Sebutkan Benua yang Berdekatan dengan Wilayah Indonesia!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Sebutkan benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia!”. Meskipun jawabannya sangat mudah, namun kamu perlu membaca bahasan yang menarik ini agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Seperti kita ketahui kalau Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Wilayah Indonesia yang berpulau-pulau membuatnya tidak memiliki batas tanah secara langsung dengan daratan benua yang luas.

Secara geografis Indonesia masuk ke dalam wilayah benua Asia, tepatnya Asia Tenggara. Indonesia juga berbagi tanah dengan beberapa negara lainnya, seperti dengan Malaysia dan Brunei di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua, dan dengan Timor Leste di Pulau Timor.

Benua yang Berdekatan dengan Wilayah Indonesia


Jika ada pertanyaan “Sebutkan benua yang paling berdekatan dengan wilayah Indonesia!”, maka jawabannya cukup mudah, yaitu benua Asia dan benua Australia. Daratan utama benua Asia mengapit Indonesia dari arah utara, sedangkan benua Australia mengapitnya dari arah selatan.

Sebutkan Benua yang Berdekatan dengan Wilayah Indonesia

Sumber: Pixabay

Bagian daratan utama benua Asia yang paling dekat dengan Indonesia adalah Semenanjung Malaya yang dipisahkan oleh Selat Malaka. Wilayah yang merupakan bagian negara Malaysia itu dapat digapai dengan perjalanan air dan udara dari Indonesia, utamanya dari pelabuhan dan bandar udara di Pulau Sumatera dan pulau-pulau di sekitarnya.

Lalu bagaimana dengan benua Australia? Indonesia dan benua Australia dipisahkan oleh Laut Arafura dan Laut Timor. Kami belum mengetahui secara pasti bagian wilayah benua Australia mana yang paling dekat dengan Indonesia.

Tapi jika kita melihat peta dengan seksama, Semenanjung Cape York bisa jadi merupakan wilayah di utara benua Australia yang paling dekat dengan Indonesia (Provinsi Papua).

Negara yang Berdekatan dengan Wilayah Indonesia

Di atas telah disebutkan bahwa Indonesia berbatasan secara langsung dengan beberapa negara. Itu artinya akses ke negara tersebut tergolong mudah dan bisa digapai dengan jalur darat. Lalu, negara mana saja yang paling berdekatan dengan wilayah Indonesia? Berikut adalah daftarnya.

1. Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki dua wilayah terpisah, yaitu Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang terletak di utara Pulau Kalimantan.

Indonesia berbagi pulau dengan Malaysia bagian timur di Pulau Kalimantan, sedangkan antara Indonesia dan Malaysia bagian barat dipisahkan oleh Selat Malaka.

Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam adalah batas wilayah Indonesia di sebelah utara.

2. Brunei

Brunei adalah sebuah negara kecil yang berbagi pulau dengan Indonesia di Pulau Kalimantan bagian utara. Antara Indonesia dan Brunei dipisahkan oleh wilayah Malaysia.

3. Papua Nugini

Papua Nugini adalah negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah timur, tepatnya di Provinsi Papua. Salah satu yang unik di antara kedua negara adalah batas wilayahnya yang hampir 100% lurus dari utara ke selatan (petanya bisa dilihat di sini).

4. Singapura

Singapura adalah sebuah negara kecil yang terletak di selatan Semenanjung Malaya. Negara ini cukup dekat dengan Indonesia, khususnya Pulau Batam karena hanya dipisahkan oleh Selat Singapura. Negara ini bahkan bisa dilihat secara langsung dari Pulau Batam.

5. Filipina

Filipina adalah negara kepulauan yang mirip dengan Indonesia. Negara ini terletak di utara Indonesia dan cukup dekat dengan Provinsi Sulawesi Utara. Indonesia dan Filipina dipisahkan oleh Laut Sulawesi yang dalam.

6. Australia

Australia adalah salah satu negara terluas di dunia yang menempati seluruh bagian benua Australia. Indonesia dan Australia dipisahkan oleh Laut Arafura, Laut Timor, dan Samudera Hindia untuk Pulau Natal dan Pulau Cocos yang merupakan bagian terluar dari negara ini.

7. Republik Palau

Negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik ini cukup dekat dengan Provinsi Maluku Utara (kira-kira berjarak 255 km ke arah timur) dan Papua Barat (kira-kira berjarak 200 km ke arah utara).

8. India

Daratan utama India memang cukup jauh dari Indonesia. Akan tetapi, India memiliki sebuah teritorial yang terletak di Laut Andaman, yaitu Kepulauan Andaman dan Nikobar yang dekat dengan Provinsi Aceh ke arah barat laut.

Nah, itulah benua dan beberapa negara yang wilayahnya berdekatan dengan wilayah Indonesia yang luas, memanjang ribuan kilometer dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek