Sebutkan Contoh Penggunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-hari!

oleh Gurunakal

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Sebutkan contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari!” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Hingga saat ini kita masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Sebagaimana kita ketahui, bahan bakar fosil menyebabkan polusi yang berdampak buruk pada lingkungan.

Bahan bakar fosil juga bukan energi terbarukan. Ini artinya kita tidak bisa memulihkan bahan bakar fosil saat semuanya habis digunakan. Maka dari itu, kita harus menggunakan sumber energi terbarukan yang tidak merusak lingkungan.

Salah satu energi terbarukan yang kini mulai banyak digunakan adalah energi matahari. Sebagai sumber energi terbarukan, energi matahari adalah bagian penting dari masa depan energi bersih kita.

Bagaimana Energi Matahari Dihasilkan?


Layaknya sebuah reaktor nuklir yang sangat besar, jauh di dalam inti Matahari, reaksi fusi nuklir menghasilkan sejumlah besar energi yang memancar keluar dari permukaan matahari dan ke luar angkasa dalam bentuk cahaya dan panas seperti yang kita rasakan.

Kita bisa merasakan langsung energi matahari pada tubuh kita. Namun kita membutuhkan bantuan teknologi agar kita bisa memanfaatkan energi matahari untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang dipakai untuk menangkap energi matahari adalah panel surya.

Panel surya biasanya berbentuk lembaran yang dipasang di atas bangunan yang terpancar sinar matahari secara langsung. Kemudian fotovoltaik atau pengumpul panas matahari pada panel tersebut mengubah sinar matahari menjadi listrik melalui proses elektronik dan dapat digunakan untuk memberi daya perangkat elektronik apa saja.

Penggunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-hari


Saat ini penggunaan panel surya masih terbatas. Salah satu alasannya adalah karena biaya pemasangan awal yang cukup mahal. Namun, panel surya tidak memerlukan banyak perhatian setelah kita memasangnya.

Sebutkan contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari

Rumah yang dipasangi panel surya.
Sumber: Wikimedia Commons

Dengan menggunakan panel surya kita bisa menghemat tagihan listrik kita. Selain itu, secara tidak langsung kita juga membantu menjaga lingkungan dari bahaya polusi.

Berikut ini adalah contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mendayai Rumah

Panel surya menyediakan energi untuk mendayai rumah kita. Kita dapat menggunakannya untuk menyalakan peralatan, kipas, mesin, komputer, atau bahkan seluruh bangunan.

2. Mengisi Daya Perangkat

Saat ini kita bisa menemukan pengisi daya panel surya yang mudah dibawa kemana-mana. Alat ini bisa sangat berguna saat kita sedang berkemah dan melakukan aktivitas di luar ruangan lainnya.

Pada siang hari yang cerah, kita bisa mengisi pengisi daya panel surya kita untuk selanjutnya kita gunakan untuk mengisi daya perangkat kita, seperti ponsel dan tablet.

3. Memasak

Panel surya juga bisa kita temui pada peralatan masak, seperti oven dan kompor surya. Pada hari-hari cerah, kita dapat dengan mudah memasak di luar tanpa harus menggunakan cara konvensional seperti listrik atau gas.

4. Pencahayaan Dalam dan Luar Ruangan

Salah satu kegunaan paling umum yang dimiliki energi matahari, adalah menggunakannya untuk penerangan, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Pengisi daya baterai dapat diisi pada siang hari saat ada sinar matahari dan dapat menggunakan energi yang tersimpan pada malam hari.

Kita bisa menemui hal semacam ini pada lampu-lampu jalanan dan lampu lalu lintas. Menggunakan lampu jalanan bertenaga matahari berarti pemerintah bisa menghemat banyak pengeluaran dalam jangka waktu lama.

5. Pemanas Air Tenaga Surya

Bagi yang tinggal di daerah dingin, mandi dengan air hangat adalah hal yang didambakan. Mereka bisa menggunakan penghangat air tenaga surya untuk bisa mandi dengan air hangat tanpa perlu khawatir dengan tagihan listrik.

Itulah bahasan singkat untuk pertanyaan “Sebutkan contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari!” Semoga bisa membantu.

Referensi


  1. Solar Energy Uses in Your Daily Life” (dalam bahasa Inggris). Solar Technologies. Diakses 20 Oktober 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek