Peraturan Bola Voli Dasar yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Bagi yang menyukai olahraga ini, maka wajib mengetahui peraturan bola voli yang berlaku menurut Federasi Bola Voli Internasional selaku induk organisasi internasional olahraga bola voli dan voli pantai.

Peraturan Bola Voli Dasar

Bola Voli

Sumber: Wallpaper Flare

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan bermain yang dibagi dengan jaring. Tujuan permainan ini adalah untuk mengirim bola melewati jaring untuk menjatuhkannya di lapangan lawan, dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan.

Berikut ini adalah beberapa peraturan bola voli dasar seperti dilansir dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional.

  • Setiap tim yang terdiri dari enam pemain memiliki tiga pukulan untuk mengembalikan bola (di samping kontak blok).
  • Permainan dimulai dengan sebuah servis di mana bola dipukul oleh server melalui net ke lawan.
  • Reli berlanjut sampai bola mendarat di area permainan, keluar area permainan atau tim gagal mengembalikannya dengan benar.
  • Tim yang memenangkan reli mendapat skor satu poin. Sejak 1998, bola voli telah menggunakan sistem penilaian baru di mana tim mencetak poin di setiap reli (Rally Point System), terlepas dari tim mana yang melakukan servis. Sebelumnya, sebuah tim hanya bisa memenangkan satu poin jika melakukan servis bola. Memenangkan servis kembali dari lawan dikenal sebagai side-out.
  • Ketika tim penerima memenangkan reli, ia memperoleh poin dan hak untuk melakukan servis bola, dan para pemainnya berputar satu posisi searah jarum jam.
  • Hanya tiga pemain di posisi net yang bisa melakukan jump, spike, atau block di dekat jaring. Para pemain belakang hanya bisa memukul bola melewati jaring jika mereka melakukan jump dari belakang garis serang yang memisahkan bagian depan dan belakang lapangan.
  • Substitusi (pergantian pemain) diizinkan selama pertandingan.
  • Pertandingan dimainkan paling banyak dalam lima set. Empat set pertama dimainkan hingga 25 poin, dengan set terakhir dimainkan hingga 15 poin
  • Sebuah tim harus memenangkan satu set dengan dua poin. Tidak ada batas, jadi satu set berlanjut sampai salah satu tim mendapatkan keunggulan dua poin. Sebelumnya, semua set adalah 15 poin, dengan empat set pertama memiliki plafon 17 dan set terakhir membutuhkan setidaknya keunggulan pemenang dua poin.

Libero

Libero Bola Voli

Sumber: Wikimedia Commons

Pada tahun 1998, Federasi Bola Voli Internasional memperkenalkan peran spesialis baru: libero. Pemain ini mengenakan seragam berwarna berbeda dari anggota tim lainnya dan dapat digantikan di lapangan belakang untuk setiap pemain di tim.

Berikut adalah sejumlah peraturan dasar bagi pemain libero menurut Federasi Bola Voli Internasional dalam peraturan resmi bola voli 2017-2020 yang disahkan pada Kongres FIVB ke-35 Tahun 2016.

  • Pemain libero harus mengenakan seragam yang memiliki warna dominan berbeda dari warna seluruh anggota tim. Seragam harus jelas kontras dengan anggota tim lainnya. Seragam libero harus diberi nomor seperti anggota tim lainnya.
  • Libero diizinkan untuk mengganti pemain mana pun di posisi barisan belakang.
  • Libero dibatasi untuk tampil sebagai pemain baris belakang dan tidak diizinkan untuk menyelesaikan serangan pukulan dari mana saja (termasuk arena permainan dan zona bebas) jika pada saat kontak bola seluruhnya lebih tinggi
    dari bagian atas net.
  • Libero tidak boleh melakukan servis, memblokir, atau berusaha memblokir.
  • Seorang pemain mungkin tidak menyelesaikan serangan pukulan saat bola sepenuhnya lebih tinggi daripada bagian atas jaring, jika bola datang dari jari yang overhand melewati seorang libero di zona depannya. Bola bisa saja diserang dengan bebas jika libero melakukan tindakan yang sama dari luar zona depannya.

Jika pemain libero dikeluarkan dari lapangan atau didiskualifikasi, ia dapat segera digantikan oleh libero kedua tim. Jika tim hanya memiliki satu libero, maka ia memiliki hak untuk melakukan penunjukan ulang.

Glosarium


Berikut adalah pengertian beberapa istilah umum dalam permainan bola voli.

1. Servis

Servis dimulai setiap reli. Seorang pemain harus memukul bola dengan tangannya di atas jaring untuk mendarat di dalam garis lapangan. Pemain dapat melakukan servis underarm atau overarm (pemain tingkat elit umumnya hanya melakukan servis overarm, nyaris tidak ada yang menggunakan servis underarm). Servis yang populer adalah servis “jump” atau “spike“di mana pemain melompat dan menyervis bola saat mengudara.

Setiap pemain hanya mendapat satu kesempatan untuk melakukan servis. Servis dapat menyentuh jaring dan berlanjut ke lapangan lawan. Sebelum aturan ini diperkenalkan, sentuhan net pada servis mengakhiri reli dan poin diberikan kepada tim penerima. Ketika tim yang melakukan servis kehilangan reli, maka mereka kehilangan hak untuk melakukan servis. Tim penerima kemudian berputar satu posisi di lapangan.

2. Dig

Dig adalah operan lengan bawah yang digunakan untuk mengontrol bola dan meneruskannya ke setter di net. Ini biasanya kontak pertama oleh tim dan tembakan yang efektif untuk digunakan dalam pertahanan, seperti ketika menerima spike. Libero menangani sebagian besar penerimaan servis tim dan sangat penting dalam pertahanan backcourt.

3. Set

Set adalah operan overhead yang digunakan untuk mengubah arah dig dan menempatkan bola pada posisi yang baik untuk spiker. Set biasanya merupakan kontak kedua tim. Setting adalah pusat taktis bola voli.

4. Spike

Spike adalah ketika bola dipukul atau di-smash melintasi jaring. Ini adalah tembakan paling kuat di bola voli – dan cara paling efektif untuk memenangkan reli.

5. Block

Ini adalah garis pertahanan pertama dalam voli. Tujuan dari block adalah untuk menghentikan bola spike dari menyeberang jaring atau untuk menyalurkan spike ke para defender.

6. Rally Point System

Pada tahun 1998 FIVB juga mencoba beberapa sistem penilaian yang berbeda. Pada Kongres Sedunia pada Oktober 1998, FIVB meratifikasi “Rally Point System” di mana setiap reli sekarang akan mendapatkan poin.

Empat set pertama dimainkan hingga 25, tetapi tim yang menang harus unggul setidaknya dua poin. Set kelima dimainkan hingga 15 – dan sekali lagi pemenang harus memiliki margin dua poin. Sistem ini dirancang untuk membuat sistem penilaian lebih mudah diikuti dan permainan lebih cepat dan lebih menarik.

7. Rotasi

Masing-masing dari enam pemain dalam tim memutar posisi setelah memenangkan pengembalian servis dari lawan. Ini adalah kunci dari taktik bola voli indoor di mana kita tidak bisa begitu saja menjaga blocker dan spiker terbaik di net atau defender terbaik kita di backcourt.

Setelah melakukan servis dari posisi satu, pemain berputar ke posisi enam (tengah belakang), lalu posisi lima (kiri belakang), posisi empat (depan kiri), posisi tiga (depan tengah) dan posisi dua (depan kanan) sebelum kembali melakukan servis.

Sebuah tim harus berada dalam urutan rotasi yang benar sebelum servis dimainkan. Setelah bola diservis, para pemain dapat berpindah posisi, tetapi pemain backcourt tidak bisa bergerak ke net untuk mem-block atau men-spike. Mereka harus melakukan semua tindakan menyerang dari belakang garis serangan.

Aturan rotasi menjelaskan mengapa setter sering kali tampak “bersembunyi” di belakang para pemainnya sebelum satu poin. Setter harus berada dalam urutan rotasi yang tepat sebelum berlari ke net atau poin diberikan kepada lawan.


Catatan:

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek