10 Jenis Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

oleh gurunakal.com

Kucing tidak selamanya menjadi binatang lucu yang menggemaskan. Kadang mereka juga bisa menjadi hewan yang merusak dan berbuat seenaknya di tempat-tempat pribadimu, seperti kebun misalnya. Namun, tahukah kamu ada jenis tanaman yang tidak disukai kucing?

Jika kamu memiliki kebun di sekitar rumah, kamu mungkin sering mendapati kucing liar menggali-gali tanah dan merusak bibit tanaman muda yang ada. Selain itu, mereka juga tidak jarang BAB sembarangan yang kadang galiannya tidak sempurna.

Informasi mengenai kotoran kucing yang perlu diketahui:

  • Kotoran kucing tidak bisa dijadikan pupuk seperti kotoran hewan ternak, yang ada malah akan menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Kotoran kucing juga dapat mengandung parasit yang dikenal sebagai toxoplasma gondii yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius ketika terpapar dan sangat berbahaya bagi ibu hamil.
  • Kotoran kucing juga tidak baik untuk tanah, bahkan hal itu dapat meracuni tanah. Tanaman yang terkena kotoran kucing bisa sakit dan mati sehingga sebaiknya segera dibuang begitu kamu mendapatinya di tanaman-tanaman kebunmu.

Cara Agar Kucing Menjauh dari Kebun atau Halaman Rumah

Kucing Berlari

Sumber: Pixabay

Kamu tidak perlu menggunakan teknologi atau peralatan mahal untuk membuat kucing mengindar dari kebunmu, tetapi cukup dengan mengandalkan tanaman!

Perlu diingat bahwa menggunakan cara-cara kekerasan untuk mengusir kucing dari kebun sangat tidak diperbolehkan. Jadi, gunakanlah cara-cara yang lebih manusiawi, karena dunia ini bukan hanya milik kita.

Ada beberapa tanaman di bumi ini yang bisa diandalkan sebagai media pengusir (repellent) dan pencegah (deterrent) kucing masuk ke dalam area kebun.

Hal yang perlu kamu pahami mengenai kucing:

  • Kucing adalah binatang yang tidak dapat diprediksi dan sangat teritorial, jadi menjauhkan kucing dari area kebun bisa sedikit rumit.
  • Kucing menandai wilayah mereka dengan menyimpan feromon dari kelenjar aroma (buang air kecil atau lainnya), dan akan terus mengunjungi area tersebut selama aroma mereka tetap ada.
  • Jika kebunmu sering dikunjungi kucing, itu berarti mereka telah menyimpan sesuatu milik mereka (kotoran) di sana.

Agar hal itu dapat dihentikan, kamu harus cepat-cepat membuang kotoran kucing yang kamu temukan di kebun (bisa menutupinya dengan tanah hingga baunya tidak tercium).

Setelah itu, kamu dapat melakukan pencegahan dengan menaburkan hal-hal yang tidak disukai kucing di area tersebut, seperti potongan-potongan buah dari keluarga sitrus (jeruk-jerukan) dan serbuk cabai rawit.

Jika cara ini dinilai terlalu menguras banyak pengeluaran, maka menanam tanaman-tanaman pengusir kucing adalah cara yang lebih baik.

Catatan penting:

  • Hindari menaburkan serbuk cabai rawit saat kucing-kucing masih berkeliaran di area kebun, karena hal ini dapat menyakiti mereka.
  • Hindari menaburkan serbuk cabai saat kondisi berangin karena bisa membahayakan binatang dan orang lain yang menghirupnya.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek