Panjang dan lebar lapangan bola voli adalah?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Panjang dan lebar lapangan bola voli adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Lapangan bola voli


Bola voli adalah olahraga yang membutuhkan lapangan yang cukup besar untuk bisa dimainkan. Lapangannya bisa berada di dalam ruangan (indoor) atau bisa di luar ruangan (outdoor).

Permainan bola voli dalam kompetisi resmi harus diadakan di dalam ruangan (disebut indoor volleyball). Sedangkan kompetisi bola voli resmi yang diadakan di luar ruangan adalah bola voli pantai atau beach volleyball.

Lalu berapa ukuran lapangan bola voli dalam ruangan?

Menurut FIVB (Fédération Internationale de Volleyball atau Federasi Bola Voli Internasional), panjang dan lebar lapangan bola voli adalah 18 x 9 meter. Lapangan harus dikelilingi oleh zona bebas yang memiliki lebar minimal 3 meter di semua sisi.

Mengapa zona bebas wajib ada pada lapangan bola voli? Karena voli adalah permainan yang ‘melebar’. Maksudnya?

Jadi, saat reli berlangsung, bola hidup yang dipukul pemain bisa saja keluar dari garis lapangan sedangkan bola hidup tersebut masih sah untuk dipukul dan dioper ke pemain lain.

Nah, tak jarang pemain akan mengejar bola tersebut bahkan hingga beberapa meter dari garis lapangan agar mereka bisa melanjutkan reli dan berkesempatan untuk memenangkan poin.

Bahkan untuk standar FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, zona bebas harus berukuran 5 meter dari garis samping dan 6,5 meter dari garis ujung.

Jika kamu pernah menonton pertandingan bola voli profesional, pasti kamu menerima alasan mengapa zona bebas itu wajib.

Pelajari juga


Referensi


  1. “Official Volleyball Rules 2017-2020.” FIVB (dalam bahasa Inggris). Diakses 23 Juni 2021. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek