Serat Abaka Merupakan Contoh Hasil Perkebunan Negara?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Serat abaka merupakan contoh hasil perkebunan negara?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Di dunia ini ada banyak sekali tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik sebagai pangan, papan, maupun sandang. Salah satu tanaman tersebut bernama abaka.

Tanaman Abaka


Abaka atau disebut juga sebagai tali manila (manila hemp) adalah spesies pisang asli Filipina yang ditanam sebagai tanaman komersial di Filipina, Ekuador, dan Kosta Rika. Tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini dipanen untuk diambil seratnya yang diekstraksi dari selubung daun di sekitar batang.

Serat Abaka Merupakan Contoh Hasil Perkebunan Negara

Serat abaka yang sedang dikeringkan di sebuah perkebunan abaka di Kosta Rika
Sumber: Wikimedia Commons

Pemanenan abaka bersifat padat karya karena setiap tangkai harus dipotong menjadi potongan-potongan yang dikikis untuk menghilangkan pulp. Serat kemudian dicuci dan dikeringkan. Serat abaka merupakan contoh hasil perkebunan negara Filipina yang menjadi produsen abaka terbesar di dunia sekaligus asal tanaman abaka.

Tiga alasan yang membuat abaka dihargai adalah karena kekuatan mekanisnya yang besar, ketahanan terhadap kerusakan air asin, dan panjang serat yang panjang hingga 3 meter. Serat abaka yang paling baik memiliki karakteristik halus, berkilau, berwarna krem ​​ringan dan sangat kuat.

Penggunaan Serat Abaka


Selama abad ke-19 serat abaka banyak digunakan untuk tali-temali kapal, dan digerus untuk membuat amplop manila yang kokoh. Saat ini, serat abaka masih digunakan untuk membuat tali, benang, pancing dan jaring, serta kain kasar untuk dipecat.

Ada juga pasar ceruk yang berkembang untuk pakaian, gorden, layar dan perabot abaka, tetapi pembuatan kertas saat ini merupakan penggunaan utama dari serat abaka.

Sebagian besar serat abaka ditumbuk dan diolah menjadi kertas khusus. Contohnya adalah kantong teh dan kopi, kertas sosis, uang kertas, kertas saring rokok, kertas medis, kertas pengolahan makanan, kertas sekali pakai, kertas tulis berkualitas tinggi, kantong vakum dan banyak lagi.

Selain itu, serat abaka juga saat ini sedang digunakan untuk aplikasi ‘lunak’ dalam industri otomotif sebagai bahan pengisi untuk guling dan bagian trim interior. Namun, mengingat kekuatan tariknya yang kuat, ia juga dapat digunakan untuk aplikasi yang ‘lebih keras’ untuk komponen semi-struktur eksterior sebagai pengganti serat kaca dalam komponen plastik yang diperkuat.

Karena kekuatan mekanik serat yang sangat tinggi serta panjangnya, aplikasi serat abaka bahkan dalam komponen yang bertekanan tinggi menawarkan potensi besar untuk aplikasi industri yang berbeda.

Produksi Serat Abaka


Seperti yang telah disebutkan di atas, negara tetangga kita Filipina merupakan produsen serat abaka terbesar di dunia. Negara ini disebutkan menghasilkan antara 85% dan 95% dari total produksi abaka dunia (87,4% pada tahun 2014).

Menurut data Organisasi Pangan Dunia atau FAO (Food and Agriculture Organization), lahan perkebunan abaka di Filipina mencapai 130.000 hektar yang digarap oleh 90.000-an petani kecil. Produksi serat abaka di negara beribu kota Manila tersebut mempekerjakan sekitar 1,5 juta orang.

Selain di Filipina, tanaman abaka juga tersebar luas di kawasan beriklim tropis, termasuk Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di luar Filipina, Indonesia, tepatnya di Sumatra menjadi tempat pertama budidaya abaka dalam skala besar oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1925.

Meskipun tanaman abaka sudah bisa ditemui di banyak negara tropis, namun Filipina tetap menjadi penguasa abaka dunia dengan nilai ekspor triliunan rupiah. Produsen abaka terbesar kedua di dunia adalah Ekuador di Amerika Selatan (12,5% dari total abaka dunia per 2014).

Kesimpulan


Salah satu tumbuhan asli yang berasal dari Filipina adalah pisang abaka. Serat dari batang tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk membuat tali, benang, pancing dan jaring, dan kain kasar untuk dipecat.

Serat abaka juga diolah menjadi kertas khusus untuk beragam kegunaan, seperti kantong teh dan kopi, kertas sosis, uang kertas, kertas saring rokok, kertas medis, kertas pengolahan makanan, kertas sekali pakai, kertas tulis berkualitas tinggi, kantong vakum dan banyak lagi.

Selain itu, serat abaka juga saat ini sedang digunakan untuk aplikasi ‘lunak’ dalam industri otomotif sebagai bahan pengisi untuk guling, bagian trim interior serta dapat digunakan untuk aplikasi yang ‘lebih keras’ untuk komponen semi-struktur eksterior sebagai pengganti serat kaca dalam komponen plastik yang diperkuat.

Referensi


  1. Future Fibers: Abaca” (dalam bahasa Inggris). Food and Agriculture Organization. Diakses 27 Juli 2020.
  2. Abacá” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 27 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek