Ukuran Lapangan Voli yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

Suka bermain bola voli? Yuk, tambah wawasan olahragamu dengan mengetahui ukuran lapangan voli dan informasi terkait lainnya pada bahasan singkat di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada temanmu yang suka voli.


Meskipun ukuran lapangan voli sudah ditetapkan secara resmi, namun voli merupakan contoh permainan yang “melebar.” Maksudnya? Dalam pertandingan bola voli elit, seringkali seorang pemain harus memukul bola yang keluar area permainan timnya karena reli masih berlanjut. Selama itu memungkinkan, pemain profesional umumnya akan mengejar bola tersebut.

Dengan demikian, lapangan bola voli tidak hanya sebatas area resmi permainannya saja, melainkan harus ada zona bebas agar para pemain semakin leluasa memainkan bola untuk memenangkan reli.

Lalu berapa ukuran lapangan voli? Berikut jawabannya menurut Federasi Bola Voli Internasional atau FIVB (Prancis: Fédération Internationale de Volleyball) selaku induk organisasi internasional bola voli dunia.

Ukuran Lapangan Bola Voli


Ukuran Lapangan Bola Voli - Gambar Lapangan Bola Voli

Sumber: Wikimedia Commons

Ukuran lapangan voli adalah sebuah persegi panjang berdimensi 18 x 9 meter, dikelilingi oleh zona bebas yang memiliki lebar minimal 3 meter di semua sisi. Area tersebut harus berbentuk persegi panjang dan simetris.

Sementara itu, ruang permainan bebas adalah ruang di atas area permainan yang harus bebas dari halangan apa pun. Ruang permainan bebas harus memiliki ketinggian minimum 7 meter dari permukaan area permainan.

Untuk FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, zona bebas harus berukuran 5 meter dari garis sisi dan 6,5 meter dari garis akhir. Ruang permainan bebas harus memiliki ketinggian minimal 12,5 meter dari permukaan area permainan.

Permukaan Lapangan Bola Voli


Permukaan area permainan bola voli haruslah rata, horizontal dan seragam serta tidak membahayakan para pemain dari cedera apa pun. Permukaan yang kasar atau licin sangat tidak diperbolehkan.

Untuk FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, hanya permukaan kayu atau sintetis yang diizinkan. Setiap permukaan harus sebelumnya disetujui oleh FIVB.

Di lapangan dalam ruangan atau indoor, permukaan lapangan permainan bola voli harus berwarna terang. Untuk FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, warna putih diperlukan untuk garis. Warna lain, berbeda satu sama lain, diperlukan untuk lapangan permainan dan zona bebas.

Sementara itu, di lapangan terbuka atau outdoor, kemiringan 5 mm per meter diizinkan untuk drainase (untuk menghindari genangan air ketika turun hujan). Garis lapangan yang terbuat dari bahan padat dilarang.

Garis Lapangan Permainan Bola Voli


Semua garis lapangan bola voli harus selebar 5 cm. Garis-garis harus berwarna terang yang berbeda dari warna lantai dan dari warna garis lainnya. Berikut adalah garis-garis lapangan bola voli yang perlu diketahui.

  • Garis Batas / Boundary Lines

Garis batas adalah dua garis samping dan dua garis ujung yang menandai lapangan permainan. Kedua garis samping
dan garis akhir digambar di dalam dimensi lapangan bermain.

  • Garis Tengah / Center Line

Sumbu garis tengah membagi lapangan bermain menjadi dua lapangan yang sama, masing-masing berukuran 9 x 9 meter. Namun, seluruh lebar garis dianggap milik kedua lapangan secara setara. Garis ini memanjang di bawah jaring dari garis samping ke garis samping.

  • Garis Serang / Attack Line

Di setiap lapangan, garis serang, yang tepi belakangnya ditarik 3 meter dari sumbu garis tengah, menandai zona depan. Untuk FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, garis serang diperpanjang dengan penambahan garis putus-putus dari garis samping, dengan lima garis pendek 15 cm lebar 5 cm, ditarik 20 cm dari satu sama lain hingga total panjang 1,75 m.

FIVB juga mengenal “garis pembatas pelatih” atau “coach’s restriction line” (garis putus-putus yang membentang dari garis serang ke garis akhir lapangan, sejajar dengan garis samping dan 1,75 meter darinya) yang terdiri dari garis pendek 15 cm yang ditarik terpisah 20 cm untuk menandai batas dari area operasi pelatih.

Zona dan Area Permainan Bola Voli


Dalam permainan bola voli profesional dikenal sejumlah zona dan area tertentu yang harus tersedia, semisal zona substitusi dan area penalti. Berikut adalah zona dan area dalam permainan bola voli.

  • Zona Depan

Di setiap lapangan, zona depan dibatasi oleh sumbu garis tengah dan tepi belakang garis serang. Zona depan dianggap melampaui garis samping ke ujung zona bebas.

  • Zona Servis

Zona servis adalah area selebar 9 meter di belakang setiap garis ujung. Secara lateral, zona servis dibatasi oleh dua garis pendek, masing-masing memiliki panjang 15 cm, ditarik 20 cm di belakang garis akhir sebagai perpanjangan dari garis samping. Kedua garis pendek termasuk dalam lebar zona servis.

  • Zona Substitusi

Zona substitusi dibatasi oleh perpanjangan kedua garis serang hingga ke tabel skor.

  • Zona Penggantian Libero

Zona penggantian libero adalah bagian dari zona bebas di sisi bangku tim, dibatasi oleh perpanjangan garis serang hingga garis akhir.

  • Area Pemanasan

Untuk FIVB, Kompetisi Dunia dan Resmi, area pemanasan yang berukuran sekitar 3 x 3 meter terletak di kedua sudut bangku, di luar zona bebas.

  • Area Penalti

Area penalti yang berukuran sekitar 1 x 1 meter dan dilengkapi dengan dua kursi terletak di area kontrol, di luar perpanjangan setiap garis akhir. Mereka mungkin dibatasi oleh garis merah selebar 5 cm.

Net dan Tiang


Net ditempatkan secara vertikal di atas garis tengah. Ketinggian net berbeda-beda untuk setiap gender, yakni 2,43 meter untuk pria dan 2,24 meter untuk wanita.

Tinggi net diukur dari tengah lapangan permainan. Ketinggian net (di atas dua garis samping) harus persis sama dan tidak boleh melebihi tinggi resmi lebih dari 2 cm.

Net yang memiliki lebar 1 meter dan panjang 9,50 hingga 10 meter (dengan 25 hingga 50 cm di setiap sisi pita sisi) terbuat dari jaring hitam 10 cm persegi.

Antena net yang merupakan batang fleksibel dengan panjang 1,80 meter dan diameter 10 mm harus terbuat dari fiberglass atau bahan serupa.

Sementara itu, tiang-tiang yang menopang net ditempatkan pada jarak 0,50-1,00 meter di luar garis samping. Tingginya 2,55 meter dan harus dapat disesuaikan. Tiang-tiang tersebut harus bulat dan halus, dipasang ke tanah tanpa kabel, serta tidak boleh ada perangkat yang berbahaya atau menghalangi.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek