Sungai yang alirannya melewati negara Laos, Kamboja, dan Vietnam adalah sungai?

oleh Gurunakal

Bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Sungai yang alirannya melewati negara Laos, Kamboja, dan Vietnam adalah sungai?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Sungai di Dunia


Sungai adalah salah satu sumber air tawar yang menjadi salah satu kebutuhan utama manusia untuk keberlangsungan hidup. Karena keberadaanya sangat penting dan dibutuhkan, sungai telah menjadi tempat lahirnya banyak peradaban tua di dunia. Sebut saja salah satunya Peradaban Lembah Sungai Nil di Mesir.

Tahukah kamu kalau tidak semua negara di dunia ini memiliki sungai? Ya, ada beberapa negara yang sebagian besar wilayahnya berupa gurun yang tandus, hingga tidak ada aliran air permanen di wilayah tersebut.

Ada pula negara kepulauan kecil yang juga tidak memiliki sungai meski terletak di tengah-tengah lautan karena wilayahnya yang tidak memungkinkan untuk dialiri sungai. Bacaan lebih lanjut untuk negara-negara tanpa sungai bisa kamu baca di sini: Daftar Negara yang Tidak Memiliki Sungai di Dunia.

Sungai yang Mengaliri Laos, Kamboja, dan Vietnam


Laos, Kamboja, dan Vietnam adalah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Kawasan ini dialiri oleh banyak sungai. Tapi ada satu sungai yang alirannya melewati banyak negara di kawasan tersebut.

Sungai tersebut bernama Sungai Mekong, yang menjadi sungai terpanjang di Asia Tenggara. Meski demikian, aliran Sungai Mekong dimulai dari Dataran Tinggi Tibet di bagian selatan Tiongkok.

Sungai yang alirannya melewati negara Laos Kamboja dan Vietnam adalah sungai

Peta Aliran Sungai Mekong
Sumber: South China Morning Post

Jika kita melihat peta, kita bisa mengetahui kalau aliran Sungai Mekong melewati sebanyak enam negara. Negara-negara tersebut adalah Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Panjang aliran Sungai Mekong kira-kira 5.000 km, hampir setara dengan panjang Indonesia dari barat ke timur. Ini membuatnya menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia.

Basin Sungai Mekong


Menurut National Geographic, basin atau cekungan adalah depresi, atau kemiringan, di permukaan Bumi. Basin berbentuk seperti mangkuk, dengan sisi lebih tinggi dari bagian bawah. Beberapa basin diisi dengan air, sementara yang lainnya kosong.

Nah, Sungai Mekong memiliki basin yang sangat luas, dengan total luas daratan 795.000 km² dan memiliki debit tahunan rata-rata 475 km³, terbesar kesepuluh di dunia.

Basin Sungai Mekong adalah rumah bagi salah satu kawasan terkaya dengan keanekaragaman hayati di dunia, dengan lebih dari 20.000 spesies tumbuhan dan 850 spesies ikan yang ditemukan hingga saat ini.

Basin Sungai Mekong mencakup tujuh wilayah luas dengan topografi, pola drainase dan geomorfologi yang beragam. Cekungan ini umumnya terbagi menjadi Basin Sungai Mekong Atas dan Bawah.

Ada puluhan juta orang yang bergantung pada Sungai Mekong dan sumber daya alamnya yang kaya untuk mata pencaharian mereka, seperti pertanian, perikanan, serta transportasi dan perdagangan.

Kesimpulan


Dari bahasan singkat di atas kita bisa menyimpulkan kalau sungai yang alirannya melewati negara Laos, Kamboja, dan Vietnam adalah Sungai Mekong.

Referensi


  1. Mekong Basin.” Mekong River Commission (dalam bahasa Inggris). Diakses 3 Desember 2020.
  2. Basin.” National Geographic Society (dalam bahasa Inggris). Diakses 29 Juli 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek