Sebutkan Sebuah Pulau di Australia Bagian Selatan!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Sebutkan sebuah pulau di Australia bagian selatan!” Untuk memperluas wawasanmu, ayo baca seluruh isi bahasan ini dengan seksama.


Australia bukanlah nama yang asing di telinga banyak orang Indonesia, karena letak negara ini tepat berada di selatan negara kita. Ya, Indonesia dan Australia bertetangga.

Australia memiliki daratan yang sangat luas, kurang lebih empat kali luas daratan Indonesia. Karena itu, Australia juga dianggap sebagai salah satu dari tujuh benua yang ada di permukaan Bumi.

Sebagaimana Indonesia, seluruh wilayah Australia dikelilingi oleh lautan. Australia juga memiliki pulau yang jumlahnya cukup banyak.

Nah, di bawah ini kita akan membahas beberapa pulau di Australia bagian selatan yang namanya cukup populer.

1. Pulau Tasmania

Tasmania adalah pulau terbesar milik Australia dan menjadi negara bagian ketujuh di negara beribu kota Canberra ini. Pulau Tasmania memiliki luas sekitar 64.519 km persegi, sedangkan luas seluruh wilayahnya diperkirakan mencapai 68.401 km persegi. Sementara itu, jumlah penduduk pulau ini sekitar 527.000 jiwa.

Dikenal karena pemandangannya yang menakjubkan dan serta taman alamnya yang indah, sekitar 42% pulau ini terdiri dari lahan yang dilindungi. Tasmania adalah daerah paling pegunungan di Australia dan menawarkan empat musim yang berbeda untuk dinikmati pengunjung sepanjang tahun.

Karena keindahan yang ditawarkannya, Tasmania adalah salah satu tujuan wisata populer di Australia. Tasmania juga memiliki beragam festival dan acara menarik, berkisar dari pertunjukan musik, pertunjukan perahu, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, meski letaknya masih cukup jauh dari benua Antartika, Tasmania juga menawarkan pengalaman untuk menikmati keindahan cahaya langit selatan atau Aurora Australis.

pulau di Australia bagian selatan

Kilauan cahaya langit selatan di Tasmania
Sumber: Wax Wings Photo (Lisensi Creative Commons)

Meski tidak sepopuler cahaya langit utara atau Aurora Borealis yang biasanya dinikmati wisatawan di Islandia atau Norwegia, menikmati cahaya langit selatan bisa menyuguhkan pengalaman baru yang berbeda. Dengan ongkos yang lebih murah dari Indonesia, tentu ini bisa menjadi pilihan awal sebelum berkunjung ke negara di Lingkaran Arktik.

Jika suatu saat kamu akan pergi menikmati tarian cahaya langit selatan yang indah di Tasmania, kamu harus memilih spot terbaik untuk melihatnya. Ini berarti kamu harus pergi semakin jauh ke selatan Tasmania.

South Arm Peninsula (40 km tenggara Hobart) dan Cockle Creek di ujung selatan Tasmania (120 km barat daya Hobart) disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk melihat Aurora Australis.

2. Pulau Kanguru

Pulau yang terletak di lepas pantai negara bagian Australia Selatan ini juga cukup populer di mata wisatawan. Dengan garis pantainya yang terjal, perairan yang sangat jernih, keajaiban alam dan satwa liar, Pulau Kanguru dikenal sebagai taman bermain alam di Australia.

pulau di Australia bagian selatan

Kanguru di Pulau Kanguru
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Dari segi ukuran, Pulau Kanguru ada di urutan ketiga setelah Pulau Tasmania dan Pulau Melville. Dengan panjang 155 kilometer dan lebar hingga 55 kilometer, pulau ini mencakup area seluas 4.416 kilometer persegi, dan dipisahkan dari daratan oleh hamparan lautan sepanjang 15 kilometer.

Pulau Kanguru dikenal dengan julukan ‘kebun binatang tanpa pagar. Itu karena di pulau ini kita bisa menjumpai banyak hewan liar langsung di habitatnya. Kanguru, singa laut, koala, echidna, wallabies, goannas, mamalia laut hingga beragam spesies burung hidup di pulau ini membentuk kawasan yang menantang untuk dieksplorasi.

3. Pulau Flinders

Lokasi Pulau Flinders (warna oranye)
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Pulau ini masih satu bagian dengan negara bagian Tasmania. Terletak di lepas pantai timur laut daratan Tasmania, Pulau Flinders menawarkan kedamaian dan ketenangan, keindahan alam dan banyak atraksi lokal, cocok dikunjungi oleh mereka yang ingin rehat sejenak dari rutinitas padat.

Flinders adalah pulau terbesar dari Grup Furneaux yang terdiri dari 52 pulau dan menawarkan berbagai pengalaman luar biasa – mulai dari berjalan-jalan di pantai yang indah dan panjang dan sepi dan perjalanan wisata yang santai hingga memancing, bermain golf, menyelam, dan bahkan mencari fosil ‘berlian Killiecrankie’.

Referensi


  1. About Kangaroo Island” (dalam bahasa Inggris). Kangaroo Island Tourism Food Wine and Beverage Association. Diakses 9 Desember 2020.
  2. Aurora Australis Southern Lights” (dalam bahasa Inggris). Tasmania.com. Diakses 9 Desember 2020.
  3. Kangaroo Island” (dalam bahasa Inggris). Southaustralia.com. Diakses 9 Desember 2020.
  4. Visit Tasmania – Explore Tasmania in Australia” (dalam bahasa Inggris). Tasmania.com. Diakses 9 Desember 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek