Sebutkan 4 macam gaya renang dan jelaskan!

oleh Gurunakal

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Sebutkan 4 macam gaya renang dan jelaskan!” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.


Renang adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Selain sebagai rekreasi, renang juga telah dijadikan olahraga kompetisi sejak lama.

Badan dunia yang mengatur jalannya olahraga renang adalah FINA (Fédération Internationale de Natation, bahasa Indonesia: Federasi Renang Internasional).

Selain renang, FINA juga mengontrol olahraga akuatik lainnya, yaitu menyelam, polo air, renang artistik, dan renang perairan terbuka.

Macam-macam Gaya Renang


Terdapat 4 macam gaya renang yang umum diketahui, yaitu renang gaya bebas / crawl, renang gaya kupu-kupu, renang gaya punggung, dan renang gaya dada.

1. Gaya Bebas

Gaya bebas berarti perenang dapat berenang dengan gaya apa pun dalam nomor pertandingan yang ditentukan. Kecuali dalam nomor individual medley atau medley relay, gaya bebas berarti gaya apa pun selain gaya punggung, gaya dada, atau gaya kupu-kupu.

Dalam aturannya, beberapa bagian dari perenang harus menyentuh dinding kolam setelah menyelesaikan setiap panjang dan pada finish.

Selain itu, beberapa bagian dari perenang harus memecahkan permukaan air selama perlombaan, kecuali perenang diperbolehkan untuk tenggelam sepenuhnya selama giliran dan untuk jarak tidak lebih dari 15 meter setelah start dan setiap giliran. Pada saat itu, kepala pasti telah memecahkan permukaan.

2. Gaya Punggung

Gaya punggung adalah gaya renang di mana perenang telentang melakukan tendangan kepakan dan memutar lengan secara bergantian ke belakang.

Dalam buku panduan FINA disebutkan bahwa pada aba-aba untuk memulai dan setelah berbelok, perenang harus mendorong dan berenang dengan punggungnya sepanjang perlombaan kecuali pada saat melakukan putaran.

3. Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu adalah gaya renang dilakukan dalam posisi tengkurap di mana kedua lengan diangkat secara bersamaan dari air dan dilemparkan ke depan, dikombinasikan dengan tendangan lumba-lumba. Gaya kupu-kupu dikenal juga sebagai gaya lumba-lumba karena gerakan kakinya.

4. Gaya Dada

Gaya dada adalah gaya renang yang dilakukan dalam posisi tengkurap di mana kedua tangan bergerak secara bersamaan ke depan, ke luar dan ke belakang dari depan dada, dan kaki bergerak seperti katak. Karena hampir sama dengan gerakan kaki katak, gaya renang ini juga sering disebut sebagai gaya katak.

Lihat Juga


Referensi


  1. FINA Swimming Records.” FINA. Diakses 19 Juni 2021.
  2. Swimming History and Presentation.” FINA (dalam bahasa Inggris). Diakses 19 Juni 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek