Pulau yang Paling Sedikit Penduduknya di Indonesia

oleh Gurunakal

Artikel ini membahas informasi mengenai pulau yang paling sedikit penduduknya di Indonesia. Karena Indonesia memiliki belasan ribu pulau, baik yang sudah berpenghuni atau belum, maka pulau yang akan dibahas di sini adalah pulau-pulau besar atau utama saja.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Bentuk negara kita ini memanjang dari barat ke timur sejauh 5120 kilometer, sedangkan panjang dari utara ke selatan mencapai 1760 kilometer.

Luas daratan Indonesia sendiri mencapai 1,9 juta km persegi. Jika digabungkan dengan luas lautan pedalaman Indonesia, maka luas keseluruhan Indonesia lebih dari 5 juta km persegi! Bayangkan betapa luasnya negeri kita ini.

Luas Pulau Utama Indonesia

Indonesia memiliki lima pulau besar, yakni Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Di antara kelima pulau itu, Kalimantan menjadi pulau terbesar dan paling luas di Indonesia. Berikut adalah urutan pulau terbesar di Indonesia.

  • Pulau Kalimantan (548.005 km persegi)
  • Pulau Sumatra (473.481 km persegi)
  • Pulau Papua (459.412 km persegi)
  • Pulau Sulawesi (180.681 km persegi)
  • Pulau Jawa (138.794 km persegi)

Pulau-pulau lainnya yang lebih kecil dikelompokkan menjadi beberapa kepulauan, seperti Kepulauan Riau, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan masih banyak lagi kepulauan-kepulauan lainnya dari ujung barat ke ujung timur Indonesia.

Jumlah Penduduk Pulau Utama Indonesia

Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia juga dihuni oleh lebih dari 200 juta orang yang berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia merupakan negara terpadat keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat (data per 2019).

Lebih dari setengah penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, sehingga menjadikannya sebagai pulau terpadat di dunia. Berikut adalah urutan pulau terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya.

  • Pulau Jawa (139.448.718 / sensus tahun 2014)
  • Pulau Sumatra (47.010.000 / sensus tahun 2010)
  • Pulau Sulawesi (17.371.783 / sensus tahun 2010)
  • Pulau Kalimantan (15.320.017 / sensus tahun 2015)
  • Pulau Papua ( 4.363.869 / sensus tahun 2014)

Data di atas menunjukkan kalau Papua merupakan pulau besar yang paling sedikit penduduknya di Indonesia. Jika dibagi dengan luas wilayahnya yang besar, maka kepadatan penduduk di Pulau Papua adalah sekitar 10 orang per km persegi.

Data di atas juga menunjukkan kalau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia (juga di dunia). Jika dibagi dengan luas wilayahnya, kepadatan penduduk di Pulau Jawa lebih dari 1100 orang per km persegi.

Nah, itulah jawaban untuk pertanyaan pulau yang paling sedikit penduduknya di Indonesia (untuk lima pulau terbesar saja).

Indonesia merupakan negeri yang sangat indah dengan penduduk yang ramah-ramah dan beraneka ragam. Dunia sangat kagum dengan orang Indonesia karena mampu bersatu di tengah banyak perbedaan.

Ayo kita sama-sama jaga kesatuan negeri kita tercinta ini, tetap bersatu menjaga keberagaman yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga Indonesia tetap menjadi negeri yang aman sentosa, rakyatnya makmur, dan penuh keberkahan.

Catatan:

  • Indonesia juga berbagi daratan dengan negara Papua Nugini di Pulau Papua / New Guinea (sebutan dunia internasional). Luas total Pulau New Guinea adalah 785.753 km persegi (terluas kedua di dunia setelah Pulau Greenland)
  • Indonesia berbagi daratan dengan negara Malaysia dan Brunei di Pulau Kalimantan / Borneo (sebutan dunia internasional). Luas total Pulau Borneo adalah 748.168 km persegi (terluas ketiga di dunia setelah Pulau Greenland dan Pulau New Guinea).
  • Sebagai info tambahan, Indonesia juga berbagi daratan dengan negara Timor Leste di Pulau Timor.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek