Piala Thomas Cup Dipertandingkan Sekali Dalam?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Piala Thomas Cup dipertandingkan sekali dalam?”. Yuk baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Bagi yang hobi menonton pertandingan bulutangkis pasti sudah tidak asing lagi dengan kejuaraan Piala Thomas atau Thomas Cup. Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara paling sukses di Piala Thomas hingga saat ini dengan 13 titel juara.

Piala Thomas Cup Dipertandingkan Sekali Dalam

Trofi Piala Thomas
Sumber: Badminton World Federation

Piala Thomas atau Kejuaraan Tim Dunia Putra pertama kali digelar pada tahun 1948-49. Ketika pertama kali dimulai, Piala Thomas berlangsung setiap tiga tahun dan ini adalah turnamen internasional utama pertama olahraga bulutangkis.

Gagasan untuk kompetisi sekaligus donasi trofi Piala Thomas dibuat oleh Presiden pertama Federasi Bulutangkis Internasional atau IBF – International Badminton Federation (kini Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF – Badminton World Federation), Sir George Thomas, pemain legendaris dengan 21 gelar kejuaraan All England dan administrator olahraga.

Kini, Piala Thomas Cup dipertandingkan sekali dalam dua tahun dan telah memasuki edisi ke-30 yang terakhir kali dihelat di Bangkok, Thailand pada tahun 2018 bersamaan dengan Piala Uber atau Uber Cup.

Edisi ke-31 Piala Thomas rencananya akan digelar di kota Aarhus, Denmark pada bulan Oktober 2020. Namun, jadwal itu belum pasti karena pandemi yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020.

Fakta-fakta Menarik Seputar Piala Thomas


Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Piala Thomas yang perlu diketahui.

  • Piala Thomas pertama digelar di Preston, Inggris dan juaranya adalah Malaya (sekarang Malaysia).
  • Indonesia adalah negara tersukses di Piala Thomas dalam hal raihan juara dengan 13 gelar, disusul oleh Tiongkok dengan 10 gelar, Malaysia 5 gelar, Denmark dan Jepang masing-masing 1 gelar.
  • Denmark adalah negara satu-satunya dari Eropa dan di luar Asia yang berhasil juara di Piala Thomas. Negara ini berhasil masuk ke putaran final sebanyak 9 kali, yang berarti 8 di antaranya adalah runner-up. (terbanyak kedua setelah Malaysia dengan 9 kali runner-up).
  • Denmark juga merupakan negara tersukses di Piala Thomas dalam hal masuk ke babak final Piala Thomas, yaitu sebanyak 30 kali, disusul oleh Indonesia dan Malaysia masing-masing 27 kali.
  • Final Piala Uber telah diadakan bersama dengan final Piala Thomas sejak 1984, dengan keduanya kemudian berlangsung dua tahun sekali.
  • Awalnya, Piala Thomas terdiri dari lima pertandingan tunggal dan empat pertandingan ganda, dengan beberapa pemain pemimpin tunggal bahkan diminta untuk memainkan empat pertandingan dalam dua hari!

Referensi


  1. Sukumar, Dev (12 Mei 2012). “Interesting facts about the Thomas and Uber Cup” (dalam bahasa Inggris). sportskeeda.com. Diakses 31 Juli 2020.
  2. Thomas Cup” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 31 Juli 2020.
  3. Thomas & Uber Cups” (dalam bahasa Inggris). Badminton World Federation. Diakses 31 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek