Ukuran Lapangan Bulutangkis Resmi BWF

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, artikel ini membahas ukuran lapangan bulutangkis dalam ruangan atau indoor badminton serta bulutangkis udara atau AirBadminton. Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia, khususnya di Asia. Masyarakat Indonesia termasuk sangat menggemari olahraga ini. Bahkan negara kita menjadi salah satu kekuatan bulutangkis dunia yang berhasil menorehkan banyak prestasi di banyak turnamen elit bulutangkis dunia.

Kita memang bisa bermain bulutangkis sebagai ajang rekreasi di banyak permukaan. Namun, sebagai pecinta olahraga ini, kita perlu mengetahui seluk beluk bulutangkis sebagai pertandingan olahraga resmi. Salah satunya mengenai ukuran lapangan bulutangkis dan ketentuan yang terkait dengannya.

Ukuran Lapangan Bulutangkis


Ukuran Lapangan Bulutangkis

Sumber: Department of Local Government, Sport and Cultural Industries, Government of Western Australia

Dilansir dari laman resmi Badminton World Federation atau BWF, ukuran lapangan bulutangkis yaitu 13,4 meter panjang dan 6,1 meter lebar. Untuk pemain tunggal, lebar lapangannya adalah 5,18 meter. Lapangan bulutangkis diberi garis-garis penanda berwarna putih atau kuning dengan lebar 40 mm. Lapangan bulutangkis memiliki panjang diagonal 14,723 meter.

Sementara itu, tiang setinggi 1,55 meter ditempatkan pada garis samping permainan ganda terlepas dari apakah tunggal atau ganda yang sedang dimainkan. Tiang tersebut harus tetap berdiri tegak ketika net dibentangkan. Tiang atau dukungan apapun juga dan tidak boleh mengenai lapangan melebihi garis samping.

Net yang digunakan dalam permainan bulutangkis harus memiliki kedalaman 76 cm dan lebar setidaknya 6,1 meter. Bagian atas net dari permukaan lapangan adalah 1,524 meter di tengah lapangan dan 1,55 meter di atas garis samping untuk permainan ganda. Selain itu, tidak boleh ada celah di antara ujung jaring dan tiang. Jika perlu, kedalaman penuh jaring di ujungnya diikat ke tiang.

Ukuran Lapangan AirBadminton


Ukuran lapangan AirBadminton

Sumber: BWF

AirBadminton adalah versi permainan bulutangkis lainnya yang dapat dimainkan di luar ruangan. BWF pertama kali memperkenalkan AirBadminton kepada dunia pada tanggal 13 Mei 2019 di kota Guangzhou, Tiongkok. Lalu berapa ukuran lapangan AirBadminton?

Setelah melewati berbagai pengujian, uji coba, dan pengumpulan data yang cukup besar, BWF memutuskan kalau lapangan AirBadminton adalah persegi panjang berukuran 16 x 6 meter untuk ganda (doubles) dan regu tiga (triples), dan 16 x 5 meter untuk tunggal (singles). Lapangan tersebut dikelilingi oleh zona bebas minimal 1 m di semua sisi.

  • Mengapa ukuran lapangan AirBadminton dibuat lebih panjang dari lapangan bulutangkis dalam ruangan (13,4 meter)?
Lapangan AirBadminton

Sumber: BWF

BWF menyebutkan kalau hal itu karena lapangan AirBadminton memiliki zona mati (dead zone) 2 meter untuk mendorong rally menjauh dari area net. Dengan demikian, kinerja terbang AirShuttle (kok khusus AirBadminton) jadi lebih baik.

Kita semua pasti tahu kalau kondisi di luar ruangan lebih berangin daripada di dalam ruangan. Maka dari itu diperlukan lapangan yang lebih panjang untuk memastikan AirShuttle dapat dimainkan lebih lama (tidak mudah keluar lapangan karena terdorong angin), sehingga tercipta rally-rally yang menarik untuk disaksikan.

  • Mengapa zona mati lapangan AirBadminton dibuat 2 meter?
Zona Mati Lapangan AirBadminton

Sumber: BWF

Hasil pengujian BWF menunjukkan bahwa karakteristik AirShuttle membuat pukulan net sangat sulit untuk dikendalikan. Dengan demikian, dibutuhkan zona mati setidaknya 2 meter untuk mendorong pukulan menjauh dari net dan untuk mempermudah rally yang sedang berlangsung.

Pemain tidak boleh masuk ke dalam zona mati untuk memukul AirShuttle. Baru setelah dipukul, pemain dapat melangkah atau mendarat di dalam zona mati.

Beberapa peraturan lain yang berkaitan dengan lapangan AirBadminton antara lain sebagai berikut.

  • Tiang harus ditempatkan pada garis samping permainan ganda & regu tiga terlepas dari apakah yang sedang dimainkan itu tunggal, ganda atau regu tiga.
  • Saat bermain di lapangan rumput dan permukaan yang keras, tiang harus setinggi 1,55 meter dari permukaan lapangan.
  • Untuk permukaan pasir, tiang harus setinggi 1,5 meter dan bagian atas jaring dari permukaan harus 1,45 meter di tengah lapangan.

Jenis-jenis Lantai Lapangan Bulutangkis


Berikut adalah beberapa jenis lantai lapangan bulutangkis yang dapat digunakan.

1. Lantai Kayu

Karena permukaannya elastis, lapangan bulutangkis berlantai kayu adalah salah satu pilihan terbaik.  Bahkan, BWF sangat merekomendasikan lantai kayu bersama dengan matras lapangan anti slip yang disetujui untuk bermain bulutangkis.

Lantai kayu disebut memiliki kecenderungan alami untuk menyerap tekanan tanpa terlalu keras pada tubuh. Namun, tidak semua permukaan kayu cocok untuk bulutangkis. Hanya kayu yang tidak rentan licin dan tahan lama yang bagus dijadikan lantai lapangan bulutangkis.

Jenis lantai bulutangkis kayu yang paling direkomendasikan adalah kayu keras. Untuk hasil akhir yang mengesankan dan daya tahan yang bagus, permukaan kayu untuk lantai bulutangkis sering dipoles dengan lapisan laminasi.

2. Lantai Sintetis

Lantai kayu mungkin terlihat elegan, namun harganya bisa cukup mahal. Sebagai gantinya, lantai berbahan sintetis hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih ramah pemain.

Seperti namanya, lantai lapangan bulutangkis sintetis terbuat dari material buatan. Maka dari itu, lantai sintetis dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik format permainan modern. Dua jenis lantai lapangan bulutangkis yang paling populer adalah PVC dan akrilik.

  • Lantai PVC

Lapangan sintetis PVC disebutkan mampu memberikan sifat anti slip yang bagus. Lantai ini tersedia dalam bentuk matras, sehingga mudah meletakkan dan menyimpannya.

Lantai lapangan bulutangkis PVC biasanya terdiri dari tiga lapisan, yaitu permukaan, tengah dan bawah. Sementara lapisan permukaan memberikan daya tahan, anti slip dan ketahanan abrasi, lapisan tengah menambah stabilitas. Idealnya lantai sintetis ini dipasang di atas lantai kayu.

  • Lantai Akrilik

Selain untuk bulutangkis, lantai akrilik juga dapat digunakan untuk lantai lapangan olahraga lainnya. Karena lebih multiguna, lantai jenis ini memiliki harga yang lebih ekonomis. Selain menawarkan beberapa varian warna, lantai akrilik juga memiliki karakteristik anti slip, sehingga tetap nyaman dipakai bermain bulutangkis.

3. Lantai Modular

Lantai jenis ini cocok dijadikan sebagai lantai lapangan bulutangkis luar ruangan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh lantai modular antara lain sebagai berikut.

  • Tahan slip & air yang sangat baik
  • Anti bakteri dan anti jamur
  • Mudah dibersihkan dan dirawat
  • Memiliki bantalan dan daya tahan yang luar biasa

4. Lantai Matras Karet

Selanjutnya ada lantai lapangan bulutangkis yang terbuat dari material karet yang berbentuk matras. Ini adalah opsi yang bagus untuk penggunaan di dalam ruangan.

Permukaan bantalan karet alami lantai jenis ini dapat melindungi lantai serta mengurangi cedera dan kelelahan olahraga. Fitur utama lantai matras karet adalah sebagai berikut.

  • Tak beracun
  • Mudah dirawat
  • Penyerapan shock yang baik
  • Mudah dipasang dan dilepas

Referensi


  1. “BWF Statutes – Governance / Laws / Technical Regulations.” BWF Corporate, corporate.bwfbadminton.com/statutes/. File PDF.
  2. “Court Dimensions.” BWF Development, development.bwfbadminton.com/airbadminton/court-dimensions.
  3. KreedOn Network. “Badminton Court Flooring Guide 2019: Everything You Need to Know: Rebound Ace.” KreedOn, 10 Okt. 2019, www.kreedon.com/badminton-court-flooring-guide-2019/.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek