Tuliskan Tujuan Permainan Sepak Bola!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Tuliskan tujuan permainan sepak bola!” Agar wawasanmu semakin luas, ayo baca seluruh isi bahasan menarik ini.


Sepak bola bisa dikatakan sebagai olahraga paling populer di dunia. Olahraga tim ini dimainkan oleh berbagai kalangan, apakah itu untuk sekedar rekreasi atau profesional.

Tuliskan Tujuan Permainan Sepak Bola

Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

Tahukah kamu kalau permainan sepak bola sudah ada sejak ribuan tahun yang lampau? FIFA (Fédération Internationale de Football Association), sebagai induk organisasi sepak bola internasional menganggap kalau cuju adalah bentuk terawal dari sepak bola.

Apa itu cuju? Cuju atau tsu’ chu adalah sebuah permainan kompetitif yang melibatkan penendangan sebuah bola pada saat pembukaan ke dalam gawang tanpa ada penggunaan tangan. Permainan ini berkembang di Tiongkok pada abad ke-3 dan ke-2 SM.

Seperti halnya olahraga sepak bola modern, cuju juga dimainkan dengan bola bundar di area persegi. Selanjutnya permainan ini menyebar ke luar Tiongkok, seperti ke Jepang yang dikenal dengan sebutan “kemari” dan dipraktikkan di bawah bentuk upacara.

Akan tetapi, bentuk sepak bola modern yang kita kenal saat ini disebutkan berasal dari Inggris. Baca selengkapnya tentang sejarah singkat sepak bola di artikel ini: Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola.

Tujuan Permainan Sepak Bola


Tujuan permainan sepak bola adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada lawan serta mempertahankan gawang sendiri untuk mencegah tim lawan mencetak gol. Ini bermuara pada tujuan akhir tim untuk memenangkan pertandingan dengan mencetak skor paling banyak.

Setiap tim dapat mencetak gol sebanyak-banyaknya dalam kerangka waktu bermain 90 menit. Pertandingan dibagi menjadi dua babak, masing-masing berdurasi 45 menit.

Setelah 45 menit pertama, pemain akan mengambil waktu istirahat 15 menit yang disebut paruh waktu. 45 menit kedua akan dilanjutkan dan waktu yang dianggap cocok untuk ditambahkan oleh wasit (waktu tambahan) akan dilakukan.

Waktu tambahan diperbolehkan oleh wasit di akhir setiap babak untuk mengganti waktu yang hilang karena pergantian pemain dan perawatan pemain yang cedera. Dalam kompetisi piala atau cup, perpanjangan waktu sering dimainkan jika skor masih sama.

Tergantung pada kompetisi, perpanjangan waktu terdiri dari dua periode yang masing-masing tidak lebih dari 15 menit. Jika masih belum ada gol setelah 30 menit, maka kemenangan akan ditentukan oleh adu penalti.

Referensi


  1. Football (Soccer) Rules” (dalam bahasa Inggris). RulesOfSport.com. Diakses 26 November 2020.
  2. The Aim of Football” (dalam bahasa Inggris). BBC Sport. Diakses 26 November 2020.
  3. What are FIFA’s aims?” (dalam bahasa Inggris). FIFA. Diakses 26 November 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek