Pulau Manakah yang Paling Sedikit Penduduknya di Indonesia?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?”. Yuk temukan jawabannya dengan membaca seluruh isi bahasan ini sekaligus untuk memperluas wawasan kamu (jangan lupa baca catatan di bawah agar tidak bingung).


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Bentuk negara kita ini memanjang dari barat ke timur sejauh 5.150 kilometer dan terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik di Asia Tenggara.

Pulau Manakah yang Paling Sedikit Penduduknya di Indonesia

Peta Provinsi Indonesia
Sumber: Wikimedia Commons

Luas daratan Indonesia sendiri mencapai 1,9 juta km persegi. Jika digabungkan dengan luas lautan pedalaman Indonesia, maka luas keseluruhan Indonesia lebih dari 5 juta km persegi! Bayangkan betapa luasnya negeri kita ini.

Luas Pulau Utama Indonesia


Indonesia memiliki lima pulau besar, yakni Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Di antara kelima pulau itu, Kalimantan menjadi pulau terbesar dan paling luas di Indonesia. Berikut adalah urutan pulau terbesar di Indonesia.

  1. Pulau Kalimantan (539.460 km persegi)
  2. Pulau Sumatra (473.606 km persegi)
  3. Pulau Papua (421.981 km persegi)
  4. Pulau Sulawesi (189.216 km persegi)
  5. Pulau Jawa (132.107 km persegi)

Pulau-pulau lainnya yang lebih kecil dikelompokkan menjadi beberapa kepulauan, seperti Kepulauan Riau, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan masih banyak lagi kepulauan-kepulauan lainnya dari ujung barat ke ujung timur Indonesia.

Jumlah Penduduk Pulau Utama Indonesia


Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia juga dihuni oleh lebih dari 267 juta orang yang berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia merupakan negara terpadat keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat (data per 1 Juli 2020).

Lebih dari setengah penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, sehingga menjadikannya sebagai pulau terpadat di dunia. Berikut adalah urutan pulau terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya menurut proyeksi Badan Pusat Statistik atau BPS untuk tahun 2020 (dalam ribuan).

  1. Pulau Jawa: 152.449,90
  2. Pulau Sumatra: 59.337,10
  3. Pulau Sulawesi: 19.934,00
  4. Pulau Kalimantan: 16.769,70
  5. Pulau Papua: 4.417,20

Data di atas menunjukkan kalau Papua merupakan pulau besar yang paling sedikit penduduknya di Indonesia. Jika dibagi dengan luas wilayahnya yang besar, maka kepadatan penduduk di Pulau Papua adalah sekitar 10 orang per km persegi.

Data di atas juga menunjukkan kalau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia (juga di dunia). Jika dibagi dengan luas wilayahnya, kepadatan penduduk di Pulau Jawa lebih dari 1100 orang per km persegi.

Catatan


  • Data yang ditampilkan di atas adalah proyeksi (perkiraan tentang keadaan masa yang akan datang dengan menggunakan data yang ada) Badan Pusat Statistik Tahun 2020. Namun data tersebut dapat dijadikan pijakan kuat karena memiliki dasar yang kuat.
  • Data di atas hanya untuk lima pulau utama saja, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
  • Angka yang ditampilkan termasuk pulau-pulau di sekitar pulau utama yang masuk ke dalam wilayah provinsi-provinsi di pulau tersebut. Sebagai contoh, Pulau Nias masuk wilayah Provinsi Sumatera Utara, dengan demikian data pulau tersebut masuk ke Pulau Sumatera.

Informasi Tambahan


  • Indonesia berbagi daratan dengan negara Papua Nugini di Pulau Papua / New Guinea (sebutan dunia internasional). Luas total Pulau Papua (bagian Indonesia dan bagian Papua Nugini) adalah 785.753 km persegi (terluas kedua di dunia setelah Pulau Greenland)
  • Indonesia berbagi daratan dengan negara Malaysia dan Brunei di Pulau Kalimantan / Borneo (sebutan dunia internasional). Luas total Pulau Kalimantan adalah 748.168 km persegi (terluas ketiga di dunia setelah Pulau Greenland dan Pulau Papua).
  • Indonesia juga berbagi daratan dengan negara Timor Leste di Pulau Timor.

Pesan dan Kesan


Indonesia merupakan negeri yang sangat indah dengan penduduk yang ramah-ramah dan beraneka ragam. Dunia sangat kagum dengan orang Indonesia karena mampu bersatu di tengah banyak perbedaan.

Ayo kita sama-sama jaga kesatuan negeri kita tercinta ini, tetap bersatu menjaga keberagaman yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga Indonesia tetap menjadi negeri yang aman sentosa, rakyatnya makmur, dan penuh keberkahan.

Referensi


  1. Arti kata proyeksi”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 4 Agustus 2020.
  2. Indonesia Facts and Figures” (dalam bahasa Inggris). Embassy of the Republic of Indonesia Washington DC. Diakses 4 Agustus 2020.
  3. Migiro, Geoffrey (6 Mei 2019). “Most Populated Islands in the World” (dalam bahasa Inggris). WorldAtlas. Diakses 4 Agustus 2020.
  4. Proyeksi Penduduk menurut Provinsi, 2010-2035 (Ribuan)”. Badan Pusat Statistik. Diakses 4 Agustus 2020.
  5. Top 10 Most Populous Ccountries (July 1, 2020)” (dalam bahasa Inggris). U.S. Census Bureau Current Population. Diakses 4 Agustus 2020.

Baca juga yang ini

8 unek-unek

Asyifa 29 Juli 2020 - 10:46 AM

Kok gak ada pendulum yang paling sedikit sign😐😐😐

Balas
Gurunakal 29 Juli 2020 - 1:05 PM

Pendulum apa Kak?

Balas
Muhammad Iqbal 3 Agustus 2020 - 8:49 AM

Jadi pulau apa yg paling sedikit?

Balas
Gurunakal 3 Agustus 2020 - 11:26 AM

Karena bahasannya hanya untuk pulau utama saja, jadi pulau yang paling sedikit penduduknya berdasarkan data di atas adalah Pulau Papua Kak.

Balas
Rifka 13 Agustus 2020 - 10:38 AM

mksh..

Balas
Anisa Bahira 4 September 2020 - 8:58 AM

Jadi, jawaban nya t pulau Papua ya??

Balas
Gurunakal 4 September 2020 - 9:21 AM

Karena ini hanya membahas penduduk pulau-pulau utama saja, maka jawabannya Papua.

Balas
Lihat lihat yuu 7 Desember 2020 - 9:48 AM

Oo maknya aku cari cari pulau paling sedikit gada😶

Balas

Tulis unek-unek