merupakan sumber kehidupan, banyak peradaban-peradaban maju yang lahir dekat sungai, seperti peradaban bangsa Mesir di lembah sungai Nil. Dengan demikian, sungai adalah satu tempat vital bagi berlangsungnya hidup banyak makhluk.

Mayoritas negara-negara di dunia saat ini wilayahnya dialiri oleh sungai, baik besar atau kecil. Namun adakah negara yang tidak memiliki sungai sama sekali? Tentu ada. Bahkan jumlahnya cukup banyak!

Lalu negara mana saja di muka Bumi ini yang tidak terdapat sungai? Berikut adalah jawaban lengkapnya.

1. Negara yang Terletak di Gurun Pasir

Peta Negara Arab

Peta Semenanjung Arab yang bergurun pasir luas
Sumber: Pixabay

Negara-negara yang terletak di kawasan gurun pasir banyak yang tidak memiliki sungai. Umumnya iklik di negara-negara ini adalah arid dan semi-arid yang memiliki curah hujan sedikit bahkan tidak hujan sama sekali sepanjang tahun.

Negara gurun tanpa sungai ini umumnya terletak di Timur Tengah. Negara terbesar tanpa sungai di kawasan ini adalah Arab Saudi. Negara-negara lainnya adalah Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Oman, Yamen, dan Qatar.

Mayoritas dari negara-negara ini memang memiliki dasar sungai yang mungkin pernah terisi air suatu waktu, namun mereka tidak memiliki sungai permanen yang dialiri air.

2. Negara Kepulauan

Kepulauan Maladewa

Kepulauan Maladewa dari atas
Sumber: Flickr

Bagaimana bisa negara kepulauan yang dikelilingi lautan tidak memiliki sungai? Ya, tentu ada. Umumnya negara kepulauan tanpa sungai ini mempunyai wilayah yang kecil dan datar sehingga tidak bisa membentuk sungai.

Walaupun curah hujan cukup tinggi di negara-negara kepulauan tanpa sungai ini, namun wilayahnya yang demikian tidak memungkinkan sungai untuk mengalir.

Negara kepulaun yang tidak memiliki sungai ini adalah Bahama, Malta, Maladewa, Nauru, dan Komoro. Di Malta kadang ada sungai saat hujan turun tapi itu bukanlah sungai permanen, jadi tetap dikategorikan negara tanpa sungai.

3. Negara Kepulauan Kluster

Kepulauan Marshall

Peta Kepulauan Marshall
Sumber: Wikipedia

Sebenarnya negara tanpa sungai yang ini bisa dikategorikan sebagai nomor dua, namun tetap dipisahkan karena adanya perbedaan. Bukan pulau-pulau yang membentuk negara -negara ini, tapi gugusan atol yang kecil dan tersebar di cakupan wilayah yang luas.

Atol-atol ini tentu saja tidak memungkinkan adanya sebuah sungai untuk mengalir secara permanen karena wilayahnya yang sangat kecil. Negara kluster seperti ini Kiribati yang memiliki 32 atol, Kepulauan Marshall dengan 29 atol, dan Tuvalu yang atolnya tersebar di wilayah seluas kira-kira 26 km2.

4. Negara dalam Negara

Kota Monako

Pemandangan Kota Monako
Sumber: Pixabay

Negara lainnya yang tidak memiliki sungai adalah negara yang terletak di dalam negara lain yang wilayahnya sangat kecil. Negara tanpa sungai seperti ini adalah Vatikan yang terletak di Italia dan Monako yang terdapat di wilayah Perancis.

Lalu bagaimana negara-negara tanpa sungai memiliki sumber air untuk keberlangsungan hidup warganya?

Negara-negara gurun tanpa sungai umumnya memiliki wadi sebagai sumber air sementara terutama saat musim hujan, tapi tetap kering untuk jangka waktu yang lebih lama. Pemerintah dari beberapa negara seperti Arab Saudi dan UEA berusaha untuk menyuling air laut agar bisa digunakan.

Lalu ada Monako yang sangat tergantung dengan air ledeng. Sedangkan negara-negara sisanya bergantung pada turunnya air hujan.

Itulah penjelasan detail mengenai negara-negara yang tidak mempunyai sungai di dunia ini. Jika merasa terbantu, mohon bagikan artikel ini. Terima kasih.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek