Provinsi Paling Barat di Pulau Jawa Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Provinsi paling barat di Pulau Jawa adalah?”Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar pengetahuan geografismu bertambah banyak.


Pada tahun 2000, Provinsi Jawa Barat yang beribu kota di Bandung mengalami pemekaran wilayah yang bernama Provinsi Banten. Dengan demikian, provinsi paling barat di Pulau Jawa adalah Provinsi Banten.

Provinsi Paling Barat di Pulau Jawa

Lokasi Provinsi Banten di Indonesia (warna merah) yang berada di bagian barat Pulau Jawa
Sumber: Wikipedia

Dengan luas 9.662,92 km persegi, Banten adalah provinsi terluas ke-29 di Indonesia atau urutan ke-5 dari bawah. Jumlah penduduk provinsi beribu kota Serang ini adalah 12.927.316 jiwa berdasarkan proyeksi tahun 2019.

Letak Geografis Provinsi Banten


Secara astronomis, Provinsi Banten terletak antara 05°07’50” dan 07°01’01” Lintang Selatan, serta 105°01’11” dan 106°07’12” Bujur Timur. Provinsi yang terkenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon dan wisata ziarahnya ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah selatan, Selat Sunda di sebelah barat, dan Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat di sebelah timur.

Terdapat empat wilayah yang membentu Provinsi Banten, terdiri dari empat kota dan empat kabupaten. Keempat kota Provinsi Banten yaitu Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sedangkan keempat kabupatennya adalah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Penduduk Provinsi Banten


Seperti halnya provinsi lain di Pulau Jawa, Provinsi Banten juga termasuk padat penduduk. Hampir 13 juta orang tinggal di Banten menurut proyeksi Badan Pusat Statistik Provinsi Banten untuk tahun 2019.

Dibagi luas wilayahnya yang kurang dari 10.000 km persegi, maka kepadatan penduduk Provinsi Banten ada di atas 1.000 orang per km persegi, atau tepatnya 1.338 jiwa per km persegi.

Dari jumlah total penduduknya, Provinsi Banten masih didominasi oleh laki-laki yang berjumlah 6,6 juta jiwa. Sedangkan penduduk perempuannya berjumlah 6,3 juta jiwa.

Fakta Menarik Tentang Banten


Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Provinsi Banten yang bisa Gurunakal sebutkan.

  • Bandara terbesar di Indonesia, yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kota Tangerang.
  • Di Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak hidup Suku Baduy yang terkenal ketat dalam mengikuti adat istiadatnya, khususnya masyarakat Baduy Dalam.
  • Di Provinsi Banten terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang di dalamnya hidup salah satu hewan eksotis yang hampir punah, yaitu Badak Jawa.
  • Wilayah Banten dulunya adalah sebuah kerajaan Islam yang bernama Kesultanan Banten. Maka tak heran jika di Banten banyak lokasi wisata ziarah yang sering dikunjungi orang-orang dari berbagai daerah, khususnya yang berdekatan dengan Banten.
  • Di Banten terdapat salah satu masjid tertua di Indonesia yang kini bernama Masjid Agung Banten. Masjid yang juga sering dikunjungi para peziarah ini dibangun pada tahun 1556 oleh putra pertama Sunan Gunung Jati sekaligus sultan pertama Kesultanan Banten yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570).

Referensi


  1. Masjid Agung Banten”. Wikipedia. Diakses 6 Agustus 2020.
  2. Provinsi Banten Dalam Angka 2020”. Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. Diakses 6 Agustus 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek