Pulau Manakah yang Paling Padat Penduduknya di Indonesia?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia?”. Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Bagi kita, berbicara mengenai pulau seakan tidak ada habisnya karena negara kita tercinta ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau di Indonesia yang mencapai 17.508 merupakan sebuah anugerah yang tidak ternilai harganya.

Pulau Manakah yang Paling Padat Penduduknya di Indonesia

Peta Indonesia
Sumber: Wikipedia

Di atas dan di dalam pulau-pulau Indonesia tersembunyi harta karun yang jika dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi jalan bagi Indonesia untuk menjadi negara maju dan adidaya. Hal itu juga didukung dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa.

Penduduk Indonesia yang terdiri dari ratusan suku bangsa tinggal di berbagai pulau dari ujung barat di Pulau Benggala hingga ujung timur di Pulau Papua. Namun, jumlah pulau Indonesia yang tidak berpenghuni masih banyak jumlahnya, sekitar 6.000 pulau.

Pulau yang Paling Padat Penduduknya di Indonesia


Di antara belasan ribu pulau itu, pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia? Jawabannya sudah pasti Pulau Jawa.

Menurut proyeksi penduduk Badan Pusat Statistik atau BPS untuk tahun 2020 (termasuk pulau-pulau yang masuk wilayah provinsi di Pulau Jawa), jumlah penduduk Pulau Jawa mencapai angka 152,4 juta jiwa, sehingga menjadikannya sebagai pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia.

Tidak hanya itu, Pulau Jawa juga mendapat predikat sebagai pulau yang paling padat penduduknya di dunia. Jika dipersentasekan ke dalam proyeksi penduduk Indonesia di tahun yang sama yang mencapai angka 271,1 juta jiwa, maka jumlah penduduk di Pulau Jawa merupakan 56% dari total penduduk di Indonesia.

Meskipun jumlah penduduknya sangat tinggi, Pulau Jawa merupakan pulau paling kecil di antara lima pulau utama Indonesia. Dengan demikian, kepadatan penduduk di Pulau Jawa sangat tinggi, yakni lebih dari 1.000 orang per kilometernya.

Pulau Indonesia yang paling padat penduduk selanjutnya adalah Pulau Sumatera. Proyeksi BPS pada tahun 2020 menunjukkan kalau Pulau Sumatera dihuni oleh sekitar 59,3 juta jiwa. Provinsi yang paling padat penduduknya di Pulau Sumatera adalah Provinsi Sumatera Utara dengan 14,7 juta jiwa.

Di urutan ketiga ada Pulau Sulawesi dengan jumlah penduduk sekitar 19,9 juta jiwa. Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah penduduk 8,9 juta menjadi provinsi terpadat di pulau yang berbatasan dengan negara Filipina ini.

Lalu ada Pulau Kalimantan dengan 16,8 juta penduduk dan Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara dengan 15 juta penduduk. Pulau Papua ada di urutan selanjutnya dengan 4,4 juta penduduk. Di urutan terakhir ada Kepulauan Maluku dengan jumlah penduduk sekitar 3,1 juta jiwa.

Catatan


  • Data di atas adalah proyeksi BPS. Menurut KBBI, proyeksi artinya perkiraan tentang keadaan masa yang akan datang dengan menggunakan data yang ada (sekarang). Dengan demikian, data proyeksi bisa saja tepat, bisa saja tidak. Namun, data proyeksi biasanya tidak berbeda jauh dengan data asli karena perhitungannya memiliki dasar yang kuat.
  • Jumlah penduduk untuk setiap pulau dan kepulauan di atas berarti termasuk pulau-pulau yang masuk wilayah provinsi di pulau atau kepulauan ia berada. Misal, jumlah penduduk Kepulauan Seribu masuk data penduduk Provinsi DKI Jakarta.
  • Pulau yang paling padat penduduknya berarti pulau yang memiliki jumlah penduduk paling tinggi. Bedakan dengan pulau dengan kepadatan penduduk paling tinggi yang dihitung berdasarkan jumlah penduduk yang tinggal per kilometer persegi wilayah.

Referensi


  1. Indonesia Facts and Figures” (dalam bahasa Inggris). Embassy of the Republic of Indonesia Washington DC. Diakses 4 Agustus 2020.
  2. Migiro, Geoffrey (6 Mei 2019). “Most Populated Islands in the World” (dalam bahasa Inggris). WorldAtlas. Diakses 4 Agustus 2020.
  3. Arti kata proyeksi”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 4 Agustus 2020.
  4. Proyeksi Penduduk menurut Provinsi, 2010-2035 (Ribuan)”. Badan Pusat Statistik. Diakses 4 Agustus 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek