Jelaskan Cara Melakukan Pukulan Lob Dalam Permainan Bulutangkis

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan cara melakukan pukulan lob dalam permainan bulutangkis!” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Pukulan lob adalah salah satu jenis pukulan yang ada dalam olahraga bulutangkis. Secara harfiah lob kira-kira berarti memukul tinggi-tinggi. Pukulan lob dalam bulutangkis dilakukan di baseline dan memukul bola atau shuttlecock hingga terbang jauh ke bagian belakang lapangan lawan.

Pukulan lob yang baik harus di atas jangkauan lapangan tengah lawan dan memaksa mereka mundur ke belakang dari baseline-nya. Jika tidak, bola akan mudah di-smash dengan kecepatan dan keakuratan pukulan yang mungkin sulit untuk dikembalikan.

Pukulan lob adalah cara terbaik untuk membuat diri kita lebih teratur saat berada di bawah tekanan lawan. Melakukan pukulan lob juga dapat memberi kita waktu untuk kembali masuk ke rally yang sedang dilakukan. Dengan demikian, kita kembali memiliki kesempatan untuk mencetak poin.

Jenis Pukulan Lob

Bulutangkis


Pukulan lob dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pukulan lob bertahan dan pukulan lob menyerang. Keduanya tentu memiliki tujuan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

1. Pukulan Lob Bertahan (Defensive)

Ini bisa dibilang sebagai pukulan paling dasar dalam olahraga bulutangkis, sehingga harus dikuasai dengan baik oleh seluruh pemain.

Pukulan lob bertahan dilakukan untuk membuat kita keluar dari tekanan lawan. Umumnya hal ini terjadi ketika lawan bermain dengan kecepatan yang lebih cepat dan menembakkan serangan terus-menerus pada kita.

Oleh karena itu, agar bisa keluar dari tekanan dan masuk kembali ke rally, kita bisa menggunakan pukulan lob bertahan. Berikut adalah beberapa kelebihan pukulan lob bertahan.

  • Untuk memperlambat tempo permainan,
  • Memberi kita waktu untuk memulihkan posisi,
  • Menghancurkan tempo permainan lawan,
  • Memberi kita waktu yang lebih lama untuk bersiap-siap,
  • Membuat lawan frustasi dalam menyerang ketika mereka terus gagal mencetak angka setelah banyak upaya untuk menyerang.

Namun, pukulan lob bertahan juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Tidak memberikan tekanan pada lawan karena mereka juga bisa kembali ke baseline masih dalam posisi yang nyaman untuk memukul,
  • Lawan juga memiliki banyak waktu untuk masuk ke posisi jumping smash tinggi yang bisa sangat menghancurkan pertahanan kita jika mereka sangat kuat,
  • Pukulan lob bertahan juga dapat menghentikan posisi menyerang saat kita sedang menyerang.

2. Pukulan Lob Menyerang (Attacking)

Pukulan lob menyerang juga dilakukan melampaui jangkauan lawan. Namun, pukulan lob jenis ini bersifat menyerang karena bola dipukul sangat datar. Jadi, pukulan lob menyerang harus dibuat melampaui jangkauan lawan sesedikit mungkin.

Melakukan pukulan lob menyerang akan memaksa lawan mundur ke belakang dan merasa tertekan karena bola bergerak lebih cepat. Kita harus memiliki strategi agar pukulan lob menyerang bisa menghasilkan poin.

Kita harus membidik bola pada sudut-sudut lapangan yang tidak diharapkan lawan atau dalam penjagaan yang kurang rapat. Hasilnya lawan akan kesulitan mencegat dan mengembalikan bola yang kita pukul.

Kelebihan pukulan lob menyerang:

  • Dapat menempatkan lawan di bawah tekanan,
  • Suatu bentuk serangan sehingga tidak merusak permainan menyerang kita,
  • Menangkan kelengahan lawan,
  • Memberikan sedikit waktu bagi lawan untuk bersiap-siap.

Kekurangan pukulan lob menyerang:

  • Sangat berbahaya jika dicegat oleh lawan di tengah lapangan,
  • Juga memberi kita lebih sedikit waktu untuk bersiap-siap untuk pukulan berikutnya,
  • Lebih mudah untuk memukul bola keluar dari lapangan.

Cara Melakukan Pukulan Lob yang Baik

Pukulan Lob Bulutangkis | Jelaskan Cara Melakukan Pukulan Lob Dalam Permainan Bulutangkis

Sumber: Wikimedia Commons


Pukulan lob sering dilakukan oleh pemain tunggal di mana mereka harus meng-cover lapangan sendirian. Mereka harus bisa melakukan pukulan lob dengan baik agar lawan tidak bisa melakukan pukulan smash dari sudut yang bagus dan nyaman.

Terdapat dua teknik melakukan pukulan lob dalam bulutangkis, yaitu pukulan lob forehand dan pukulan lob backhand. Berikut adalah cara melakukan pukulan lob forehand:

  • Saat bola mendekat, gerakkan raket ke depan dengan pergelangan tangan diangkat sehingga telapak tangan menghadap ke depan.
  • Bergerak ke arah bola dan ambil langkah sergapan dengan kaki dominan menuju kemana bola akan mendarat.
  • Ketika bola turun, ayunkan raket ke depan di bawah jalur bola, lalu pukul bola ke atas sambil meluruskan pergelangan tangan.
  • Gerak lanjutan harus terus naik hingga selesai di atas bahu non-raket.
  • Selanjutnya kamu kembali ke tengah lapangan dengan kaki dominan terlebih dahulu.

Dalam permainan kompetitif, pukulan lob forehand digunakan sebagai tembakan menyerang atau tembakan bertahan, dengan tujuan mendorong lawan ke court bagian belakang.

Kamu juga bisa melakukan pukulan lob forehand di atas kepala (forehand overhead clear). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Gunakan pegangan forehand dan putar ke samping dengan kaki non-raket ke depan.
  • Dengan raket terangkat ke atas, bersiaplah untuk kedatangan bola dan dengan posisi melempar, tarik tangan ke belakang bahu.
  • Ketika bola berada di sekitar posisi jam 12 hingga jam 1, pukul bola dengan memutar tubuh dan memindahkan berat ke kaki non-raket sebelum menyelesaikan pukulan dengan gerak lanjutan.
  • Kembali ke posisi awal.

Memainkan pukulan lob forehand memerlukan teknik yang tepat untuk mendapatkan pukulan yang baik. Tanpa hal tersebut, pemain akan kesulitan mengeksekusi bola meskipun dia memiliki otot yang besar.

Sementara itu, pukulan lob backhand biasanya dilakukan dari court depan dalam gerakan di bawah lengan. Tujuan melakukannya adalah untuk mengangkat bola melampaui lawan serta untuk membuat bola mendarat sedekat mungkin ke baseline tanpa memukulnya ke luar lapangan.

Nah, itulah bahasan singkat untuk pertanyaan “Jelaskan cara melakukan pukulan lob dalam permainan bulutangkis!” Semoga bisa membantu kamu ya.

Referensi


  1. “Forehand Clear – The Essential Skill For Badminton Beginners.” ActiveSG, www.myactivesg.com/Sports/Badminton/Training-Method/Badminton-for-Beginners/Forehand-Clear-The-Essential-Skill-For-Badminton-Beginners.
  2. Mike, Michael Walden. “Badminton Lob Technique.” TeachPE.com, 17 Okt. 2019, www.teachpe.com/sports-coaching/badminton/lob-technique.
  3. “Types of Badminton Shots: Badminton Clear, Drop Shots, Net Shots and Smashes.” Master Badminton, 6 Sept. 2016, www.masterbadminton.com/badminton-shots.html.
  4. “2 Types of Lob Shot.” Badminton Hub, badminton-hub.weebly.com/incompletelob-shot.html.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek