Penemuan Baru yang Berbeda dari Sebelumnya

oleh Gurunakal

Sebuah penemuan baru yang berbeda dari sebelumnya disebut dengan inovasi. Menurut KBBI Online, inovasi berarti penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik itu gagasan, metode, atau alat.

Asal Kata Inovasi


Inovasi merupakan sebuah serapan kata bahasa Inggris “innovation“. Kata “innovation” sendiri berasal dari kata kerja bahasa Latin “innovare“, yang artinya memperbaharui.

Penemuan Baru yang Berbeda dari Sebelumnya

Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

Inovasi tidak hanya diwakili oleh perangkat, ide, atau metode baru, tetapi juga oleh proses menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu. Ini juga dapat berkaitan dengan memodifikasi model bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk mencapai produk dan layanan yang lebih baik.

Inovasi dan Kreasi


Sebagian orang mungkin merasa bingung dalam membedakan inovasi dan kreasi (dari kata bahasa Inggris “creation” yang berarti penciptaan). Ini bisa terjadi karena kedua kata tersebut memiliki arti yang berdekatan.

Menurut kamus Merriam-Webster, istilah kreasi berarti memiliki kualitas atau kekuatan untuk menciptakan, dan merupakan tindakan membuat, menemukan, atau memproduksi.

Sedangkan inovasi, seperti yang telah disebutkan di atas, diartikan sebagai pengenalan akan sesuatu yang baru atau berbeda. Tindakan berinovasi mengarah pada pengenalan ide, perangkat, atau metode baru.

Singkatnya, kreativitas ditambah hasil kerja dalam inovasi. Oleh karena itu, menjadi inovatif berarti Anda memanfaatkan kemampuan kreatif Anda.

Kenapa Inovasi Itu Penting


Inovasi biasanya sering dikaitkan dengan perusahaan. Jika sebuah perusahaan tidak melakukan inovasi, maka sulit baginya untuk bersaing dengan perusahaan lain yang terus menerus berinovasi.

Ketika sebuah perusahaan memiliki budaya inovatif, ia akan tumbuh dengan mudah, terlepas dari kenyataan bahwa proses kreatifnya tidak selalu sederhana. Metode yang telah dicoba dan diuji mungkin dapat diandalkan, tetapi mencoba hal-hal baru adalah eksperimen yang berharga.

Inovasi tidak boleh berjalan satu langkah saja, namun harus terus berlanjut. Itu karena inovasi berkelanjutan sangat penting bagi semua perusahaan. Perbedaan utama terletak pada fokus strategi inovasi, yang sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Dr. Jens-Uwe Meyer, Direktur Pelaksana Innolytics dalam makalah ilmiahnya yang berjudul Strengthening Innovation Capacity Through Different Types of Innovation Culture mengatakan:

Meskipun inovasi selalu menjadi salah satu kekuatan pendorong dalam persaingan dan selalu menjadi dimensi persaingan utama, berbagai studi dan publikasi beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa kecepatan perubahan semakin meningkat.”

Hal ini menjadikan inovasi sebagai salah satu pendorong terpenting bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan. Karenanya, metode kolaborasi dan kerja tim semakin banyak digunakan di banyak perusahaan, misalnya untuk mempromosikan inovasi digital dan mengatasi tantangan perubahan digital.

Referensi


  1. Arti Kata Inovasi”. KBBI Online. Diakses 5 Februari 2021.
  2. Henderson, Theodore (2017). “Why Innovation Is Crucial To Your Organization’s Long-Term Success” (dalam bahasa Inggris). Forbes Coaches Council. Diakses 5 Februari 2021.
  3. What is Innovation?” (dalam bahasa Inggris). Innolytics AG. Diakses 5 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek