Posisi Geologi di Jepang yang Berada pada Ring of Fire Menyebabkan Wilayah Jepang?

oleh gurunakal.com

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Posisi geologi di Jepang yang berada pada Ring of Fire menyebabkan wilayah Jepang?”. Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Tahukah kamu kalau Indonesia dan Jepang memiliki kesamaan dalam beberapa hal? Contohnya adalah kedua negara sama-sama negara kepulauan. Selain itu, Indonesia dan Jepang juga sama-sama terletak di kawasan Ring of Fire.

Apa Itu Ring of Fire?


Ring of Fire atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik adalah zona yang sangat aktif secara seismik yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi Samudra Pasifik.

Posisi geologi di Jepang yang berada pada Ring of Fire menyebabkan wilayah Jepang

Zona Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik
Sumber: Wikimedia Commons

Zona ini membentang sepanjang 40.000 kilometer dan mencakup 452 gunung berapi. Alih-alih membentuk lingkaran, zona Ring of Fire lebih berbentuk seperti tapal kuda. Disebutkan kalau hampir 90 persen gempa bumi yang sering melanda dunia terjadi di zona ini.

Zona yang panjangnya hampir serupa dengan panjang keliling Bumi ini membentang dari ujung selatan Amerika Selatan, ke atas dan di sepanjang pantai Amerika Utara, melintasi Selat Bering dan turun melalui Jepang dan kemudian ke selatan ke Selandia Baru, melewati sebagian wilayah Indonesia tentu saja.

Beberapa bagian Indonesia yang dilalui oleh sabuk ini di antaranya adalah Pulau Sumatera dan sekitarnya, Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara hingga ke wilayah Maluku. Maka tak heran jika kita sering mendengar berita adanya gempa bumi yang terjadi di beberapa daerah di wilayah Indonesia yang disebutkan di atas.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Wilayah Jepang?


Sebagian besar gunung berapi aktif ditemukan di tepi barat Ring of Fire melalui kepulauan Jepang dan Asia Tenggara hingga Selandia Baru. Profesor Mark Quigley, seorang ahli di bidang gempa bumi dari Universitas Melbourne berkata kalau hal ini membuat wilayah Jepang lebih mungkin terpengaruh oleh gempa bumi daripada negara lain yang ada di zona Ring of Fire.

Negara Jepang berada di atas zona Ring of Fire dan memiliki lebih dari 100 gunung berapi. Profesor Quigley mengatakan kalau hal ini karena aktifitas lempeng Pasifik yang bergerak menuju Jepang setiap tahun, sehingga lempeng itu mensubduksi dan mencair dan itulah sumber gunung berapi tersebut.

Dengan demikian, posisi geologi di Jepang yang berada pada Ring of Fire menyebabkan wilayah Jepang sering dilanda gempa bumi. Bahkan, pada 11 Maret 2011, Jepang mengalami gempa bumi terkuat sepanjang sejarah negara beribu kota Tokyo ini.

Gempa bumi dengan magnitudo 9.0–9.1 tersebut melanda di bawah Samudra Pasifik Utara, 130 kilometer di timur Sendai, kota terbesar di wilayah Tohoku, bagian utara Pulau Honshu. Karena sangat kuat, gempa Tohoku menyebabkan tsunami dengan ketinggian hingga 40 meter, menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal mereka.

Referensi


  1. Mar 11, 2011 CE: Tohoku Earthquake and Tsunami”(dalam bahasa Inggris). National Geographic. Diakses 8 Agustus 2020.
  2. Luthfi, Ahmad (13 Oktober 2018). “Indonesia Dikepung Cincin Api, Ini Titik-Titik Rawan Gempa”. Okezone. Diakses 8 Agustus 2020.
  3. What is the Ring of Fire and how does it affect Japan?” (dalam bahasa Inggris). SBS News. Diakses 8 Agustus 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek