Tuliskan 3 Kewajiban Sebagai Anggota Keluarga Terkait Penghematan Energi!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Tuliskan 3 kewajiban sebagai anggota keluarga terkait penghematan energi!” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Energi yang kita gunakan saat ini kebanyakan masih dihasilkan dari sumber-sumber yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi dan batu bara. Maka dari itu, kita senantiasa harus melakukan penghematan energi dengan tujuan untuk melestarikan sumber energi agar dapat digunakan lebih lama.

Menghemat energi adalah pekerjaan yang mudah dilakukan. Kita bisa melakukannya langsung di tempat kita tinggal. Bersama anggota keluarga yang lain, kita harus sama-sama melakukan penghematan energi agar hasilnya maksimal.

Jika langkah kita diikuti oleh jutaan keluarga lain di dunia, maka dampaknya akan semakin besar terhadap kelestarian sumber energi dan lingkungan. Berikut adalah beberapa “kewajiban” kita sebagai anggota keluarga terkait penghematan energi:

Tuliskan 3 kewajiban sebagai anggota keluarga terkait penghematan energi

Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

  1. Kita memulainya dengan saling mengingatkan antar anggota keluarga tentang pentingnya melakukan penghematan energi.
  2. Mematikan lampu saat meninggalkan ruangan. Jika ada tempat yang tetap memerlukan pencahayaan, kita bisa menggunakan lampu redup.
  3. Mematikan sistem pendingin udara di ruangan kosong dan mengusahakan agar ruangan tetap sejuk dengan udara dari luar ruangan.
  4. Memanfaatkan sinar matahari secara maksimal di siang hari. Tirai atau gorden pada jendela & pintu harus dibuka pada siang hari, agar cahaya alami dapat mengurangi kebutuhan lampu listrik di dalam rumah.
  5. Menggunakan bohlam dan perkakas hemat energi.
  6. Mematikan perkakas saat tidak digunakan.
  7. Mencabut perangkat elektronik dan pengisi daya saat tidak digunakan – sebagian besar elektronik baru menggunakan listrik bahkan saat “mati”.
  8. Membiarkan makanan panas menjadi dingin sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk mendinginkan makanan panas. Untuk penghematan tambahan, tutupi makanan dan cairan. Kelembaban yang dilepaskan oleh wadah yang tidak tertutup meningkatkan penggunaan energi selama siklus pencairan lemari es.
  9. Mengeringkan pakaian kita pada tali jemuran alih-alih menggunakan pengering.
  10. Mengurangi penggunaan air.

Itulah beberapa hal yang bisa bersifat wajib bagi kita sebagai anggota keluarga terkait penghematan energi dalam rumah kita. Mari kita sama-sama menghemat energi untuk masa depan yang lebih cerah.

Referensi


  1. Umah, Anisatul (2020). “PLN Masih Ketergantungan Batu Bara, Ini Buktinya!”. CNBC Indonesia. Diakses 19 Februari 2021.
  2. Why Do We Need to Conserve Energy?” (dalam bahasa Inggris). Conserve Energy Future. Diakses 19 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek