Perlengkapan yang Diperlukan dalam Bermain Rounders Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Perlengkapan yang diperlukan dalam bermain rounders adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.


Rounders atau kasti adalah salah satu permainan tim yang cukup populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak sekolah. Biasanya anak-anak bermain rounders di lapangan sekolah mereka yang luas.

Selain seru dan menyenangkan karena dilakukan bersama teman-teman, bermain rounders disebutkan dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata, refleks, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memberikan latihan seluruh tubuh.

Selain itu, antara melempar, menangkap, berlari dan memukul yang kita lakukan dalam permainan rounders, kita mungkin menemukan diri kita membakar hingga 400 kalori dalam satu jam! Jadi, rounders bisa dibilang permainan yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh.

Perlengkapan Bermain Rounders


Perlengkapan yang diperlukan dalam bermain rounders adalah sebagai berikut:

1. Tongkat Pemukul

Perlengkapan yang diperlukan dalam bermain rounders adalah

Tongkat pemukul dalam rounders biasanya memiliki panjang maksimal 460 mm (46 cm) dan diameter 170 mm (17 cm). Tongkat ini umumnya berbentuk bulat mirip pentungan dan terbuat dari kayu. Namun ada juga tongkat pemukul rounders dari bahan aluminium, dan plastik.

Permukaan tongkat pemukul dari kayu harus tetap halus dan bebas dari serpihan dan kotoran. Saat disambung, sambungan dan ikatan apa pun harus kencang, kuat, dan aman.

Untuk tongkat pemukul dari aluminium, tutup dan pegangannya harus dipasang dengan baik dan tidak boleh kendor. Untuk tongkat pemukul dari plastik harus memiliki permukaan yang halus.

2. Bola

Pada tingkat dasar kita dapat menggunakan bola tenis untuk bermain, tetapi bola bundar regulasi harus memiliki lingkar antara 180 mm dan 200 mm dengan jahitan apa pun yang sejajar dengan sisa bola.

Bola bulat berwarna putih atau berwarna diperbolehkan dan harus dipertimbangkan saat menilai kondisi permainan. Bola berwarna dengan visibilitas tinggi dan fluoresens direkomendasikan dalam pencahayaan rendah.

Selama permainan, tongkat pemukul dan bola harus dijaga tetap kering untuk memastikan pegangan yang kuat dapat dipertahankan. Setelah bermain, peralatan basah harus dikeringkan secara perlahan dan disimpan di tempat yang kering.

3. Tiang

Tiang rounders harus dilengkapi dengan tutup pengaman. Mereka harus didukung oleh alas seperti karet dan tidak dipasang ke tanah. Tiang kayu harus dilapisi plastik.

Referensi


  1. Rounders Equipment Guide” (dalam bahasa Inggris). Big Game Hunters. Diakses 7 Maret 2021.
  2. Rounders Equipment & Kit” (dalam bahasa Inggris). Rounders England. Diakses 7 Maret 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek