Tuliskan Tiga Contoh Kewajiban Menggunakan Energi di Rumah!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Tuliskan tiga contoh kewajiban menggunakan energi di rumah!” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Saat kita berada di rumah, kita akan lebih sering menggunakan energi daripada saat kita sedang berada di luar rumah. Menyalakan televisi untuk menonton acara favorit, menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan, dan mengisi daya perangkat elektronik adalah contoh penggunaan energi di dalam rumah.

Tuliskan tiga contoh kewajiban menggunakan energi di rumah

Ilustrasi menghemat energi di rumah.
Sumber: www.piqsels.com (Lisensi Creative Commons)

Karena energi yang kita gunakan tidak gratis dan sumbernya terbatas, maka kita memiliki kewajiban untuk menghemat energi. Hal ini harus kita lakukan agar dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik dan yang paling penting adalah menjaga kelestarian sumber energi agar dapat digunakan lebih lama.

Tiga contoh kewajiban menggunakan energi di rumah antara lain menggunakan energi dengan bijak atau seperlunya, menggunakan perkakas dan lampu hemat energi, dan tidak meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan menyala sepanjang hari.

Tips Menghemat Energi di Rumah


Berikut ini adalah beberapa tips menghemat energi di rumah:

  1. Mematikan lampu di ruangan-ruangan kosong atau gunakan lampu redup jika diperlukan.
  2. Memanfaatkan sinar matahari secara maksimal di siang hari. Kita bisa membuka tirai jendela agar cahaya alami dapat mengurangi kebutuhan lampu listrik di dalam rumah.
  3. Alih-alih menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin, kita bisa membuka jendela agar ruangan tetap sejuk dengan udara dari luar ruangan.. Ini bisa dilakukan jika kondisi di sekitar rumah memungkinkan.
  4. Mencabut pengisi daya setelah selesai digunakan.
  5. Menggunakan bohlam dan perkakas hemat energi.
  6. Membiarkan makanan panas menjadi dingin sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk mendinginkan makanan panas. Untuk penghematan tambahan, tutupi makanan dan cairan. Kelembaban yang dilepaskan oleh wadah yang tidak tertutup meningkatkan penggunaan energi selama siklus pencairan lemari es.
  7. Mengurangi penggunaan air.
  8. Memasang kit siram penghemat air di toilet dapat menghemat ribuan liter air per tahun.
  9. Setiap siklus pencucian menggunakan 60 hingga 90 liter air. Gunakan mesin cuci dengan muatan penuh (tapi jangan sampai terlalu penuh) dan rencanakan periode pencucian untuk menghemat air juga.
  10. Selalu alihkan komputer atau laptop ke mode tidur saat Anda tidak menggunakannya.

Itulah bahasan singkat untuk pertanyaan “Tuliskan tiga contoh kewajiban menggunakan energi di rumah!” Semoga bisa membantumu.

Referensi


  1. Why Do We Need to Conserve Energy?” (dalam bahasa Inggris). Conserve Energy Future. Diakses 19 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek