Papua Nugini Adalah Negara yang Berbatasan dengan Indonesia di Sebelah?

oleh gurunakal.com

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Papua Nugini adalah negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah?” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini. Bila perlu, bagikan bahasan ini kepada teman-teman sekelasmu.


Negara kita adalah negara yang sangat luas. Meski terdiri dari ribuan pulau, Indonesia tetap memiliki beberapa perbatasan darat dengan sejumlah negara. Salah satunya dengan Papua Nugini di bagian timur. Bagi Papua Nugini, Indonesia adalah satu-satunya negara yang berbagi batas darat.

Papua Nugini Adalah Negara yang Berbatasan dengan Indonesia di Sebelah

Lokasi Papua Nugini di globe
Sumber: Wikipedia

Indonesia dan Papua Nugini berbagi Pulau Papua yang hampir sama ukurannya. Sebelum kemerdekaan, Pulau Papua yang sekarang menjadi bagian Indonesia dikontrol oleh Belanda, sedangkan bagian timurnya yang sekarang milik Papua Nugini masing-masing dikontrol oleh Inggris (selatan) dan Jerman (utara).

Hingga saat ini, hubungan antara Indonesia dan Papua Nugini semakin kokoh dan terus meningkat. Kerjasama di antara kedua negara tidak hanya sebatas di bidang perbatasan saja, tetapi juga dikembangkan pada sektor ekonomi dan perdagangan yang saling menguntungkan kedua negara.

Profil Singkat Papua Nugini


Papua Nugini adalah negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah timur, tepatnya di Provinsi Papua. Berikut adalah profil singkat Papua Nugini yang harus diketahui.

  • Ibu kota (dan kota terbesar): Port Moresby
  • Kemerdekaan dari Australia: 1 Juli 1949 (UU Papua dan Nugini 1949), 16 September 1975 (dideklarasikan dan diakui)
  • Luas area: 462.840 km²
  • Jumlah penduduk (estimasi 2020): 8.935.000
  • Kepadatan penduduk: 15 per km²
  • Bahasa utama: Inggris, Tok Pisin, Hiri Motu
  • Mata uang: Kina (PGK)

Fakta Menarik Papua Nugini

Terdapat beberapa fakta menarik yang perlu diketahui dari negara tetangga kita ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Seperti halnya Indonesia, Papua Nugini juga terletak di kawasan tropis dan Cincin Api Pasifik, sehingga negara ini memiliki gelombang pasang, aktivitas vulkanik dan gempa bumi yang kadang disertai tsunami.
  • Sebagian masyarakat Papua Nugini sering bertandang ke Indonesia untuk berbelanja kebutuhan pokok, seperti ke Skouw, Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.
  • Garis perbatasan Indonesia dan Papua Nugini hampir 100% lurus dari utara ke selatan.
  • Meski jumlah penduduknya tergolong sedikit untuk ukuran wilayahnya yang besar, secara bahasa Papua Nugini adalah negara paling beragam di dunia, dengan lebih dari 700 bahasa asli.
  • Sekitar 80% penduduk Papua Nugini tinggal di daerah pedesaan dengan sedikit atau tanpa fasilitas kehidupan modern.
  • Banyak suku di pedalaman pegunungan yang terisolasi memiliki sedikit kontak satu sama lain, apalagi dengan dunia luar, dan hidup dalam ekonomi non-moneter bergantung pada pertanian subsisten.
  • Setelah diperintah oleh tiga kekuatan eksternal sejak 1884, Papua Nugini memperoleh kemerdekaannya dari Australia pada tahun 1975. Hingga kini Papu Nugini tetap menjadi wilayah Persemakmuran Yang Mulia Elizabeth II, Ratu Papua Nugini.
  • Puncak tertinggi di Papua Nugini adalah Gunung Wilhelm dengan ketinggian 4.509 meter di atas permukaan laut. Seperti di Puncak Jaya, Provinsi Papua, bagian paling tinggi di Papua Nugini juga mengalami mengalami hujan salju.

Nah, itulah sedikit bahasan mengenai Papua Nugini, negara tetangga kita di bagian timur. Untuk memperkaya wawasan, baca juga bahasan: Nama Perairan yang Mengelilingi Wilayah Negara Indonesia.

Referensi


  1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Papua Nugini Semakin Kokoh”. KabarPapua.co. Diakses 27 Juli 2020.
  2. Janur, Katharina (28 Juli 2019). “Menjaga Rupiah di Tapal Batas Negara”. Liputan6.com. Diakses 27 Juli 2020.
  3. Papua New Guinea” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 27 Juli 2020.
  4. Papua New Guinea country profile” (dalam bahasa Inggris). BBC News. Diakses 27 Juli 2020.
  5. Papua New Guinea facts for kids” (dalam bahasa Inggris). kids.kiddle.co. Diakses 27 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek