7 Video Pertama di YouTube yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

YouTube merupakan aplikasi berbagi video yang paling populer dewasa ini. Per April 2020, pemeringkat situs web Alexa menempatkan YouTube sebagai situs yang paling banyak diakses kedua di dunia setelah Google.

Ditemukan pada 14 Februari 2005 oleh tiga pemuda yang memiliki latar kebangsaan yang berbeda, kini YouTube adalah bagian dari raksasa internet Google.

YouTube

Sumber: Public Domain Pictures

Area layanan YouTube mencangkup banyak negara di dunia. Jadi, konten yang hilir mudik di sana juga datang dari tempat yang berbeda-beda.

Entah sudah berapa banyak video yang sudah diunggah ke YouTube hingga saat ini. Namun, kamu masih bisa mengetahui video-video paling pertama yang diunggah ke sana. Berikut adalah tujuh video pertama di YouTube yang perlu kamu ketahui.

1. Me at the zoo / 23 April 2005

Ini adalah judul video yang pertama kali muncul di YouTube. Pengunggahnya sendiri tak lain adalah salah satu founder YouTube yang bernama Jawed Karim. Video yang menunjukan Karim yang sedang berada di sebuah kebun binatang ini diunggah tepatnya pada pukul 20:27, 23 April 2005.

Hingga tulisan ini dibuat, video itu sudah ditonton lebih dari 56 juta kali dengan 1,3 juta like dan 1 juta komentar. Video itu dibuat di saat kamera ponsel pintar belum sebagus saat ini. Jadi, kualitasnya bisa dibilang bagus untuk ukuran saat itu.

2. My Snowboarding Skillz / 23 April 2005

Beberapa saat kemudian sebuah video yang memperlihatkan seseorang yang sedang bermain snowboarding diunggah juga ke YouTube. Entah siapa pelakunya namun akun YouTube-nya bernama ‘mw’. Itu saja, tidak ada tambahan.

Sampai saat ini video tersebut sudah ditonton 500rban kali dan mendapatkan hampir 9rb like dan 4rb komentar. Panjang videonya hanya 10 detik dan kemungkinan lokasi pembuatannya ada di negara yang sedang mengalami musim salju.

3. tribute / 24 April 2005

Selanjutnya akun bernama ‘gp’ memposting video dengan panjang 5 detik ke YouTube pada tanggal 24 April 2005. Dalam video itu seorang pria sedang bermain-main dengan melompat ke dinding dan direkam oleh temannya (mungkin).

Sekitar 250rb sudah menonton kekonyolan 5 detik tersebut. Walaupun demikian, video itu mendapatkan ribuan like dan komentar dari para penontonnya.

4. Carrie rides a truck / 30 April 2005

Kemudian ada video selama 15 detik yang menunjukan seorang wanita sedang bermain mengendarai truk mainan. Akun pemilik video itu adalah Jones4Carrie. Hingga tulisan ini dibuat, video masa kecil kurang bahagia tersebut telah disaksikan sekitar 77rb kali sejak masa unggah 30 April 2005.

5. Carrie chokes the chicken / 30 April 2005

Masih dengan akun yang sama dengan sebelumnya, kali ini pemilik video sedang bermain-main menggemaskan dengan mainan ayam yang terbuat dari karet. Video itu dipamerkan di waktu yang sama dengan video bermian truk dan sudah ditonton 66rb kali.

6. Cybergoon squad / 1 Mei 2005

Di urutan keenam ada video 5 detik yang berisi robot-robot yang sedang berjalan cepat atau entah apa mereka lakukan. Akun pengunggah video ini bernama greg. Video itu sudah ditonton 90rban kali dan pertama kali diposting pada 1 Mei 2005.

7. Premature Baldness / 20 Oktober 2005

Video berdurasi 120 detik ini diunggah pada 20 Oktober 2005. Video itu mempertontonkan pria yang sedang dicukur di area publik. Tentu saja banyak orang menyaksikan aksi tersebut. Sedihnya, walaupun masuk salah satu video tertua di YouTube, Premature Baldness tidak mendapatkan banyak tinjauan.

Nah, itulah tujuh video ‘publik’ pertama yang diunggah ke YouTube. Sebenarnya ada beberapa video yang lebih tua dibanding nomor tujuh, hanya saja mereka sudah tidak bisa ditonton lagi di YouTube, entah kenapa.

Baca juga: 10 Layanan Streaming Musik Terbesar di Dunia

Data di atas dihitung per Oktober 2018. Klik link yang tersedia untuk update data terbaru langsung di saluran yang bersangkutan.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek