Sungai Mekong Terdapat di Negara Mana?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Sungai Mekong terdapat di negara?” Untuk memperluas wawasanmu, ayo baca isi bahasan ini sampai tuntas.


Di antara sungai-sungai terbesar dan terpanjang di dunia, satu di antaranya mengalir di wilayah Asia Tenggara. Sungai tersebut bernama Sungai Mekong, yang menjadi sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Sungai Mekong terdapat di negara

Cekungan Sungai Mekong yang luas di Asia Tenggara
Sumber: Wikimedia Commons

Karena alirannya yang panjang, Sungai Mekong tidak hanya milik satu negara saja. Sungai Mekong terdapat di negara Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Jadi, total ada enam negara yang dialiri sungai ini.

Aliran Sungai Mekong dimulai dari Dataran Tinggi Tibet di bagian selatan Tiongkok hingga berakhir di Delta Mekong yang luas di selatan Vietnam. Panjang alirannya kira-kira 5.000 km, hampir setara dengan panjang Indonesia dari barat ke timur.

Cekungan Sungai Mekong


Cekungan atau Basin Sungai Mekong memiliki total luas daratan 795.000 km² dan memiliki debit tahunan rata-rata 475 km³, terbesar kesepuluh di dunia. Cekungan tersebut adalah rumah bagi salah satu kawasan terkaya dengan keanekaragaman hayati di dunia, dengan lebih dari 20.000 spesies tumbuhan dan 850 spesies ikan yang ditemukan hingga saat ini.

Cekungan Sungai Mekong mencakup tujuh wilayah luas dengan topografi, pola drainase dan geomorfologi yang beragam. Cekungan ini umumnya terbagi menjadi Cekungan Sungai Mekong Atas dan Bawah.

Cekungan Sungai Mekong Atas terdiri dari Dataran Tinggi Tibet, Area Tiga Sungai serta Cekungan Lancang di Tiongkok dan Myanmar. Cekungan Sungai Mekong Bawah terdiri dari Dataran Tinggi Utara, Dataran Tinggi Khorat, Cekungan Tonle Sap dan Delta Mekong. Ini mencakup Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.

Diperkirakan 80% dari hampir 65 juta orang yang tinggal di Lembah Sungai Mekong Bawah bergantung pada sungai dan sumber daya alamnya yang kaya untuk mata pencaharian mereka, menjadikan pembangunan berkelanjutan penting bagi lingkungan dan masyarakat yang tinggal di lembah tersebut.

Saat ini, Sungai Mekong berkembang dengan cepat seiring perkembangan ekonomi, urbanisasi dan industrialisasi yang mengubah wilayah sungai. Sungai Mekong memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ini melalui peluang yang diberikannya, termasuk produksi tenaga air, pertanian, perikanan, serta transportasi dan perdagangan.

Referensi


  1. Mekong Basin” (dalam bahasa Inggris). Mekong River Commission. Diakses 3 Desember 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek