Sejarah Teka Teki Silang atau TTS

oleh Gurunakal

Sebagaimana kita ketahui, TTS atau teka teki silang adalah jenis permainan yang bisa menambah wawasan pemainnya. Namun, saat pemain kesulitan mendapatkan jawaban yang tepat, tak jarang ia langsung browsing untuk mendapatkan jawaban yang tepat dengan cepat.

Sejarah Teka Teki Silang atau TTS

Sumber: Pixy.org (Lisensi Creative Commons)

Sejarah Teka Teki Silang

TTS adalah salah satu permainan kata paling populer di dunia. Permainan ini sering dimainkan untuk mengisi waktu luang atau di kala bosan, oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Seiring berkembangnya teknologi, permainan TTS kini bisa dilakukan secara digital melalui ponsel, tablet, atau komputer.

Disebutkan kalau permainan TTS pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-19. TTS terbitan pertama yang diketahui dibuat oleh seorang jurnalis bernama Arthur Wynne dari Liverpool, dan dia biasanya dikreditkan sebagai penemu permainan kata yang populer ini.

TTS Arthur Wynne ini muncul di surat kabar hari Minggu, New York World, yang terbit pada tanggal 21 Desember 1913. Namun, bentuk TTS yang dibuat oleh Wynne berbeda dari TTS hari ini karena berbentuk berlian dan tidak mengandung kotak hitam internal (lihat di sini).

Selama awal tahun 1920-an, surat kabar lain mengambil hobi yang baru ditemukan tersebut dan dalam satu dekade TTS ditampilkan di hampir semua surat kabar Amerika. Pada periode inilah TTS mulai mengambil bentuk seperti yang kita kenal saat ini. Setelahnya, TTS mulai menyebar ke berbagai belahan dunia lain dan terus berkembang hingga saat ini.

Referensi


  1. Eliot, George. “Brief History of Crossword Puzzles” (dalam bahasa Inggris). American Crossword Puzzle Tournament. Diakses 7 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek