Tuliskan Nama Perairan yang Mengelilingi Wilayah Negara Indonesia!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia!” Ini sangat penting untuk diketahui sebagai bentuk wawasan geografi negara kita sendiri.

Tuliskan Nama Perairan yang Mengelilingi Wilayah Negara Indonesia

Peta Indonesia
Sumber: Wikipedia


Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dikelilingi oleh lautan. Negara kita bisa dibilang sepenuhnya berbatasan dengan perairan di seluruh penjuru mata anginnya. Lalu apa yang dimaksud dengan perairan?

Perairan adalah suatu kumpulan masa air pada suatu wilayah tertentu, baik yang bersifat dinamis seperti laut dan sungai maupun statis seperti danau. Perairan ini dapat merupakan perairan tawar, payau, maupun asin. Wikipedia

Jadi, perairan tidak hanya laut, samudra, sungai, dan danau saja ya. Dalam ilmu geografi kita juga mengenal istilah teluk dan selat yang juga termasuk perairan. Jadi, mari tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia di bawah ini.

1. Samudra Hindia

Jika kita menengok peta Indonesia ke arah barat, kita akan menemukan samudra yang sangat luas, yaitu Samudra Hindia. Perairan ini juga mengelilingi sebagian wilayah selatan Indonesia, mulai dari Ujung Kulon di Provinsi Banten hingga Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bagi masyarakat Jawa, perairan ini dikenal dengan sebutan Laut Kidul atau Laut Selatan yang ombaknya terkenal ganas. Meskipun demikian, pesisir selatan Pulau Jawa diberkahi dengan pantai-pantai terjal berkarang yang sangat indah.

Kita juga bisa menemukan puluhan atau mungkin ratusan pantai berpasir yang tak kalah indah yang banyak dikunjungi wisatawan, contohnya adalah Pantai Pangandaran di Jawa Barat dan Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Apalagi di Pulau Bali yang keindahan Pantai Selatannya sudah mendunia saking indahnya.

2. Laut Timor

Karena Timor Timur bukan lagi bagian dari Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak sepenuhnya berbatasan dengan perairan ini. Wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Laut Timor adalah Pulau Rote dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya serta Pulau Timor bagian Indonesia. Beberapa kepulauan Provinsi Maluku juga berbatasan dengan laut yang kaya akan sumber daya alam ini.

3. Laut Arafura

Laut Arafura atau Laut Arafuru merupakan perairan yang memisahkan Indonesia bagian timur dengan Australia bagian utara. Di saat banyak ekosistem laut dan stok ikan di seluruh dunia hancur akibat ulah sebagian manusia, Laut Arafura disebut-sebut masih kukuh sebagai salah satu perairan terkaya di dunia.

Namun, kekayaan laut ini kemungkinan tidak akan luput dari keserakahan manusia yang suka mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memperhatikan masa depan. Jadi, mari kita selalu rawat laut kita agar bisa bermanfaat seterusnya.

4. Samudra Pasifik

Selanjutnya kita beranjak ke utara. Wilayah timur Indonesia, yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Maluku Utara dikelilingi oleh perairan dunia yang sangat luas, yaitu Samudra Pasifik. Jadi, selain berbatasan dengan Samudra Hindia, negara kita juga berbatasan dengan Samudra Pasifik yang membuat lokasi kita sangat strategis.

Seperti halnya di Samudra Hindia yang hanya berbatasan dengan Pulau Natal dan Kepulauan Cocos yang keduanya milik Australia, Indonesia juga hanya berbatasan dengan beberapa pulau kecil milik negara kepulauan kecil yang bernama Republik Palau. Selain itu yang kita lihat adalah lautan biru yang sangat luas.

5. Laut Sulawesi

Laut Sulawesi merupakan batas perairan antara Pulau Sulawesi dan Filipina bagian selatan. Di peta laut ini ditandai dengan warna biru yang cukup pekat. Itu karena kedalaman laut yang berbentuk basin besar ini mencapai 6.200 meter!

Karena membuka jalur perairan ke Laut Jawa melalui Selat Makassar hingga ke Samudra Hindia melalui Selat Lombok, Laut Sulawesi menjadi perairan yang ramai karena keberadaannya sangat penting untuk perdagangan.

Tak hanya itu, Laut Sulawesi juga terkenal akan kekayaan dan keindahannya sehingga menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi penyelaman dasar laut dan pesiar samudra yang mewah.

6. Laut Natuna Utara

Kita harus mulai terbiasa menggunakan Laut Natuna Utara alih-alih Laut Tiongkok Selatan sebagai perairan yang mengelilingi wilayah Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau dan sekitarnya. Hal itu karena penamaan Laut Natuna Utara ini telah digunakan secara resmi di Peta Indonesia terbaru.

Ini tak lain sebagai bentuk pengukuhan kalau perairan di utara Kabupaten Natuna ini adalah sepenuhnya milik negara kita, bukan milik negara yang MANAPUN! Untuk itu, mari kita jaga laut kita sama-sama agar tidak ada negara yang seenaknya mengklaim kawasan negara kita, apalagi jika didasarkan pada hal yang TIDAK MASUK AKAL.

7. Selat Singapura

Meskipun perairan ini sangat sempit, namun keberadaan Selat Singapura sangat penting sebagai jalur utama perdagangan dunia. Selat ini memisahkan negara pulau itu dengan Pulau Batam dan sekitarnya.

8. Selat Malaka

Selat Malaka adalah perairan yang sangat legendaris. Sebagai salah satu selat paling penting di dunia, Selat Malaka pastinya memiliki perananan yang sangat besar terhadap perekonomian dunia.

Terdapat kurang lebih 200 kapal yang berlayar melewati Selat Malaka setiap harinya. Hal itu membuatnya sebagai jalur perdagangan paling padat di dunia.

Sebagai pemilik perairan ini bersama dengan Malaysia (dan sebagian Thailand), negara kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin agar perekonomian terus tumbuh, khususnya di sepanjang pesisir Pulau Sumatera dan sekitarnya.

9. Laut Andaman

Terakhir ada Laut Andaman yang sedikit membatasi wilayah Indonesia di Provinsi Aceh. Di perairan ini terdapat Kepulauan Andaman dan Nikobar yang secara administratif milik India meski secara jarak lebih dekat ke Indonesia.

Ini memang ironi karena seharusnya kitalah pemilik kepulauan yang hanya berjarak beberapa jam saja dari Pulau Weh tersebut. Namun apa daya, karena faktor kolonialisme masa lalu, hak kepulauan itu jatuh ke tangan India karena bukan bagian dari koloni Belanda.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek