10 Rute Penerbangan Terjauh di Dunia yang Melelahkan

oleh Gurunakal

Jika kamu seorang traveler, pasti kamu tidak asing lagi dengan rute-rute penerbangan terjauh yang memakan banyak waktu karena jarak tempuh yang sangat jauh. Selain melelahkan, penerbangan dengan rute ribuan kilometer itu akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Dari Jakarta kamu mungkin pernah terbang langsung secara non-stop ke beberapa kota di Eropa seperti London, Inggris atau Amsterdam, Belanda.

Pesawat Terbang

Sumber: Pixabay

Jarak terbang antara ibu kota negara kita dengan kedua kota itu memang sangatlah jauh. Akan tetapi, masih ada lagi penerbangan-penerbangan nonstop di dunia ini yang lebih lama dan panjang. Penerbangan apa sajakah? Yuk langsung cek saja di bawah ini.

1. Singapura – Newark / 18 Jam 45 Menit

Penerbangan non-stop terpanjang dan terlama di dunia yang pertama adalah penerbangan dari Singapura ke Newark, New Jersey, Amerika Serikat. Penerbangan tersebut menempuh jarak sekitar 16.700 km! Waktu yang dibutuhkan untuk penerbangan terpanjang itu adalah 18 jam 45 menit.

Perusahaan penerbangan yang melayani rute non-stop terlama itu adalah Singapore Airlines. Jadi, jika kamu ingin merasakan bagaimana terbang di udara selama itu, silahkan pergi dulu ke Singapura lalu langsung berangkat ke Newark.

2. Auckland – Doha / 18 Jam 30 Menit

Penerbangan non-stop kedua yang paling lama dan panjang di dunia adalah penerbangan dari kota Auckland di Selandia Baru ke kota Doha di Qatar. Penerbangan itu akan memakan waktu sekitar 18 jam 30 menit.

Jarak tempuh untuk sekali terbang dari kedua kota di beda benua itu adalah 14.534 km. Sedangkan perusahaan penerbangan yang melayani rute Timur Tengah ke Oseania itu adalah Qatar Airways.

3. Houston – Sydney / 17 Jam 30 Menit

Yang ketiga ada penerbangan dari kota Houston, Amerika Serikat ke Sydney, Australia. Rute penerbangan antara benua Amerika dan Australia ini berjarak sekitar 13.800 km.

Jika kamu adalah salah satu penumpang pesawat United Airlines yang melayani rute tersebut, maka kamu harus siap-siap untuk berada di udara selama kurang lebih 17 jam 30 menit.

4. Perth – London-Heathrow / 17 Jam 20 Menit

Penerbangan dari ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth ke ibu kota kerjaaan Inggris, London ini akan memakan waktu selama 17 jam dan 20 menit. Jarak penerbangan yang harus dilalui adalah sekitar 14.499 km.

Qantas Airways adalah satu-satunya perusahaan penerbangan yang melayani rute ini. Bandar udara di kota London yang dituju adalah Bandara Heathrow.

5. Los Angeles – Singapura / 17 Jam 20 Menit

Yang kelima adalah penerbangan dari kota Los Angeles ke Singapura. Penerbangan yang dilayani oleh United Airlines ini berjarak sekitar 14.000 km. Sedangkan untuk waktu tempuhnya adalah 17 jam dan 20 menit.

6. Auckland – Dubai / 17 Jam 15 Menit

Selain ke Doha, Qatar, ternyata ada juga penerbangan dari Auckland ke Dubai di Uni Emirat Arab. Sebagai informasi, Doha dan Dubai adalah kota yang terletak di Timur Tengah dan berjarak tidak begitu jauh satu sama lain.

Penerbangan yang berjarak 14.200 km dengan waktu perjalanan 17 jam 15 menit ini dilayani oleh salah satu maskapai ternama di dunia, yaitu Emirates.

7. San Francisco – Singapura / 17 Jam 5 Menit

Selanjutnya ada kota lain di Amerika Serikat yang punya jadwal terbang ke Singapura. Penerbangan dari San Francisco ke Singapura ini berjarak sekitar 13.593 km dan kamu akan berada di pesawat selama 17 jam 5 menit.

Ada dua maskapai yang melayani rute ini, yaitu Singapore Airlines dan United Airlines.

8. Los Angeles – Jeddah / 16 Jam 55 Menit

Jika kamu pernah umroh atau berhaji, pasti kamu kenal dengan kota Jeddah. Ya, Jeddah adalah salah satu kota utama di Arab Saudi dan menjadi salah satu gerbang masuk bagi jamaah haji dan umroh dari seluruh dunia.

Penerbangan dari kota Los Angeles di Amerika Serikat ke kota Jeddah ini memakan waktu sekitar 16 jam 55 menit. Jarak tempuhnya adalah 13.409 km. Dan maskapai yang melayani rute ini adalah Saudi Arabian Airlines.

9. Johannesburg – Atlanta / 16 Jam 40 Menit

Satu-satunya kota di Afrika yang masuk daftar ini adalah Johannesburg di Afrika Selatan. Kota itu memiliki jadwal penerbangan ke Atlanta, Amerika Serikat dengan jarak tempuh 13.582 km dan waktu selama 16 jam dan 40 menit.

Delta adalah maskapai yang melayani rute kedua kota antar benua tersebut.

10. Abu Dhabi – Los Angeles / 16 Jam 30 Menit

Yang terakhir adalah penerbangan dari ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi ke kota Los Angeles. Jarak terbang di antara kedua kota itu adalah 13.502 km. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk melintas di udara adalah 16 jam 30 menit. Maskapai yang melayani rute ini adalah Etihad Airways.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek