Service dalam bola voli diartikan sebagai?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Service dalam bola voli diartikan sebagai?” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.

Pertanyaan


Service dalam bola voli diartikan sebagai?

A. Memblock serangan lawan

B. Pukulan permulaan

C. Penyajian bola pertama

D. Syarat dalam permainan

E. Tanda dimulainya suatu permainan

Bahasan


Service atau servis adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Service dalam bola voli diartikan sebagai tanda dimulainya suatu permainan.

Seorang pemain harus memukul bola dengan tangannya ke atas net untuk mendarat di dalam garis lapangan. Pemain dapat melakukan servis underarm atau servis overarm.

Servis underarm sendiri yaitu jenis servis di mana pemain memegang bola dengan satu tangan, mengayunkan tangan lainnya dengan gerakan melengkung di bawah pinggang dan memukul bola dari bawah dengan kepalan untuk memainkannya.

Sementara itu, servis overarm berarti servis di mana pemain melempar bola dengan satu tangan dan memukul bola tersebut di udara di atas kepala dengan tangan lainnya.

Umumnya pemain di level elit menggunakan servis overarm. Sedangkan servis underarm biasanya dilakukan oleh pemain pemula yang baru belajar bola voli. Servis yang populer adalah servis “jump” atau servis “spike” di mana pemain melompat dan menyervis bola saat mengudara.

Setiap pemain hanya mendapat satu kesempatan untuk melakukan servis. Servisnya bisa menyentuh net dan berlanjut ke lapangan lawan.

Sebelum aturan ini diberlakukan, sentuhan net pada servis mengakhiri reli dan poin diberikan kepada tim penerima. Jika tim yang menyervis kalah dalam reli, ia kehilangan hak untuk melakukan servis. Tim penerima kemudian merotasi satu posisi di lapangan.

Pelajari juga


Referensi


  1. Easy Steps for the Perfect Overhand Serve.instructables.com (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Desember 2020.
  2. Oden, Beverly (24 Mei 2019). “The Underhand Serve in Volleyball.LiveAbout (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Desember 2020.
  3. Volleyball Game – Glossary.FIVB (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Desember 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek