Sumber Energi Alternatif yang Dapat Menghasilkan Energi Panas Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak. Bagikan bahasan kepada temanmu jika diperlukan.


Saat ini kita masih bertumpu pada energi yang dihasilkan oleh sumber-sumber yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Tidak hanya terbatas, ketiga bahan bakar fosil ini juga menghasilkan polusi dari proses pembakarannya.

Proses pembakaran bahan bakar fosil melepaskan gas CO2 atau karbon dioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Hal ini menyebabkan suhu rata-rata global meningkat, yang dikenal dengan istilah pemanasan global.

Untuk masa depan yang cerah dan bersih, manusia harus mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Lalu apa yang dimaksud dengan energi alternatif?

Pengertian Energi Alternatif


Dalam kamus Merriam-Webster, energi alternatif diartikan sebagai daya yang dapat digunakan (seperti panas atau listrik) yang berasal dari sumber daya terbarukan. Beberapa sumber lain menyebutkan kalau istilah energi alternatif merujuk pada pada bentuk energi yang tidak meningkatkan jejak karbon manusia. Dalam hal ini, energi alternatif dapat mencakup hal-hal seperti fasilitas nuklir dan pembangkit listrik tenaga air.

Lebih lanjut lagi disebutkan kalau istilah energi alternatif juga digunakan untuk merujuk pada apa yang saat ini dianggap sebagai metode energi non-tradisional – seperti matahari, angin, panas bumi, dan biomassa. Klasifikasi semacam ini mengesampingkan metode seperti pembangkit listrik tenaga air, yang telah ada selama lebih dari satu abad dan oleh karena itu cukup umum di wilayah tertentu di dunia.

Panas dari Sumber Energi Alternatif


Dalam sebuah laporan Komisi Eropa berjudul “Heat from Renewable Energy Sources,” sumber energi terbarukan diartikan sebagai  sumber energi non-fosil yang dapat diperbarui (angin, matahari, panas bumi atau geothermal, gelombang, pasang surut, tenaga air, biomassa, gas TPA, gas instalasi pengolahan limbah dan biogas).

sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah

Pembangkit listrik panas bumi
Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

Dalam laporan itu juga disebutkan kalau dari sumber energi terbarukan ini, hanya matahari, geothermal, biomassa, gas TPA, gas instalasi pengolahan limbah dan biogas yang tersedia dalam bentuk panas (matahari, geothermal) atau biasanya diubah menjadi panas. Sementara itu, tiga bentuk utama sumber energi terbarukan untuk panas adalah: biomassa, matahari, dan panas bumi.

Kesimpulan


Dari bahasan singkat di atas kita bisa menyimpulkan kalau sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah matahari, geothermal, biomassa, gas TPA, gas instalasi pengolahan limbah dan biogas.

Baca juga:

Referensi


  1. Alternative Energy” (dalam bahasa Inggris). Merriam-Webster.com Dictionary, Merriam-Webster. Diakses 14 Februari 2021.
  2. “Heat from Renewable Energy Sources” (dalam bahasa Inggris). European Commission. Diakses 14 Februari 2021. File PDF.
  3. Sulistyono, S. (2012). “Pemanasan Global (Global Warming) dan Hubungannya dengan Bahan Bakar Fosil”. Swara Patra, 2(2). Diakses 14 Februari 2021.
  4. Williams, Matt (2016). “What is Alternative Energy?” (dalam bahasa Inggris). Universe Today. Diakses 14 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek