Bunga Raya Merupakan Bunga Nasional yang Berasal dari Negara?

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Bunga kembang sepatu atau bunga raya merupakan bunga nasional yang berasal dari negara?”. Perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Setiap negara di dunia ini biasanya menetapkan salah satu atau beberapa bunga dan satwa nasional mereka. Indonesia sendiri menetapkan tiga jenis bunga sebagai Bunga atau Puspa Nasional.

Ketiga bunga tersebut yaitu bunga melati sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai bunga pesona, dan bunga padma raksasa sebagai puspa langka.

Sedangkan tiga Satwa Nasional Indonesia adalah komodo sebagai satwa nasional (mewakili hewan darat), ikan siluk merah sebagai satwa pesona (mewakili hewan air), dan elang jawa sebagai satwa langka (mewakili hewan udara).

Pemilihan bunga maupun satwa nasional pastinya melewati kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Selain itu, penetapan Bunga dan Satwa Nasional memiliki maksud dan tujuan yang baik dan mulia. Dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional tertuang pesan ini:

  • Mewujudkan kepedulian dan rasa cinta terhadap satwa dan bunga pada umumnya, serta Satwa dan Bunga Nasional pada khususnya, dikalangan segenap lapisan masyarakat;
  • Meningkatkan perlindungan serta upaya pelestarian ekosistem, habitat, populasi ataupun kegiatan penelitian dan pengembangan Satwa dan Bunga Nasional tersebut.

Bunga Kembang Sepatu atau Bunga Raya


Kembali ke bahasan, bunga kembang sepatu atau bunga raya merupakan bunga nasional yang berasal dari negara Malaysia, tetangga serumpun kita di utara. Penetapan bunga nasional Malaysia sendiri berawal dari proposal yang diminta oleh Kementrian Pertanian Malaysia pada tahun 1958 untuk bunga nasional dari semua dari semua pemerintah negara bagian.

Terdapat tujuh jenis bunga yang diajukan, yaitu Bunga Raya (hibiscus), bunga kenanga (ylang ylang), bunga melur (jasmine), bunga cempaka (magnolia), bunga teratai (lotus), bunga mawar (rose) and bunga tanjung (medlar).

Bunga kembang sepatu atau bunga raya merupakan bunga nasional yang berasal dari negara

Bunga kembang sepatu atau bunga raya
Sumber: Snoworld

Lalu, setelah melewati pertimbangan yang hati-hati, Perdana Menteri Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj menyatakan bunga kembang sepatu, atau lebih khusus lagi subspesiesnya Hibiscus rosa-sinesis, sebagai bunga nasional Malaysia pada 28 Juli 1960.

Dinamai Bunga Raya, dengan raya berarti perayaan, secara harfiah berarti “bunga perayaan”, untuk mencerminkan perayaan persatuan di negara multikultural seperti Malaysia.

Bunga Raya tidak hanya sebagai simbol negara. Namun bunga itu dapat dibuat menjadi teh yang dikatakan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Bunga ini juga biasanya digunakan untuk mengobati kerontokan rambut oleh dokter Ayurveda di India.

Referensi


  1. Cheah, Cadence (31 Agustus 2018) “How the ‘Bunga Raya’ became Malaysia’s national flower” (dalam bahasa Inggris). Malay Mail. Diakses 30 Juli 2020.
  2. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek