Salah Satu Pelabuhan yang Terdapat di Provinsi Sumatera Barat Adalah Pelabuhan?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawa pertanyaan “Salah satu pelabuhan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat adalah pelabuhan?” Untuk memperluas wawasan, mari baca seluruh isi bahasan menarik ini.


Pertanyaan

Pertanyaan di atas adalah sebuah pilihan ganda. Jawaban yang tersedia untuk dipilih adalah:

A. Teluk Bayur

B. Bakauheni

C. Tanjung Emas

D. Gilimanuk

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.


Bahasan

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Padang, Teluk Bayur adalah salah satu pelabuhan yang terletak di Kota Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu pelabuhan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat adalah pelabuhan

Pemandangan Pelabuhan Teluk Bayur dari udara
Sumber: padang.go.id

Pelabuhan Teluk Bayur adalah salah satu ikon Kota Padang yang sudah melegenda. Pelabuhan ini sebelumnya bernama Emmahaven yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda antara tahun 1888 sampai 1893.

Pemerintah Kota Padang menyebutkan kalau Pelabuhan Teluk Bayur pernah menjadi salah satu dari lima pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia pada masa Perang Dunia II.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya Singapura sebagai pelabuhan transit, Selat Malaka menjadi jalur pelayaran yang penting. Hal ini mengakibatkan turunnya aktivitas perdagangan di Teluk Bayur.

Sekarang Pelabuhan Teluk Bayur berfungsi sebagai pintu gerbang antar pulau serta pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor dari dan ke Provinsi Sumatra Barat.

Selain Teluk Bayur, Kota Padang juga memiliki pelabuhan lain bernama Pelabuhan Muaro. Meski tidak sebesar dan seramai Pelabuhan Teluk Bayu, Pelabuhan Muaro termasuk pelabuhan yang bersejarah.

Disebutkan kalau Pelabuhan Muaro telah mulai digunakan sejak abad ke-17, seiring dengan kedatangan bangsa Belanda ke Kota Padang. Hingga saat ini, pelabuhan yang berada tidak jauh dari kawasan Kota Tua di Kota Padang masih memiliki cukup banyak bangunan yang masih terjaga keorisinilan fisiknya.

Saat ini Pelabuhan Muaro umumnya digunakan sebagai area parkir oleh sejumlah kapal ikan dan titik pergi dan datang kapal serta boat Padang – Mentawai. Pelabuhan Muaro juga menjadi salah satu kawasan wisata di Kota Padang karena menawarkan pemandangan alam yang indah.


Kesimpulan

Saat ini kamu sudah mengetahui kalau salah satu pelabuhan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat adalah Pelabuhan Teluk Bayur. Lalu bagaimana dengan tiga jawaban lainnya? Di mana mereka berada?

Bekauheni. Ini adalah salah satu pelabuhan utama di Provinsi Lampung yang menjadi pintu masuk utama ke Pulau Sumatera melalui jalur air. Kapal-kapal penumpang dan barang dari Pelabuhan Merak di Provinsi Banten menuju Provinsi Lampung akan berlabuh di Pelabuhan Bekauheni.

Tanjung Emas. Ini adalah satu-satunya pelabuhan yang terdapat di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Pelabuhan ini telah ada sejak abad ke-16. Di masa kolonial, pelabuhan ini dikembangkan untuk prasarana ekspor hasil bumi (terutama gula) oleh pemerintah Belanda. Itu karena menjelang akhir abad ke-19, Jawa telah menjadi penghasil gula nomor dua di dunia setelah Kuba.

Gilimanuk. Ini adalah satu pelabuhan utama di Pulau Bali. Penduduk dari Pulau Jawa yang akan berkunjung ke Pulau Dewata melalui jalur laut akan tiba di Pelabuhan Gilimanuk dari Pelabuhan Ketapang di Banywangi, Provinsi Jawa Timur.


Referensi

  1. Bandara dan Pelabuhan di Kota Padang”. padang.go.id. Diakses 26 November 2020.
  2. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang”. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah. Diakses 26 November 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek