Secara Geografis Wilayah Asia Tenggara Diapit oleh Dua Samudra Yaitu?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Secara geografis wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra yaitu?” Untuk memperluas wawasanmu, mari baca seluruh isi bahasan ini.


Asia Tenggara merupakan salah satu regional benua Asia yang terdiri dari sebelas negara. Kecuali Timor Leste, seluruh negara Asia Tenggara berkumpul dalam sebuah organisasi yang bernama ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA).

Geografi Singkat Asia Tenggara


Asia Tenggara memiliki wilayah yang sangat luas yang secara geografis dapat dibedakan menjadi dua zona, yaitu daratan utama atau mainland serta zona kepulauan. Zona daratannya berbatasan dengan beberapa negara, termasuk India dan Tiongkok, sedangkan zona kepulauannya dikelilingi oleh lautan luas. Secara geografis wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Secara geografis wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra yaitu

Peta Asia Tenggara
Sumber: Wikimedia Commons

Bagian daratan, yang terhubung ke India dan Tiongkok, meluas ke selatan ke tempat yang disebut Semenanjung Indocina, nama yang diberikan untuk wilayah tersebut oleh Prancis. Negara Asia Tenggara yang terletak di zona ini adalah Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, dan Myanmar (beberapa versi termasuk Semenanjung Malaysia).

Sementara itu, zona kepulauan Asia Tenggara terdiri dari puluhan ribu pulau dengan luas lebih dari 2 juta kilometer persegi. Ada enam negara di zona ini, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Timor Leste. Malaysia, meskipun sebagian wilayahnya masuk zona daratan utama, dianggap masuk zona kepulauan.

Secara keseluruhan, Asia Tenggara memiliki luas daratan 4.545.792 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 655 juta jiwa pada tahun 2018. Jumlah penduduknya yang banyak serta pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadikan Asia Tenggara sebagai pasar yang sangat potensial dan strategis.

Kesimpulan


Dilihat dari posisinya, Asia Tenggara bisa dikatakan sebagai regional Asia paling strategis. Daratannya berbatasan dengan dua ekonomi terbesar di Asia, yaitu India dan Tiongkok, sedangkan lautannya merupakan jalur pelayaran paling penting di dunia. Karena hal ini, tak heran jika ASEAN yang menyatukan sepuluh negara Asia Tenggara memiliki daya tarik dan posisi penting di panggung internasional.

Referensi


  1. Andaya, Barbara Watson. “Introduction to Southeast Asia” (dalam bahasa Inggris). Asia Society. Diakses 18 Oktober 2020.
  2. Southeast Asia” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 18 Oktober 2020.
  3. Southeast Asia” (dalam bahasa Inggris). World Regional Geography by University of Minnesota. Diakses 18 Oktober 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek