Olahraga yang Dimenangkan Pemain dengan Skor Terendah

oleh Gurunakal

Pertandingan atau permainan olahraga pada umumnya akan dimenangkan oleh pemain dengan skor tertinggi. Namun adakah jenis olahraga yang dimenangkan pemain dengan skor terendah? Tentu saja ada dan kita akan membahasnya di sini.

Jika kita bermain bulutangkis atau sepak bola, maka kita diharuskan untuk mencetak angka sebanyak mungkin dari lawan kita agar bisa menang.

Dalam bulutangkis misalnya, pemain yang pertama kali mencapai skor 21 maka dia memenangkan permainan, dengan syarat minimal selisih dua poin. Jika lawan berhasil membuntuti hingga skor 20, maka permainan harus dilanjutkan hingga selisih dua poin tercipta, kecuali pada batas skor maksimal, yaitu 30-29.

Lain halnya dengan olahraga sepak bola. Jika seorang pemain lebih terikat dengan skor, maka para pemain atau tim sepak bola lebih terikat dengan waktu. Mereka diberikan waktu 90 menit untuk bisa mencetak gol sebanyak mungkin. Dalam kondisi tertentu, penyelenggara memungkinkan untuk memberikan waktu tambahan hingga adu penalti untuk menentukan siapa pemenangnya.

Selain di bulutangkis dan sepak bola, penentuan pemenang dengan skor tertinggi juga terjadi di permainan olahraga lainnya, seperti bola voli, bola basket, tenis, dan lain sebagainya.

Namun ada yang unik dengan golf. Dalam olahraga ini pemain harus mencetak skor serendah mungkin agar dapat memenangkan pertandingan. Semakin kecil skor yang dicetak maka kemungkinan untuk menjadi pemenang menjadi sangat besar. Satu-satunya olahraga yang dimenangkan pemain dengan skor terendah adalah golf. Mari berkenalan lebih lanjut dengan golf di bawah ini.

Golf


Golf

Sumber: Pixabay

Golf merupakan permainan outdoor yang cukup populer di dunia, khususnya di kalangan masyarakat menengah ke atas. Olahraga berkelas ini pertama kali dimainkan pada abad ke-15 di Kerajaan Skotlandia. Dibutuhkan area khusus yang cukup luas untuk bisa bermain golf, yang disebut dengan padang golf atau golf course.

Umumnya padang golf adalah tempat yang hijau dan menyegarkan, sehingga bisa menjadi pemandangan tersendiri bagi pemain dan penonton. Selain itu, setiap padang golf juga memiliki desain unik yang berbeda, sehingga memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda pula.

Selain padang golf, seseorang membutuhkan peralatan wajib lainnya untuk bermain golf. Peralatan tersebut yaitu bola golf yang dirancang khusus (massa tidak lebih dari 45,93 gram dan diameter tidak kurang dari 42,67 mm), satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf), dan sebuah alat bernama tee atau pasak untuk menempatkan bola ketika hendak dipukul.

Inti dari permainan ini adalah memukul bola golf hingga berhasil masuk ke dalam lubang yang telah disediakan dengan sesedikit mungkin pukulan. Dalam satu padang golf kira-kira terdapat 8 hingga 18 lubang di mana setiap lubang memiliki dua jenis rintangan, yaitu rintangan air seperti sungai atau danau, dan bungker yang berupa cekungan berisi pasir.

Golf bukan hanya tentang latihan keras. Menurut Dr. Bob Rotella dalam situs GolfDigest, golf adalah permainan kepercayaan dan kompetensi. Ia mengatakan bahwa pemain yang tidak memiliki keterampilan fisik dapat berubah dalam semalam menjadi pemenang dengan mengubah pemikirannya.

Golf di Indonesia


Golf adalah salah satu cabang olahraga yang berkembang dan diminati masyarakat Indonesia. Di sejumlah wilayah kita bisa menemukan padang golf bertaraf internasional, seperti di Batam, Jakarta tentu saja, Bandung, Makasar, dan lain sebagainya. Meski belum banyak pegolf profesional Indonesia yang mampu bersaing di level dunia, namun Indonesia telah memiliki turnamen golf internasional yang menawarkan hadiah yang tidak sedikit.

Pada rangkaian Tur Asia tahun 2019, Indonesia menyelenggarakan dua turnamen golf yang dihelat di Jakarta. Kedua turnamen itu adalah Bank BRI Indonesia Open (29 Agustus – 1 September 2019 di Padang Golf Pondok Indah) dan BNI Indonesian Masters (12 Desember – 15 Desember 2019 di Klub Golf Royale Jakarta). Total hadiah yang ditawarkan oleh masing-masing turnamen adalah 500.000 dolar Amerika dan 750.000 dolar Amerika.

Skor dalam Golf


Golf adalah permainan yang unik. Dalam olahraga ini pemain dituntut untuk memasukkan bola ke dalam lubang dengan sesedikit mungkin pukulan per putarannya. Dengan demikian, pemain yang meraih skor paling kecil adalah pemenangnya. Bahkan golf juga mengenal skor minus!

Scoring dalam golf mungkin sedikit membingungkan bagi orang yang baru mengenal olahraga ini. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai hal ini, kamu bisa membuka situs GolfDigest dan mempelajari lebih lanjut mengenai olahraga ini. Bahkan tersedia pula majalah GolfDigest dalam bahasa Indonesia.


Nah, itulah bahasan singkat mengenai golf, olahraga yang dimenangkan pemain dengan skor terendah. Unik bukan? Bahkan disebutkan kalau golf-lah satu-satunya olahraga yang bekerja seperti ini, the one and only.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek