Servis dalam Permainan Bola Voli Hanya Dapat Dilakukan pada?

oleh Gurunakal

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.


Servis dalam bola voli merupakan tanda dimulainya permainan. Pemain yang melakukan servis harus melakukannya sesuai aturan. Jika tidak, wasit akan menganggapnya tidak sah dan ini artinya poin bagi tim lawan.

Nah, servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada belakang garis servis selebar 9 meter oleh pemain belakang kanan. Area ini dinamakan sebagai zona servis.

Zona servis sendiri merupakan area selebar 9 m di belakang setiap garis akhir. Secara mendalam, zona servis meluas hingga ke ujung zona bebas.

Zona servis secara lateral dibatasi oleh dua garis pendek, masing-masing sepanjang 15 cm, ditarik 20 cm di belakang garis akhir sebagai perpanjangan dari garis samping. Kedua garis pendek termasuk dalam lebar zona servis.

Tahukah kamu?

  • Servis pertama dari set pertama, serta servis dari penentuan set ke-5 dilakukan oleh tim yang ditentukan oleh toss atau lemparan.
  • Set lainnya akan dimulai dengan servis dari tim yang tidak melakukan servis terlebih dahulu pada set sebelumnya.
  • Bola harus dipukul dengan satu tangan atau sebagian lengan setelah dilempar atau dilepaskan dari tangan.
  • Hanya satu lemparan atau pelepasan bola yang diperbolehkan. Menggiring bola atau menggerakkan bola dengan tangan diperbolehkan.
  • Pada saat pukulan servis atau lepas landas untuk servis lompat, server (pemain yang melakukan servis) tidak boleh menyentuh lapangan (termasuk garis akhir) atau lantai di luar zona servis. Setelah pukulan, dia boleh melangkah atau mendarat di luar zona servis, atau di dalam lapangan
  • Server harus memukul bola dalam waktu 8 detik setelah wasit pertama meniup peluit untuk servis.
  • Servis yang dilakukan sebelum peluit wasit dibatalkan dan diulangi.

Jadi, kesimpulannya yaitu servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada zona servis, area selebar 9 m di belakang setiap garis akhir.

Cek juga bahasan ini:

Referensi


  1. “Official Volleyball Rules 2017-2020” (dalam bahasa Inggris). FIVB. Diakses 15 Juni 2021. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek